Sumber Jenon, Kolam Alami Yang Melegenda Dan Masih Asri – Sumber Jenon adalah salah satu sumber air segar yang bisa kalian temukan di daerah Malang. Kondisi alamnya yang masih alami dan airnya yang segar membuat tempat wisata di Malang ini banyak disukai.

Berkunjung ke sini kalian bisa berenang, menikmati alam, sampai piknik bersama keluarga. Selain itu disini juga ada banyak cerita menarik dan mitos yang bisa kalian temukan.

Yang menarik dari Sumber Jenon adalah airnya yang jernih dan terlihat berwarna kebiruan. Saking jernihnya, kalian bisa melihat dasar kolam dari atas.

Rekomendasi :

Sekilas Tentang Sumber Jenon

Sumber Jenon, Kolam Alami Yang Melegenda Dan Masih Asri

Seperti kebanyakan sumber air lainnya, pasti ada saja cerita rakyat atau legenda yang melekat, Sumber Jenon juga sama. Cerita terbentuknya tempat wisata ini berawal ketika Rantung Grati dan istrinya Irogat melarikan dari kerajaan Mataram yang kala itu sedang berperang. 

Mereka melarikan diri ke daerah hutan dan menetap di sana sambil bertani untuk menyambung hidup. Singkat cerita, ketika musim kemarau datang mereka kesulitan mendapatkan untuk mengairi tanaman.

Sampai akhirnya Rantung Grati pergi untuk bertapa di Gunung Harimau untuk mendapatkan cara supaya tanamannya tidak mati karena kurang air. Rantung Grati duduk dibawah pohon Jenu dan mulai bersemedi, tidak lama angin bertiup kencang dan merobohkan pohon jenu tersebut.

Dari titik robohnya pohon Jenu muncullah sumber air yang cukup deras sampai menggenang membentuk sebuah kolam. Sejak itu sumber air ini dinamakan Sumber Jenon atau sumber air Jenon.

Kolam alami ini memiliki panjang 50 meter dan lebar sekitar 30 meter dengan kedalaman kurang lebih 5 meter. Air yang ada di Sumber Jenon juga dipercaya memiliki banyak khasiat dan misteri yang menarik banyak wisatawan.

Baca Juga : Sumber Maron Malang, Wisata Air Yang Seru Dan Asri

Aktivitas Ketika Berwisata ke Sumber Mata Air Jenon

Sumber Jenon, Kolam Alami Yang Melegenda Dan Masih Asri

Tempat wisata ini bukanlah kolam air alami yang hanya bisa kalian nikmati kesegaran airnya. Disini terdapat banyak hal menarik yang bisa ditemukan, berikut beberapa di antaranya.

Menikmati Pemandangan Alam Yang Masih Asri

Sumber Jenon lokasinya ada di kawasan hutan yang masih sangat asri dan dikelilingi oleh pepohonan besar yang rindang. Pohon beringin yang tinggi menjadi pohon besar di tempat ini yang bisa membuat kalian tidak kepanasan ketika berenang.

Dari luar kalian akan diperlihatkan pemandangan indah air kolam yang jernih berwarna biru berpadu dengan pepohonan hijau di sekitarnya. Kalian juga bisa menikmati keindahan Sumber Jenon dari tengah kolam tanpa harus menceburkan diri.

Sebab pengelola sudah menyediakan sebuah rakit yang dilengkapi kursi untuk bersantai sambil melihat pemandangan sekitar. Ada juga jembatan yang sering dijadikan tempat untuk berfoto oleh wisatawan. 

Suasananya yang tenang, sejuk, dan masih asri menjadi alasan kenapa banyak wisatawan datang ke tempat wisata ini. Kalian juga bisa beristirahat sejenak dari pekerjaan sehari hari dan merasakan sejuknya udara di tempat wisata ini.

Berenang Menyegarkan Diri

Aktivitas yang tidak boleh kalian lewatkan ketika mengunjungi tempat wisata ini adalah berenang. Kalian pasti tidak bisa menahan diri untuk menceburkan diri ketika melihat segarnya kolam Sumber Jenon yang airnya jernih.

Kalian bebas berenang di kolam air yang luas dengan air segar asli dari pegunungan. Airnya yang jernih juga memudahkan kalian untuk melihat pemandangan bawah air yang juga indah ketika menyelam.

Berenang di bawah jembatan kayu juga bisa memberikan sensasi tersendiri ketika berenang disini. Selain itu ketika berenang di Sumber Jenon kalian juga akan ditemani oleh ikan dewa yang ukurannya besar.

