Tanggal 11 Mei 2023 menjadi hari yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang, sebab Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan membuka pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN. Sebelumnya, jadwal ini sempat diundur dari 5 Mei 2023.

Direktur Eksekutif Forum Human Capital Indonesia (FHCI), Lieke Roodianti, menjelaskan alasan pengunduran jadwal tersebut. Menurut Lieke, pihaknya ingin memberikan kesempatan kepada para pelamar untuk mempersiapkan diri lebih baik. Informasi ini dilansir dari Kompas.com pada tanggal 5 Mei 2023.

Syarat, Alur, dan Cara Daftar Rekrutmen Bersama BUMN

Lieke mengungkapkan bahwa syarat Rekrutmen Bersama BUMN pada tahun ini secara garis besar masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Pelamar diharapkan untuk terus memantau informasi terbaru melalui Instagram FHCI @fhci.bumn.

Nantinya, link pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN akan bisa diakses melalui laman https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id/. Laman ini baru akan dapat dibuka ketika pendaftaran resmi dimulai.

Baca Juga : 

Dokumen dan Persyaratan Rekrutmen Bersama BUMN 2023

Pelamar harus mempersiapkan beberapa dokumen penting ketika mendaftar Rekrutmen Bersama BUMN 2023, antara lain:

  1. Data diri seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Dokumen pendidikan seperti ijazah dan transkrip nilai
  3. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  4. Sertifikat kompetensi
  5. Sertifikat prestasi
  6. Sertifikat kemampuan bahasa Inggris
  7. Surat rekomendasi

Selain itu, beberapa persyaratan lain yang harus dipenuhi pelamar, yaitu:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Usia maksimal per 1 Desember 2022 mengikuti jenjang pendidikan, yakni: Diploma III: 27 tahun, S1/Diploma IV: 30 tahun, S2: 35 tahun.
  3. IPK minimal 2,75
  4. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia
  5. Sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba

Tahapan Rekrutmen Bersama BUMN 2023

Kementerian BUMN melalui akun Instagram resminya menginformasikan beberapa tahapan yang harus dilalui pelamar, antara lain:

  1. Registrasi: Proses pendaftaran dan seleksi administrasi oleh PIC BUMN yang akan dibuka pada 11 Mei 2023.
  2. Tes TKD dan AKHLAK: Pelamar akan menjalani tes kemampuan dasar (TKD) dan AKHLAK dengan pembobotan 40% untuk TKD dan 60% untuk AKHLAK.
  3. Tes Bahasa Inggris: Pelamar akan menghadapi tes bahasa Inggris untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris mereka. Pelamar harus mencapai skor minimal 450 dan mendapatkan peringkat sesuai rasio.
  4. Tes oleh BUMN: Pelamar juga harus menjalani beberapa tes yang dilaksanakan oleh BUMN, seperti tes kompetensi bidang, user interview, socmed analytic and digital, mindset, dan medical check-up (MCU).
  5. Pengumuman Final: Kementerian BUMN akan mengumumkan hasil Rekrutmen Bersama BUMN berdasarkan hasil kelulusan tes yang diinput melalui sistem.

Dengan mempersiapkan diri sebaik mungkin, pelamar diharapkan dapat lolos dan bergabung dengan BUMN yang diinginkan. Rekrutmen Bersama BUMN merupakan kesempatan yang sangat baik untuk berkarir di perusahaan-perusahaan BUMN yang memiliki reputasi baik dan memberikan manfaat yang menarik bagi karyawan.

Kesimpulan

Rekrutmen Bersama BUMN 2023 akan segera dibuka pada 11 Mei 2023. Pelamar harus mempersiapkan dokumen dan memenuhi persyaratan yang ditentukan agar dapat mengikuti rekrutmen ini. Selain itu, pelamar juga harus mengikuti beberapa tahapan tes yang diatur oleh Kementerian BUMN dan BUMN yang bersangkutan.

Persiapan yang matang akan meningkatkan peluang pelamar untuk berhasil dalam rekrutmen ini dan dapat bergabung dengan perusahaan BUMN yang diidamkan. Jangan lewatkan kesempatan emas ini dan selalu pantau informasi terbaru melalui media sosial FHCI dan laman resmi Rekrutmen Bersama BUMN.

Sumber:

https://www.kompas.com/edu/read/2023/05/05/120000271/menaker-siap-siap-rekrutmen-bersama-bumn-buka-pendaftaran-ini-syarat-dan

https://www.kompas.tv/article/296944/rekrutmen-bersama-bumn-2023-syarat-dokumen-tahapan-dan-jadwal

BUMNLowongan Kerja

Share this:

Facebook Twitter Email Telegram LinkedIn Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like