Air Terjun di Malang Dari Yang Terkenal Sampai Yang Masih Tersembunyi – Di Malang ada banyak sekali tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, mungkin kebanyakan wisatawan hanya mengetahui tempat tempat wisata modern yang memiliki wahana permainan. Padahal Malang juga memiliki tempat wisata alam yang indah dan tersembunyi.

Salah satunya adalah Air terjun atau orang orang Jawa Timur menyebutnya dengan Coban. Coban atau Air Terjun di Malang dan Kota Batu sangatlah banyak, ada lokasinya di dekat pusat kota, ada juga yang lokasinya masih tersembunyi di balik lebatnya hutan.

34 Daftar Air Terjun di Malang

Air Terjun di Malang Dari Yang Terkenal Sampai Yang Masih Tersembunyi

Berikut daftar Air Terjun yang ada di Malang:

Rekomendasi:

Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun di Malang pertama ada Air Terjun Grojogan Sewu Pujon. Air Terjun ini memiliki lokasi yang dekat dengan jalan raya dan juga tidak membutuhkan tenaga yang banyak untuk mencapainya. Air Terjun ini juga tidak terlalu tinggi tetapi memiliki debit air yang cukup deras.

Lokasinya ada di Dusun Dadapan Wetan, Desa Bendosari, Pujon, Malang.

Baca juga :

Air Terjun Sumber Pitu

Masih di kawasan Pujon, ada satu Air Terjun di Malang yang tidak kalah cantik yaitu air terjun Sumber Pitu. Untuk kalian yang suka berpetualang, cobalah untuk datang kesini dan nikmati keindahannya.

Lokasinya ada di Desa Pujon Kidul, Krajan, Pandesari, Pujon, Malang.

Coban Banyu Anjlok

Coban Banyu Anjlok mungkin akan terasa lebih istimewa, karena kalian bisa menikmati 2 wisata alam hanya dengan mengunjungi 1 tempat, yaitu Air Terjun dan Pantai. Jika ingin berkunjung kalian bisa mengikuti petunjuk arah menuju Pantai Banyu Anjlok. Di dekat pantai ada air terjun yang airnya mengalir ke pantai.

Lokasinya ada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kab. Malang.

Coban Bidadari

Coban Bidadari yang lokasi dekat dengan Wisata Gunung Bromo jika lewat pintu masuk dari Malang – Tumpang atau Poncokusumo – Gubugklakah. Sebagai Air Terjun di Malang, coban Bidadari tidak hanya menawarkan pemandangan indah saja, tetapi juga spot foto dan fasilitas yang lengkap.

Lokasinya di Gubugklakah, Kecamatan Poncokusumo, Kab. Malang.

Coban Cinde

Menjadi Air Terjun di Malang yang lokasinya ada di lereng Gunung Bromo, Coban Cinde bisa kalian kunjungi sebagai tempat refreshing. Walaupun untuk mencapainya kalian harus menyusuri area perkebunan dan perbukitan, tetapi semua rasa lelah kalian akan terbayar ketika sampai di Coban Cinde.

Lokasinya ada di Duwet Krajan, Tumpang, Kab. Malang

Coban Ciblungan

Coban Ciblungan adalah Air Terjun di Malang dengan air yang jernih dan kolam yang membuat pengunjung ingin menceburkan diri, apalagi air terjun ini memiliki banyak pancuran. Pemandangan di Coban Ciblungan juga terlihat sangat estetik dan instagramable.

Lokasinya ada di Jalan Raya Dampit – Lumajang, Purwoharjo, Kecamatan Ampelgading, Kab. Malang.

Coban Kembar Duwet

Air Terjun di Malang ini mungkin tidak banyak diketahui wisatawan, ini karena belum dikelola dan tidak ada penunjuk jalan yang jelas. Tetapi air terjun ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan masih asri.

Lokasinya ada di Duwet Krajan, Tumpang, Kab. Malang.

Coban Gintung

Coban Gintung adalah air terjun yang masuk dalam daftar Air Terjun di Malang yang tersembunyi. Karena lokasinya yang ada di balik bukit dan cukup jauh dari pemukiman penduduk. Walaupun membutuhkan tenaga lebih untuk mencapai lokasi air terjun ini, semua itu akan terbayar ketika kalian melihat dan merasakan kesegaran air terjun ini.

Lokasinya ada di Sidorenggo, Ampelgading, Kab. Malang.

Coban Jidor

Coban Jidor mungkin terlihat seperti tersembunyi dari dunia luar, walau begitu lokasi air terjun ini cukup mudah untuk dicapai dan cukup dekat dengan rumah rumah warga. Wisata Coban Jidor juga termasuk wisata yang murah karena harga tiket masuknya hanya 5 ribu saja. 

