Cara Mengetahui Kode Cabang Bank BNI

Cara Mengetahui Kode Cabang Bank BNI

Cara Mengetahui Kode Cabang Bank BNI – Kode cabang Bank BNI Merupakan tujuh digit angka yang menjadi identitas khusus bagi setiap kantor cabang.

Kode BNI berbeda dengan kode transfer yang hanya berjumlah tiga digit saja, sehingga sudah tidak perlu ditambahkan ke rekening antar bank ketika ingin melakukan transfer. Tapi bagaimana cara untuk mengetahui kode cabang Bank BNI?

Fungsi Kode Cabang Bank BNI dan Ketersediaan Informasi Yang Ada

Kode cabang bank BNI mempunyai fungsi sebagai penanda khusus suatu kantor cabang, sehingga format angka antara satu wilayah dengan wilayah yang lainnya tidaklah sama. Fungsi kode cabang juga untuk memudahkan pihak pusat dalam setiap sistem kerja sesuai dengan lininya. Termasuk dengan pembagian tugas sesuai wilayah nasabahnya.

Tentu hal ini tidak ada kaitannya dengan keperluan untuk membuka rekening di kantor cabang maupun buka rekening bni online. Secara rinci, kode cabang tidak tertera pada laman resmi BNI, hanya saja semua datanya telah tersimpan di pusat. Dalam hal ini tidak banyak juga pihak yang bisa mengetahuinya.

Meski begitu, beberapa situs menampilkan informasi data terkait dengan kode cabang BNI di berbagai wilayah. Secara online, pihak Bank hanya menunjukkan seluruh bagian kantor cabang lengkap dengan alamat dan juga nomor telepon kantor. Hal ini dikarenakan secara dasar info, kode cabang kantor bukanlah data khusus yang harus diketahui oleh orang umum. Melainkan hanya untuk situasi khusus atau proses kerja staf internal.

Tujuan Cara Mengetahui Kode Cabang Bank BNI

Meskipun tidak banyak diakses oleh masyarakat umum, tapi ketersediaan kode cabang memiliki tujuan tertentu. Hal semacam ini tentunya sudah dipertimbangkan sebaik mungkin serta menjadi bagian daripada prosedur, sistem dan juga standar yang diberlakukan secara global.

Tujuan Kode Cabang BNI

Kode cabang atau yang disebut juga dengan kode kliring bank umumnya digunakan untuk beberapa kegiatan transaksi yang melibatkan nomor rekening. Namun, dalam hal ini ada bagian tertentu pada formulir yang mengharuskan pengisian kode cabang Bank BNI.

Diantara contoh kegiatan yang membutuhkan kode cabang yaitu pada saat mendaftar sebagai nasabah Mastercard dan Visa. Selain itu, kode cabang juga bertujuan bisa digunakan sebagai data untuk melakukan Withdraw pada akun seperti PayPal dan lain-lainnya.

Cara Mengetahui Kode Cabang Bank BNI Via Call Center

Jika kalian memang sedang membutuhkan kode cabang Bank BNI di wilayah kalian maka, ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan. Berikut inilah langkah-langkah jika kalian membutuhkan cara untuk mengetahui kode cabang Bank BNI.

  • Gunakan ponsel kalian dan tekan nomor call center di 1-500-046
  • Sampaikan pertanyaan kalian
  • Sebutkan wilayah kalian beserta kantor cabang terdekat
  • Staff call center pun akan segera memberitahukan informasinya
  • Catat dan simpan kode tersebut

Cara Mengetahui Branch Kode BNI

Kode branch BNI merupakan nama khusus yang digunakan untuk menyebutkan cabang kantor sesuai dengan wilayahnya. Kode tersebut diambil dari alamat dengan penyebutan yang lebih familiar.

Tujuannya adalah untuk memudahkan penyebutan kantor yang dituju tanpa harus menggunakan alamat penuh.

  • Pertama-tama, buka menu browser
  • Kemudian ketik di kolom pencarian nama www.bni.co.id
  • Lalu Pilihlah menu Contact
  • Lanjutkan ke menu Locator
  • Lalu pilih menu Branch
  • Tentukan provinsi serta kota lokasi cabang
  • Setelah itu, Klik saja tombol Cari
  • Maka kode branch pun ditemukan

Kode Wilayah Rekening Bank BNI

Masing-masing dari kantor cabang menerbitkan nomor rekening untuk nasabah dengan kode khusus. Kode tersebut terdiri dari 4 angka yang letaknya ada di bagian depan nomor rekening. Sehingga dari manapun asalnya, nasabah bisa diketahui hanya dengan melihat 4 kode tersebut.

Kode Kliring Cabang BNI 4 Digit

Contoh mengetahui kode rekening BNI sesuai wilayah dengan nomor rekening 1420168168, maka akan ditemukan kode kliring cabang BNI 4 digit yaitu 1420. Sedangkan angka 1420 merupakan kode untuk kantor cabang BNI Palembang, tepatnya di BNI Cabang Jembatan Ampera.

Fungsi dari kode kliring tersebut yaitu sebagai identitas khusus untuk memudahkan seluruh pihak dalam mengenali kantor cabang sesuai dengan daerahnya. Jika terjadi keluhan ataupun pengaduan dari nasabah ke kantor pusat, maka pihak staf akan mengetahui dimana wilayah pembuatan rekening berdasarkan 4 digit tersebut.

Akhir Kata

Dan demikianlah artikel dari literaturnegeri.id cara untuk mengetahui kode kantor cabang BNI baik yang berupa 7 digit ataupun 4 digit.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.