Sumber Maron Malang, Wisata Air Yang Seru Dan Asri – Sumber Maron Malang adalah wisata alam di Malang yang bisa menjadi pilihan alternatif ketika sudah bosan dengan tempat wisata modern yang menawarkan wahana yang itu itu saja. Di sumber air ini kalian bisa menemukan sensasi liburan yang berbeda, sebab tempat ini menawarkan kalian tempat wisata, olahraga, dan edukasi dalam satu tempat. Jika kalian penasaran dengan wisata air satu ini, kalian bisa membaca ulasan berikut untuk informasi lebih lengkap tentang Sumber Maron Malang.

Rekomendasi : 

Sekilas Tentang Sumber Maron Malang

Sumber Maron Malang, Wisata Air Yang Seru Dan Asri

Sumber Maron Malang adalah salah satu sumber mata air di Malang yang lokasinya ada di kawasan persawahan daerah Karangsuko. Aliran dari sumber mata air ini juga dimanfaatkan untuk mengairi sawah dan budidaya kakung oleh penduduk sekitar.

Tetapi karena keindahan yang dimiliki tempat ini, membuat tempat ini perlahan diubah menjadi tempat wisata. Sudah banyak wisatawan mengunjungi tempat wisata ini untuk melihat keindahan dari air terjun yang dimiliki Sumber Maron Malang dengan ketinggian sekitar 6 meter. Air terjun yang ada di Sumber Maron Malang memiliki kemiringan sekitar 60 derajat dan lebar. 

Pepohonan dan sawah di sekitar aliran juga akan menambah suasana sejuk dari Sumber Maron. Aliran airnya yang tidak terlalu deras membuat tempat ini nyaman untuk berbagai aktivitas bahkan aktivitas air.

Baca Juga : Air Terjun Coban Nirwana Malang, Air Terjun Yang Indah Dan Menenangkan

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan di Sumber Maron

Terdapat banyak aktivitas seru yang bisa kalian lakukan ketika mengunjungi Sumber Maron Malang. Berikut beberapa aktivitas seru yang bisa kalian lakukan.

Berenang Dan Bermain Air

Sumber Maron Malang, Wisata Air Yang Seru Dan Asri

Karena tempat ini adalah wisata air sudah pasti kalian bisa melakukan aktivitas yang berhubungan dengan air. Kalian bisa berenang menyusuri kolam, jika tidak bisa berenang kalian bisa bermain air karena sungainya tidak terlalu dalam, kalian juga bisa berjalan jalan melompati bebatuan yang ada di sungai.

Disini juga ada banyak ikan yang memang sengaja dipelihara, jika kalian cukup tenang, ikan ikan itu akan datang menghampiri dan di saat itu waktu yang pas untuk mengambil gambar dengan ikan ikan warna warni itu, Ini tentu menjadi pengalaman seru. Bagi yang belum bisa berenang di sekitar pemandian juga tersedia tempat penyewaan ban pelampung.

Baca Juga : Coban Siuk Malang, Air Terjun Dengan Pemandangan Yang Masih Asri

Bersantai Sambil Menikmati Suasana Dan Ditemani Kuliner Nikmat

Walaupun berada di pedesaan dan dekat dengan area sawah, kalian tidak perlu khawatir jika lapar dan ingin makan sesuatu. Ini karena di Sumber Maron Malang juga sudah tersedia warung yang menjual banyak makanan. Kalian tinggal pilih makanan mana yang sesuai dengan selera kalian dan jangan terlalu khawatir dengan harganya, karena semua makanan yang ada disini harganya  cukup murah.

Pilihan makanannya ada cukup banyak, mulai dari makanan khas Jawa, Soto, Bakso, dan gorengan yang bisa kalian cicipi. Lokasi warungnya juga sangat cukup dekat dan berjejer di pinggir sungai yang pastinya memiliki pemandangan aliran sungai dan persawahan.

Belajar Tentang Teknologi Pembangkit Listrik Mikro Hidro

Bukan hanya sebagai tempat wisata alam saja, tempat ini juga dikenal sebagai tempat edukasi teknologi. Hal ini karena adanya PLTMH atau Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro yang bisa dikunjungi oleh wisatawan yang penasaran dan ingin tahu tentang cara kerja pembangkit listrik yang bisa menyuplai listrik untuk 4 desa sekitar kawasan Sumber Maron Malang.

PLTMH ini awal di bangun pada tahun 2005 dan sampai sekarang PLTMH ini menjadi salah satu penyuplai listrik utama bagi beberapa desa yaitu Desa Karangsuko, Desa Gondanglegi Kulon, Desa Sukosari, dan Desa Panggungrejo. 