Lokasinya ada di Dusun Krajan, Ngadirejo, Kecamatan Jabung, Kab. Malang

Coban Jodo

Bagi kalian yang suka berpetualang dan mengeksplor alam, cobalah untuk mengunjungi Air Terjun di Malang yaitu Coban Jodo. Ini karena perjalanan untuk mencapai air terjun ini sangat seru dan menantang, kalian juga bisa bertemu dengan banyak satwa satwa liar yang mungkin belum pernah kalian lihat.

Keadaan jalannya juga bisa dikatakan masih alami, berupa tanah bebatuan dan sesekali kalian harus menyusuri sungai. Ditengah perjalanan kalian juga akan menemukan air terjun lain sebagai pembuka untuk ke air terjun Coban Jodo.

Lokasinya ada di Dusun Bendolawang, Ngadirejo, Kecamatan Jabung, Kab. Malang

Coban Rondo

Coban Rondo adalah Air Terjun di Malang yang mudah untuk dijangkau. Memiliki ketinggian 84 meter, Air Terjun ini tidak hanya menawarkan keindahan alam saja tetapi juga memiliki beberapa wahana seperti Taman Labirin, area Outbound, camping ground, wahana paintball dan panahan.

Fasilitas yang tersedia juga sangat lengkap, seperti mushola, toilet, cafe atau warung makan, toko oleh oleh, tempat beristirahat dan area parkir. Walaupun tergolong sebagai wisata alam Di Malang, kondisi jalan untuk  Coban Rondo sudah sangat bagus dan beraspal.

Jadi kendaraan roda 2 dan 4 bisa mencapai pintu masuk dengan mudah. Air Terjun ini berada di kecamatan Pujon dan dekat dengan banyak tempat wisata Pujon lainnya.

Lokasinya ada di Jl. Coban Rondo, Dusun Krajan, Pandesari, Pujon, Malang

Coban Tengah

Coban Tengah menjadi Air Terjun di Malang yang lokasinya dekat dengan coban Rondo dan Coban Manten. Berada tepat di bagian tengah dan memiliki pintu masuk yang bisa dicapai lewat Coban Rondo.

Tidak seperti jalan ke Coban Rondo yang mulus dan beraspal, untuk mencapai Coban Tengah dibutuhkan tenaga ekstra untuk menyusuri area hutan dengan mendan tanah berbatu dan sesekali harus menyeberangi sungai kecil.

Lokasinya ada di Dusun Krajan, Pandesari, Pujon, Malang.

Coban Manten

Coban Manten adalah Air terjun kembar yang berada di atas Coban Tengah dan Coban Rondo. Untuk ke Coban Manten kalian harus melewati pintu masuk Coban Rondo terlebih dahulu. Kemudian lanjut menuju Coban Tengah, setelah sampai di hutan pinus, kalian ke kiri dan ikuti jalan setapak yang ada.

Masuk ke dalam daftar Air Terjun di Malang yang tersembunyi, akses untuk ke Coban Manten benar benar ekstrim  dan sulit jauh lebih sulit jika dibandingkan dengan Coban tengah. Ini karena medannya masih sangat alami dan tidak banyak dijamah wisatawan.

Jika ingin berkunjung ke Coban Manten disarankan untuk membawa perbekalan, melatih fisik dan memakai guide atau pemandu warga lokal.

Lokasinya ada di Dusun Krajan, Pandesari, Pujon, Malang.

Coban Supit Urang Pujon

Coban Supit Urang Pujon menjadi Air Terjun di Malang yang menampilkan keindahan air terjun dengan tebing bebatuan yang kokoh dan terlihat eksotis. Dibalik keindahannya, diperlukan tenaga ekstra untuk mencapainya.

Lokasinya ada di Madiredo, Pujon, Kab. Malang.

Coban Talun

Coban Talun adalah Air Terjun Di Batu yang memiliki pemandangan indah dan instagramable. Fasilitasnya juga sudah lengkap, seperti mushola, toilet, warung makan, penginapan, camping ground dan taman bunga. Tetapi jarak dari tempat parkir kendaraan ke tempat air terjun cukup dan menantang. Kalian harus melewati jalan setapak dan naik turun bukit.

Lokasinya ada di Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu

Baca Juga : Taman Selecta, Taman Bunga Yang Cocok Untuk Liburan Keluarga

Coban Putri

Satu lagi Air Terjun di Kota Batu yang cukup terkenal dan akses jalannya cukup mudah yaitu Coban Putri. Coban ini memiliki ketinggian yang tidak terlalu tinggi dan debit air yang juga tidak terlalu deras. Jadi pengunjung bisa bermain di kolam alami atau kebawah air terjun.

