Cara Mengetahui Nomor Peserta UN Secara Online

Cara Mengetahui Nomor Peserta UN Secara Online

Literaturnegeri.id – Cara Mengetahui Nomor Peserta UN Secara Online Ujian Nasional merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh siswa dari jenjang SD, SMP, SMA, dan juga SMK agar bisa lulus dari jenjang pendidikannya. Para siswa harus siap baik secara fisik maupun secara mental dalam menghadapi Ujian Nasional.

Setiap siswa yang sudah terdaftar dalam sebuah lembaga pendidikan formal bisa mengikut Ujian Nasional yang sudah didaftarkan oleh sekolahnya. Jadi, setiap siswa nantinya akan mendapat nomor peserta ujian nasional. Cara untuk mengetahui nomor peserta UN bisa dilakukan secara online.

Mengetahui nomor peserta UN bisa dilakukan untuk mengecek data SKHUN yang nantinya akan diberikan kepada siswa. Jika ternyata nomornya tidak sesuai, maka akan menyebabkan masalah di kemudian hari.

Jadi, alangkah baiknya sebelum SKHUN diserahkan kepada siswa, mengecek semua kebenaran yang ada di dalamnya termasuk nomor peserta UN itu sangat penting dilakukan.

Jika nnti terjadi kesalahan, maka bisa segera diperbaiki. Tapi, jika kesalahan tidak terdeteksi dari awal maka akan membutuhkan proses untuk membenarkannya kembali. Padahal SKHUN akan digunakan para siswa untuk syarat melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.

Biasanya para guru juga mencari tahu nomor peserta ujian nasional untuk mempersiapkan ujian nasional yang akan diadakan di sekolah.

Guru harus mempersiapkan dengan melakukan serangkaian kegiatan untuk menghadapi Ujian Nasional. Nomor peserta ujian biasanya akan diinformasikan secara langsung ke sekolah-sekolah yang bersangkutan. Semua siswa yang ada di seluruh Indonesia yang akan menjalani Ujian Nasional pastinya akan mendapatkan nomor urut. Untuk mencari nomor peserta ujian nasional juga bisa dilakukan secara online. Lalu bagaimanakah caranya?

Cara Untuk Mengetahui Nomor Peserta UN Secara Online

Sebelum mencari, pastikan terlebih dahulu nomor peserta sudah terdaftar dalam aplikasi Dapodik atau sudah mempunyai Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Untuk bisa mendapatkan NISN harus melakukan serangkaian hal melalui verifikasi dan validasi mulai dari tingkat satuan pendidikan sampai tingkat pusat. Jika siswa sudah punya NISN, nantinya nomor peserta UN bisa dicek secara online dengan mudah. Cara untuk mengecaknya adalah:

Silahkan kalian Buka link https://pd.data.kemendikbud.go.id lalu kalian log in.

Jika sudah log in, masukkanlah username beserta passwordnya pada kolom yang tersedia. Untuk mengetahui bahwa username dan juga password yang dimasukkan adalah username serta password yang digunakan untuk log in pada aplikasi Dapodik adalah:

  • Saat daftar kelas muncul, pilihlah icon kelas yang ingin dicari.
  • Export pdf pada kolom yang telah tersedia untuk menyimpan data.
  • Cek kembali Nomor Ujian Nasional apakah sudah sesuai dengan SKHUN dan NISN atau belum.

Cara untuk mengetahui nomor peserta UN tersebut cukup sederhana dan pastinya mudah untuk dilakukan. Oleh karena itu, sebaiknya kalian cek terlebih dahulu data nomor peserta UN dengan SKHUN agar bisa dipergunakan dengan sebenar-benarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.