Literaturnegeri.idUntuk menyambung 2 speaker 1 tweeter kamu bisa menggunakan rangkaian seri dan paralel. Keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Play test cloud

Speaker adalah perangkat yang digunakan untuk mengubah sinyal elektrik menjadi suara dengan memberikan getaran pada komponennya. Sedangkan untuk tweeter adalah salah satu bagian speaker untuk meningkatkan kualitas audio.

Menyambungkan 2 speaker dimaksudkan supaya bisa mendapatkan suara yang lebih kencang. Tetapi, karena tweeter yang dimiliki hanya ada satu, maka harus dihubungkan menggunakan rangkaian seri atau paralel.

Rangkaian Menyambung 2 Speaker 1 Tweeter

Berikut inilah cara paralel 2 speaker aktif yang dikutip dari laman Sound Certified:

1. Rangkaian Seri

Cara menyambungkan 2 speaker 1 tweeter bisa dilakukan dengan rangkaian seri. Dengan bentuk rangkaian ini, kamu bisa menghasilkan total impedansi Ohm yang lebih tinggi. Sehingga, arus listrik yang akan mengalir menjadi lebih sedikit.

Setiap speaker akan mendapatkan daya yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan tidak dirangkai. Biasanya, daya yang dihasilkan hanya 1/2 hingga 1/4 Watt saja.

2. Rangkaian Paralel

Kemudian, kamu bisa menyambungkan 2 speaker 1 tweeter dengan menggunakan rangkaian paralel. Rangkaian ini akan menghasilkan total impedansi Ohm yang lebih rendah. Itu berarti, Ohm dari speaker telah dibagi dengan jumlah speaker.

Cara Menyambung 2 Speaker 1 Tweeter

Cara menyambung 2 speaker 1 tweeter yaitu dengan melalui rangkaian seri dan paralel. Jika ingin menggunakan rangkaian paralel, kamu harus hubungkan kabel speaker ke terminal positif pada setiap speaker.

1. Hubungkan Kabel Speaker ke Terminal Positif

Silahkan kamu hubungkan kabel speaker ke terminal positif pada setiap speaker. Pastikan kabel positif speaker terhubung ke terminal positif yang sama. Dan hubungkan kabel speaker ke terminal negatif pada setiap speaker. Ingat! Semuanya harus terhubung ke terminal negatif yang sama pada output.

2. Tweeter Dihubungkan ke Terminal Negatif dan Positif

Kemudian, pada tweeter kamu hubungkan ke terminal negatif dan positif menggunakan kabel tweeter yang sudah kamu lepas pelindungnya.

Menurut Sound Certified, menghubungkan 2 speaker dengan rangkaian seri itu tidak disarankan. Karena  rangkaian tersebut menggunakan kapasitor sebagai crossover untuk mengontrol suara yang nanti akan diarahkan ke tweeter.

Untuk cara menyambung 2 speaker 1 tweeter bisa dilakukan dengan menggunakan rangkaian seri ataupun paralel. Setiap rangkaian mempunyai hasil output yang berbeda-beda.

Akhir Kata

Jadi ada 2 cara yang dapat kamu gunakan, Entah itu menggunakan rangkaian paralel ataupun rangkaian seri, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masih. Jadi kamu bisa memilih seuat dengan kebutuhan.

Sound System

Share this:

Facebook Twitter Email Telegram LinkedIn Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like