Nah untuk kalian yang tidak bisa berenang jangan khawatir karena tersedia penyewaan ban pelampung. Jadi kalian bisa duduk santai di atas ban sambil menikmati pemandangan sambil menyegarkan diri di kolam Sumber Jenon.

Menikmati Kuliner Nikmat

Setelah puas berenang dan menikmati suasana Sumber Jenon, kalian bisa mengisi perut dengan sajian menu makanan dan minuman yang ada di warung warung sekitar. Harga makanan dan minumannya juga sangat murah, jadi tempat ini sangat cocok menjadi tempat wisata kalian di Malang.

Tempat Penuh Misteri

Sumber Jenon juga dikenal sebagai tempat keramat dan memiliki banyak misteri. Ketika malam satu suro ada banyak peziarah yang datang dengan berbagai tujuan.

Ada yang mandi kembang, bertapa, atau membersihkan pusaka. Misteri lain yang ada di Sumber Jenon adalah keberadaan ikan dewa yang jumlahnya tidak pernah berkurang atau bertambah.

Sejak kolam ini ditemukan ikan dewa yang ada di tempat ini jumlahnya selalu 37 dan terlihat berenang bebas di kolam. Misteri yang paling menghebohkan di tempat wisata ini adalah ada motor tenggelam yang tidak bisa diangkat dan tiba tiba menghilang begitu saja.

Warga sekitar juga percaya air di kolam Sumber Jenon memiliki banyak khasiat dan dianggap suci, walaupun kebenarannya masih menjadi misteri. Banyaknya cerita itulah yang membuat tempat wisata ini selalu dikunjungi wisatawan yang ingin membuktikannya.

Terdapatnya Fosil Kayu Berbentuk Telapak Tangan

Satu lagi hal menarik yang dimiliki Sumber Jenon selain adanya ikan dewa, yaitu adanya sebuah fosil kayu yang ada di dalam air. Menariknya fosil kayu ini terlihat seperti telapak tangan lengkap dengan jarinya. Fosil kayu ini juga dipercaya usianya sudah ratusan tahun.

Lokasi dan Rute Menuju Sumber Jenon

Sumber Jenon berlokasi di kawasan hutan Desa Gunungronggo, Tajinan, Malang. Jaraknya sekitar 18 km dari pusat kota Malang dengan waktu tempuh sekitar 40 menit.

Jika kalian berangkat dari kota Malang, kalian akan melewati tempat wisata lain yang ada di Malang. Rute terbaik untuk ke tempat wisata ini bisa kalian dapatkan dengan memanfaatkan aplikasi penunjuk jalan Google Maps.

Jika membutuhkan kendaraan kalian bisa memakai Jasa Rental Mobil Malang lengkap dengan supir yang siap mengantar kalian ke tempat wisata ini. Jadi kalian tidak perlu repot menjadi jalan untuk ke Sumber Jenon.

Harga Tiket Masuk Sumber Jenon

Bagi pengunjung yang ingin datang ke Sumber Jenon kalian tidak perlu mengeluarkan uang yang besar karena tiket masuknya murah. Fasilitas yang ada juga bisa kalian nikmati hanya dengan membayar beberapa ribu saja, rinciannya ada di bawah ini.

RetribusiTarif
Tiket MasukRp 10.000,00
Sewa BanRp 5.000,00
Naik RakitRp 5.000,00
Parkir KendaraanRp 5.000,00

Harga di atas bisa saja berubah sewaktu waktu tergantung kebijakan pengelola. Tetapi daftar di atas bisa dijadikan patokan ketika ingin berkunjung ke tempat wisata ini.

Jam Operasional Sumber Jenon

Sumber Jenon bisa kalian kunjungi setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB. Jika kalian ingin mengunjungi tempat ini lebih dari jam operasional sebenarnya bisa tetapi harus meminta izin terlebih dahulu. 

Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat adalah di siang hari sekitar pukul 14.00 WIB. Airnya yang segar bisa menghilangkan rasa gerah dan panas di siang hari.

Kalau bisa datanglah ketika musim kemarau supaya perjalanan kalian tidak terganggu oleh hujan. Apalagi ketika hujan jalanan yang dilalui menjadi licin dan berbahaya jika dibandingkan ketika kondisinya kering.

Kata Penutup

Itulah sedikit informasi tentang tempat wisata alam di Malang yaitu Sumber Jenon. Yang bisa dijadikan referensi ketika berencana untuk berwisata ke Kota Malang atau sekitarnya. 

Mungkin itu saja sekian dan terima kasih.

MalangTempat Wisata

Share this:

Facebook Twitter Email Telegram LinkedIn Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like