Lokasinya ada di Tlekung, Junrejo, Kota Batu

Coban Rais

Berada di lereng gunung, Coban Rais ini bisa menjadi tempat berlibur dan juga tempat refreshing. Air terjun ini lokasinya dekat dengan wisata Batu Flower Garden.

Lokasinya ada di Jalur Lingkar Barat (jalibar), Oro – oro Ombo, Kota Batu.

Coban Kali Lanang

Coban Kali Lanang menjadi Air Terjun di Malang yang aksesnya mudah dari jalan raya, hanya membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit. Di sekitar kawasan air terjun juga ada tempat beristirahat dan cafe yang bisa dipakai untuk bersantai dan bersantap.

Lokasinya ada di pandanrejo, Bumiaji, Kota Batu

Coban Watu Ondo

Coban Watu Ondo ini berada di daerah Pacet, Kabupaten Mojokerto. Tetapi Coban ini lebih dekat dan lebih mudah diakses dari Kota Batu, karena lokasinya ada di kawasan Taman Hutan Raya Raden Soerjo dan dekat perbatasan Batu Mojokerto.

Air terjun ini juga memiliki 2 buah air terjun yang berhadapan yang membuat sering disebut coban kembar. Air terjun ini juga dekat dengan pemandian Air Panas Cangar.

Lokasinya ada di Taman Hutan Raya Raden Soerjo, Pacet

Coban Pelangi

Salah satu daerah di Malang Raya yang memiliki banyak air terjun adalah Kecamatan Tumpang. Disini ada cukup banyak air terjun yang bisa dikunjungi. Contohnya seperti Coban Pelangi, Air terjun ini kondisi alamnya juga masih alami, walau begitu sudah ada beberapa fasilitas seperti tempat parkir dan warung makan.

Coban Pelangi berada sangat dekat dengan pintu masuk ke Bromo Via Ngadas atau Gubugklakah Malang. Biasanya wisatawan yang sering kesini adalah mereka yang sudah dari Bromo.

Lokasinya ada di Desa Ngadas, Poncokusumo, kab. Malang

Coban Kethak

Coban Kethak lokasinya tidak jauh dari jalan raya Kasembon Malang, dan bisa diakses dengan mudah dari Kandangan. Air terjun cantik ini masih cukup sepi dan tidak terlalu banyak dikunjungi wisatawan.

Lokasinya ada di Desa Pait Utara, Kecamatan Kasembon, Kab. Malang

Coban Misteri Supit Urang Lawang

Air Terjun di Malang ini tidak banyak orang yang tahu, apalagi aksesnya juga sulit dan medannya cukup berat. Karena itu warga sekitar menyebutnya dengan Coban Misteri Supit Urang Lawang.

Lokasinya ada di Dusun Gading, Srigading, Lawang, Kab. Malang.

Coban Jahe

Di balik keindahan Coban Jahe, Air Terjun di Malang juga menjadi saksi bisu di era perang kemerdekaan. Di sinilah sekelompok pejuang gugur ketika berhadapan dengan tentara Belanda. Tidak jauh dari air terjun sekitar 500 meter terdapat Taman Makam Pahlawan Kali Jahe, yaitu tempat dimakamkannya para pahlawan tersebut.

Sekarang Coban Jahe sudah menjadi salah satu destinasi liburan keluarga yang terkenal. Pengelola tempat ini juga sudah menyediakan berbagai fasilitas seperti tempat istirahat, toilet, warung makan, Mushola area parkir dan lain lain.

Beberapa pengunjung juga ada yang menyempatkan untuk berziarah ke TMP kali Jahe.

Lokasinya ada di Jalan Begawan, Dusun Krajan, Taji, Jabung, Kab. Malang.

Coban Tundo

Ada satu Air terjun di Malang yang unik dan cantik, yaitu Coban Tundo. Keunikannya berupa 3 tingkatan aliran yang alirannya saling terhubung. Kalian bisa mengeksplor ke 3 air terjun ini mulai dari Coban Tundo 1, 2, dan 3. Sebenarnya ada yang ke empat.

Lokasinya ada di Tambakasri, Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang

Coban Nirwana

Coban Nirwana menjadi Air Terjun di Malang yang sangat indah dipandang karena memiliki pancuran yang melebar dengan kolam yang cukup besar di bawahnya. Ketika musim kemarau, debit airnya berkurang cukup banyak, sehingga hanya menampilkan bebatuan tebing berwarna kecoklatan dan sungai kecil.