Tubing Atau Menyusuri Sungai

Sumber Maron Malang, Wisata Air Yang Seru Dan Asri

Aktivitas tubing juga bisa kalian coba disini untuk menguji keberanian kalian dalam menyusuri sungai dengan memakai ban. Kalian juga bisa menikmati pemandangan khas pedesaan dan persawahan di sepanjang sungai. Dengan hawa sejuk dan pepohonan rindang akan melindungi kalian dari panasnya matahari.

Tubing biasanya dilakukan di area bawah air terjun, untuk selanjutnya menyusuri aliran sungai. Memakai ban yang sudah diikat dengan ban lainnya dan peralatan tubing yang disediakan pengelola.

Sebelum memulai aktivitas tubing peserta juga akan diberi arahan tentang bagaimana cara menjalankan aktivitas tubing. Selain itu, di ujung lintasan tubing juga sudah terpasang palang batu yang akan menahan peserta supaya tidak hanyut. Para penjaga juga sudah siap mengawasi jalannya aktivitas tubing, jadi kalian tidak perlu khawatir dengan keamanannya.

Flying Fox

Bukan hanya menikmati pemandangan saja, kalian juga bisa merasakan sensasi yang berbeda melihat pemandangan dengan meluncur dari atas ketinggian. Tersedianya wahana flying fox akan membawa kalian terbang melewati area sungai dan persawahan. Kalian bisa melihat ke berbagai arah lalu mendatar dengan mulus di tempat yang sudah disediakan. Karena lintasannya melewati bagian atas sungai, membuat kaki kalian akan menyentuh air sebelum mendarat.

Fasilitas Yang Ada Di Sumber Maron Malang

Fasilitas yang ada di wisata air ini bisa dikatakan cukup lengkap, kalian bisa menemukan mushola, toilet, kamar ganti, warung makan, tempat penyewaan peralatan renang atau tubing, dan area parkir.

Harga Tiket Masuk Sumber Maron

RetribusiTarif
Tiket Masuk WisatawanRp5.000,00
Sewa Ban KecilRp3.000,00
Sewa Ban BesarRp7.000,00
Sewa Ban River TubingRp10.000,00 – Rp15.000,00
Sewa KarpetRp3.000,00
Sewa LokerRp3.000,00
Sewa Kamar MandiRp2.000,00
Parkir MotorRp2.000,00
Parkir MobilRp5.000,00

Daftar harga di atas bisa saja berubah sewaktu waktu tergantung kebijakan pihak pengelola Sumber Maron Malang. Tetapi daftar ini bisa kalian jadikan patokan ketika ingin mengunjungi Sumber Maron Malang.

Jam Buka Sumber Maron

Jika ingin datang ke Sumber Maron Malang kalian bisa datang mulai dari jam 07.00 WIB sampai jam 18.00. Kalian juga bisa datang setiap hari, tetapi tempat ini akan ramai di akhir pekan.

Lokasi dan Rute Ke Sumber Maron Malang

Sumber Maron Malang berlokasi di Dusun Adiluwih, Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang. Berjarak sekitar 24 km jika dari pusat kota Malang dengan waktu tempuh kurang lebih sekitar 40 menit berkendara. Aksesnya juga cukup mudah karena sudah tersedia banyak papan penunjuk arah.

Untuk menuju Sumber Maron Malang kalian bisa memakai kendaraan pribadi atau angkutan umum. Jika ingin memakai angkutan umum, dari kota malang kalian bisa naik angkot berkode AG, LG, atau GA dengan trayek menuju terminal Hamid Rusdi. Setelah itu kalian naik angkot lagi menuju Gondanglegi, kemudian kalian bisa lanjut dengan naik ojek untuk ke lokasi Sumber Maron Malang dengan waktu sekitar 10 menit.

Tetapi jika membawa kendaraan pribadi akan lebih praktis, kalian hanya perlu menuju Gondanglegi. Sesampainya di Gondanglegi, lanjut menuju Desa Adiluwih, Karangsuko. Sesampainya di SDN 2 Karangsuko, diperlukan 100 meter lagi untuk kalian menemukan perempatan, belok kanan saja dan silahkan ikuti papan pertunjukan yang sudah terpasang atau bertanya kepada penduduk sekitar.

Jika bingung kalian bisa memanfaatkan Google Maps, atau memakai Jasa Rental Mobil Malang lengkap dengan driver, supaya kalian tidak perlu pusing mencari jalan mencari jalan untuk dilewati.

Baca Juga : Pemandian Kalireco Malang, Salah Satu Wisata Gratis Di Malang

Kata Penutup

Itulah informasi tentang Sumber Maron Malang, sekian semoga bermanfaat dan terima kasih.

You might also like