Air Terjun Coban Nirwana Malang, Air Terjun Yang Indah Dan Menenangkan – Kota Malang memang terkenal dengan alamnya yang sangat indah, karena itu banyak tempat eksotis yang tersembunyi di balik lebatnya hutan dan membuat banyak orang kagum melihat keindahannya. Pesona keindahan alam kota Malang, memang tidak pernah membuat kecewa siapa saja yang mengunjunginya.

Berbicara tentang wisata alam di Malang, sudah pasti ada banyak tempat menarik dan unik yang bisa dikunjungi di Malang. Mulai dari wisata pantai di Malang, Air terjun di Malang, kolam air alami, hutan, sampai gunung, semuanya tersedia di Kota Malang.

Contohnya wisata alam di Malang yang akan dibahas kali ini yaitu Air Terjun Coban Nirwana Malang. Air terjun ini sepertinya harus kalian kunjungi karena keunikannya yang membuatnya beda dengan kebanyakan air terjun di Malang lainnya.

Terus apa yang membuat air terjun ini beda dengan air terjun kebanyakan? Nah jika ingin mengetahuinya silahkan simak penjelasan berikut ini.

Rekomendasi :

Sejarah Air Terjun Coban Nirwana

Air Terjun Coban Nirwana Malang, Air Terjun Yang Indah Dan Menenangkan

Awalnya air terjun ini bernama Coban Mbok Karimah, nama itu diambil dari sesepuh yang tinggal di dekat lokasi air terjun. Berubahnya nama menjadi Air Terjun Coban Nirwana karena disesuaikan dengan keindahan alam yang disuguhkan sangat mempesona seperti nirwana. 

Tidak jarang juga wisatawan menyebutnya dengan Coban Gedangan, karena lokasinya yang ada di Kecamatan Gedangan.

Air Terjun Coban Nirwana memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan, aliran airnya yang bertingkat terlihat sangat indah. Tebing tinggi yang menjadi dinding bebatuan juga terlihat sangat elegan, dihiasi semak belukar yang ada di sekitar menjadi pemandangan cantik yang enak dilihat.

Ditambah sejuknya udara yang ada disini menjadikan tempat ini cocok untuk relaksasi dan menjauhkan diri dari kesibukan kota yang riuh. Jadi dipastikan wisata alam ini menjadi tempat yang pas untuk menghilangkan stres ketika liburan.

Air Terjun Coban Nirwana juga memiliki kolam yang kedalamannya sekitar 3 meter, yang sudah pasti sangat asyik jika dipakai untuk berenang atau hanya sekedar bermain air.

Apalagi jika cuaca dengan panas di siang hari, berenang di bawah guyuran air terjun tentu menjadi aktivitas yang menyegarkan. Kalian juga bisa membawa ban pelampung untuk bersantai di kolam air terjun sambil menikmati pemandangan alam sekitar Air Terjun Coban Nirwana.

Air Terjun Coban Nirwana Malang memang belum terlalu terkenal, justru itu yang membuat tempat ini menjadi lebih bersih dan alami. Tidak adanya sampah yang tidak bisa terurai, menjadikan suasana menjadi lebih asri dan nyaman untuk para pengunjung.

Untuk menjaga lingkungan wisata alam ini, wisatawan yang datang harus menjaga kebersihan lingkungan dan jangan sampai membuang sampah sembarangan.

Aktivitas Seru Yang Bisa Di Coba Di Air Terjun Coban Nirwana

Air Terjun Coban Nirwana Malang, Air Terjun Yang Indah Dan Menenangkan

Berenang Atau Berendam

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke sini, walaupun setiap orang memiliki caranya sendiri untuk menikmati wisata alam ini. Yang pasti aktivitas seperti bermain air seperti berenang atau berendam di kolam air terjun menjadi aktivitas yang menyenangkan dan sayang jika dilewatkan.

Menikmati Suasana Sekitar Air Terjun Coban Nirwana

Selain bermain air yang menyegarkan, menikmati hijaunya pepohonan sekitar air terjun juga menjadi aktivitas yang tidak kalah menarik ketika mengunjungi Air Terjun Coban Nirwana. Aktivitas ini juga bisa dilakukan untuk menghilangkan lelah dan stres dari pekerjaan sehari hari.

Berfoto Ria

Kalian juga bisa berfoto ria untuk mengabadikan momen indah dan bukti bahwa kalian sudah pernah mendatangi wisata Air Terjun Coban Nirwana.

Berfotolah sepuas mungkung dan menguploadnya di media sosial untuk memberitahukan ke banyak orang bahwa ada air terjun unik di Malang yang panorama air terjunnya sangat menawan. 