Lokasinya ada di Krajan Lor, Gedangan, Kab. Malang

Coban Kedung Darmo

Coban Kedung Darmo juga menjadi pilihan ketika kalian sedang mencari Air Terjun di Malang yang bisa dibuat untuk berenang. Ini karena bagian bawah air terjun ada kolam alami yang sangat luas.

Tidak hanya berenang, disini kalian juga bisa mendaki air terjun sampai ke atas, ini karena Coban Kedung Darmo memiliki kontur yang cukup landai. Tetapi kalian harus tetap berhati hati dan waspada.

Lokasinya ada di Wonorejo, Bantur, Kab. Malang

Coban Glotak

Air Terjun di Malang selanjutnya ada Coban Glotak. Memiliki ketinggian mencapai 100 meter, membuat coban Glotak menjadi salah satu air terjun tertinggi di Malang. Seperti Coban di Malang lainnya, dibutuhkan sedikit tenaga untuk bisa mencapai lokasi air terjun.

Untungnya medan yang harus kalian lewati tidak terlalu sulit. Lokasi Air terjun ini juga tidak jauh dari pemukiman warga dan sudah memiliki beberapa fasilitas seperti toilet di dekat pintu masuk dan beberapa warung makan.

Lokasinya ada di Dusun Bedalisodo, Kecamatan Wagir, Kab. Malang

Coban Parang Tejo

Coban Parang Tejo bisa dijadikan pilihan terbaik untuk kalian yang ingin mengeksplor alam Malang. Di sekitar air terjun ini juga sering dijadikan sebagai tempat camping (tersedia camping ground). Ada juga fasilitas gardu pandang dan spot foto yang unik.

Lokasinya ada di Gading Kulon, Godehan, Kecamatan Dau, kab. Malang

Coban Trisula

Dekat dengan Wisata Gunung Bromo, membuat Coban Trisula terasa sangat asri dan sejuk. Air yang ada di coban ini juga terasa dingin dan segar, pastinya bisa menghilangkan lelah dan stres.

Lokasinya ada di Dusun Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kab.Malang

Coban Siuk

Di daerah Taji Jabung Malang, tidak jauh dari coban Jahe terdapat satu air terjun cantik yaitu Coban Siuk. Akses jalan untuk mencapainya juga cukup mudah dan bisa dilewati oleh kendaraan roda 2 atau 4. Untuk yang membawa kendaraan roda 2 bisa parkir sangat dekat dengan lokasi air terjun.

Lokasinya ada di Dusun Krajan, Taji, Kecamatan Jabung, Kab. Malang

Coban Kedung Jembar

Air Terjun ini juga bisa menjadi pilihan yang pas jika sedang mencari Air Terjun di Malang yang memungkinkan untuk berenang. kedung Jembar memiliki arti Kolam Luas, karena memang kolam dibawah air terjun berukuran cukup besar.

Lokasinya ada di Sumberrejo, Sumberoto, Donomulyo, Kab. Malang

Coban Srengenge

Coban Srengenge menjadi Air Terjun dengan pemandangan yang cantik, tidak jauh dari jalan, dan memiliki 3 tingkatan. Tetapi biasanya hanya 2 tingkatan yang bisa dikunjungi wisatawan. Pemandangan yang dimiliki air terjun ini secara keseluruhan sangat cantik.

Lokasinya ada di Tirtomarto, Kecamatan Ampelgading, Kab. Malang

Coban Thombu

Coban Tombhu juga bisa kalian jadikan sebagai tempat wisata untuk refreshing pikiran. Berada di wilayah Dampit, membuat air terjun ini cukup jauh dari kota Malang.

Lokasinya ada di Sukodono, Kecamatan Dampit, Kab. Malang

Coban Telaga Warna

Sesuai dengan namanya, Coban telaga Warna memiliki keindahan air terjun yang memiliki warna hijau kebiruan dan tebing yang menjulang tinggi.

Lokasinya ada di Sumberpit, Sidorenggo, Kecamatan Ampelgading, Kab. Malang

Kata Penutup

Itulah Air Terjun yang ada di Malang yang bisa kalian kunjungi sebagai tempat wisata alam untuk menghilangkan penat dan stres. Untuk kalian membutuhkan kendaraan kalian bisa memanfaatkan Jasa Sewa Motot Malang atau Jasa Rental Mobil Malang dengan Driver. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi untuk kalian yang sedang mencari tempat wisata di Malang. Sekian dan terima kasih.

MalangTempat Wisata

Share this:

Facebook Twitter Email Telegram LinkedIn Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like