Cara Mengatasi Speaker Aktif Serak

Cara Mengatasi Speaker Aktif Serak

Literaturnegeri.id Speaker aktif yang berbunyi serak, artikulasinya tidak jelas seperti radio yang hilang signal Memang sangat mengganggu di telinga kita. Sedang enak enak dengerkan musik dari speaker aktif, tiba tiba vokalnya seperti orang batuk. Ini sangat menonjol ketika nada midle, bila di nada low tidak begitu terasa. Tapi ketika mid low akan berbunyi (greeek). Nah,berikut adalah Cara Mengatasi Speaker Aktif Serak.

Lalu apa penyebabnya ?, Mari kita ulas dan kita urutkan beberapa hal penyebab speaker aktive serak.

Penyebab Speaker Aktif Serak

Penyebabnya bisa karena kerusakan yang terjadi pada:

  1. Sumber Input Speaker aktif

Sumber input speaker aktif sangat berfariasi jaman sekarang. Untuk sekarang produk yang ada di pasaran sudah di lengkapi dengan sumber input dari dalam berupa MP3. Pemakaian MP3 di speaker aktif ada baiknya dan ada buruknya. Baiknya, mudah di pakai verbeda dengan memakai yang input dari luar bila harus memakai jek soket sebagai penghubung, lebih baik mp3.

Efektifitasnya pemakaian yang minim kabel di dalam speaker aktif. Kekuranganya yaitu suaranya di monopoli oleh stelan MP3. Jika sumber inputnya dari luar masih dapat di beri aksesoris equalizer misal tentu lebih bisa di atur karakternya sesuai dengan yang rekan mau.

Pernah saya menerima servis speaker aktif, kata pemilik suaranya serak. Ternyata setelah di coba, suara seraknya hilang. Kemudian pemilik bawa pulang lagi. Setelah di coba di rumah ternyata masih sama. Ternyata sumber inputnya dari DVD dan DVDnya yang rusak, bukan pada speaker aktifnya. Lalu DVD dibawa ke tempat saya. Saya coba nyalakan ternyata suaranya normal. Dalam benak saya muncul sebuah saran supaya mengganti kabel jek RCA. Ternyata benar, setelah di ganti kabel RCA lain suara kembali normal. Ternyata hanya kabel RCA nya yang soak.

  1. Blok Tone Control

Sekarang kita lanjut ke dalam box yakni blok tone control. Biasanya jarang bila tone control mengakibatkan suara serak. Tone kontrol biasanya bila terjadi kerusakan ada suara dengung dan nois, di tandai dengan suara yang putus putus, potensio jika di putar berbunyi kresek kersek.

  1. Blok Ampli

Bagian ini mungkin sering terjadi antara blok yang lainnya jika memang kerusakanya berhubungan dengan suara serak. Untuk mengatasi blok ini mungkin harus sedikit paham tentang pengukuran, pemeriksaan kaki transistor, dan bagaimana tanda kerusakan transistor.

Cara Mengatasi Speaker Aktif Serak

  1. Pemeriksaan speaker

Selanjutnya pada bagian pertama, yakni speaker. Coba gerakan daun speaker ada jika berbunyi krek krek berarti spolnya kotor. Jika speaker dirasa memang kotor di bagian spoel, bisa dibersihkan memakai cairan minyak cleaner, atau bensin juga bisa. Jika spoel speaker kendor, ganti dengan yang baru tapi kalau parah, speaker kecil akan sulit untuk penggantian spoel kalau bisa ganti speaker dengan yang baru.

  1. Sumber Input

Cara yakni coba di urutkan pemeriksaannya, mulai dengan mengganti sumber input yang lain. Setelah percobaan tidak berhasil coba input langsung ke blok ampli, di situ akan kelihatan apa blok ampli atau tone controlnya. Jika suara speaker masih serak, itu berarti amplirnya.

  1. Amplifier

Yang sering terjadi adalah kerusakan bagian transistor penguat. Kerusakan blok ampli kadang ditandai dengan suara serak.

Caranya:

Periksa transistor penguat akhir. Rekan perlu paham tentang pengukuran transistor sebelum memfonisnya. Tapi kadang periksa normal tapi setelah di gunakan masih tetap serak. Ini berlaku jika ampli berdaya di atas 150W. Transistor driver yang berfungsi mensupply basis penguat akhir bagian min (-) yang sering rusak. Ada beberapa seri transistor driver yang sering di pakai dalam spiker aktif yang memakai transistor antaranya:

A733, BD140, C945, TIP41, TIP42_BD139, dan masih banyak lagi.

Periksa resistor bagian Emittor biasanya sering mengalami putus atau terbakar karena transistor short, atau short speaker. Resistor ini bisa berbentuk resistor kapur (tahu) atau resistor kecil biasa yang berukuran 0,33 hingga 0,5 ohm.

Dan yang terkhir yaitu pemeriksaan kabel yang putus. Periksa semuanya sebelum dinyalakan, karena di dalam box kita tidak pernah tau kekuatan dari kabel dalam posisi dan penempelan solderan kabel instalasi.

Akhir Kata

Itu saja tentang Cara Mengatasi Speaker Aktif Serak, sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.