Baca Juga : Coban Gintung Malang, Air Terjun Tersembunyi Di Perbatasan Malang Dan Lumajang

Fasilitas Yang Ada Di Air Terjun Coban Nirwana

Air Terjun Coban Nirwana ini suasananya masih sangat asri dan belum banyak disentuh orang, sehingga fasilitasnya belum memadai sebagai sebuah tempat wisata. Jadi jika ingin berkunjung kesini kalian harus membawa bekal makanan dan minuman sendiri. Nah untuk toilet dan mushola bisa kalian temukan di kawasan pemukiman penduduk di sekitar air terjun.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Coban Nirwana

Karena wisata air terjun ini dikelola oleh warga, jadi kalian tidak akan dipungut biaya jika berkunjung kesini. Kalian hanya akan dipungut biaya parkir untuk kendaraan saja.

Jam Buka Air Terjun Coban Nirwana

Wisata alam ini buka setiap hari, jadi kalian bisa datang kapan saja sesuai waktu liburan kalian. Waktu yang pas untuk mengunjungi Air Terjun Coban Nirwana adalah di siang hari sampai sore ketika cuaca sedang cerah, untuk melihat keindahan air terjun secara maksimal.

Lokasi Dan Rute Air Terjun Coban Nirwana

Berlokasi di Gedangan, Krajan Lor Gedangan, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Berjarak sekitar 50 km jika dari pusat kota Malang dengan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam berkendara.

Rutenya juga cukup mudah untuk dilalui dan sudah tersedia papan petunjuk jalan yang bisa kalian ikuti di setiap jalan. Dari Malang kalian bisa langsung menuju Gadang, kemudian ke arah kecamatan Turen, sesampainya di Kecamatan Turen, lanjut ke Kecamatan Gedangan.

Sesampainya di Kecamatan Gedangan, kalian bisa menuju pasar Gedangan, karena air terjun ini dekat dengan Pasar. Dari pasar Gedangan kalian hanya perlu mengikuti petunjuk arah untuk ke Air Terjun Coban Nirwana.

Baca Juga : Pantai Watu Lepek, Pantai Eksotis Yang Tersembunyi Di Malang

Tips Berkunjung Ke Air Terjun Coban Nirwana

Memakai Pakaian Yang Nyaman

Sebagai wisata alam yang masih asri dan cukup jauh dari keramaian, sudah pasti untuk mencapai air terjun ini kalian harus menempuh medan yang tidak rata. Karena itu pakailah pakaian yang nyaman supaya lebih mudah untuk menjangkaunya.

Pakai juga alas kaki yang nyaman untuk menyusuri medan yang masih berupa tanah dan bebatuan. 

Membawa Bekal Sendiri

Karena fasilitasnya yang masih sangat minim, membuat kalian tidak akan menemukan warung makan di area sekitar Air Terjun Coban Nirwana. Jadi kalian harus membawa bekal makanan dan minuman sendiri.

Tetapi perlu diingat untuk tidak meninggalkan sampah atau barang bawaan kalian di air terjun ini. Supaya tidak merusak pemandangan dan lingkungan sekitar Air Terjun Coban Nirwana.

Membawa Pakaian Ganti

Berkunjung ke wisata air sudah pasti kalian ingin bermain basah basahan di kolam Air Terjun Coban Nirwana. Karena itu bawalah pakaian ganti untuk tidak melewatkan aktivitas seru menikmati segarnya air dari Air Terjun Coban Nirwana.

Menyiapkan Transportasi

Lokasinya yang cukup jauh dari pusat kota Malang, mengharuskan kalian untuk cermat dalam mencari transportasi untuk ke sana. Membawa kendaraan pribadi sudah pasti akan lebih praktis, dan kalian hanya perlu mengikuti rute yang sudah tersedia atau bisa juga memanfaatkan aplikasi Google Maps.

Jika kalian tidak membawa kendaraan pribadi dan berencana untuk memakai angkutan umum. Mungkin itu akan sedikit masalah karena belum ada angkutan umum yang bisa mengantar kalian sampai ke pintu masuk air terjun.

Alternatifnya kalian bisa memanfaatkan Jasa Rental Mobil Malang lengkap dengan driver yang bisa mengantar kalian ke Air Terjun Coban Nirwana. Kalian juga tidak perlu pusing mencari jalan mana yang harus dilewati untuk sampai ke lokasi air terjun.

Baca Juga : Air Terjun Coban Tundo, Air Terjun Dengan 3 Tingkat Aliran

Kata Penutup

Itulah salah satu air terjun di Malang yang bisa kalian kunjungi yaitu Air Terjun Coban Nirwana. Sekian semoga bermanfaat dan terima kasih.

MalangTempat Wisata

Share this:

Facebook Twitter Email Telegram LinkedIn Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like