Air Terjun Coban Glotak, Wisata Air Tersembunyi Di Lereng Gunung Kawi – Bagi kalian yang berencana untuk berwisata ke Kabupaten Malang, pasti kalian akan bingung memilih tempat wisata yang akan didatangi. Ini karena Malang memiliki banyak sekali tempat wisata baik wisata alam atau wisata modern. Perlu kalian ketahui wilayah Malang karakteristiknya adalah pegunungan jadi ada banyak air terjun atau coban di Malang seperti Coban jahe dan Coban Putri. Nah ada satu air terjun atau coban di Malang yang harus kalian kunjungi yaitu Coban Glotak. Coban ini berada di lereng Gunung Kawi, Coban Glotak memiliki pemandangan eksotis yang selalu dicari cari para pecinta fotografi.

Untuk mencapainya diperlukan perjuangan ekstra karena tempat ini cukup tersembunyi. Tetapi ketika sampai di Coban Glotak dijamin perjuangan kalian akan terbayarkan dengan pemandangan coban yang indah dan masih asri. Sama seperti beberapa coban di Malang lainnya.

Sekilas Tentang Coban Glotak

Air Terjun Coban Glotak, Wisata Air Tersembunyi Di Lereng Gunung Kawi

Coban Glotak bukan hanya menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan, tetapi juga memiliki cerita yang bisa kalian ketahui. Menurut warga setempat penamaan Coban Glotak berawal dari bunyi bebatuan yang jatuh bersama air terjun di lereng Gunung Kawi. Bunyi klotak klotak itu yang membuat warga sekitar menamai coban ini dengan Coban Glotak. Kepopuleran Coban Glotak tidak perlu dipertanyakan lagi karena sudah banyak wisatawan lokal sampai wisatawan luar negeri datang kesini.

Rekomendasi :

Daya Tarik Coban Glotak

Coban Glotak memiliki ketinggian sekitar 100 meter, air yang ada di coban ini sangat jernih dan segar. Apalagi dengan adanya pepohonan rindang di sekitarnya menjadi daya tarik dari tempat wisata alam ini. Suara dari coban ini juga ini juga bisa membuat kalian relax dan menghilangkan lelah kalian sehari hari. Selama perjalanan kalian bisa menemukan pengunjung lain yang sama sama ingin melihat keindahan Coban Glotak.

Nah ternyata Air terjun ini adalah tingkatan yang terendah dari 7 air terjun yang ada di atasnya. Karena lokasinya yang masih tersembunyi membuat keadaan disekitarnya masih sangat asri. Ditambah sejuknya hawa pegunungan memberikan suasana tenang yang bisa membuat menenangkan siapa saja yang datang ke Coban Glotak.

Kejernihan air yang dimiliki Coban Glotak pasti akan membuat kalian ingin terjun ke aliran air. Dan tidak akan ada spot foto bertemakan alam yang kalian temukan di sini. Apalagi adanya bebatuan di sekitar yang bisa menjadi background untuk foto kalian. 

Baca Juga : Air Terjun Sumber Pitu Tumpang, HTM, Lokasi, Dan Fasilitas

Tracking Menantang

Untuk melihat indahnya pemandangan Coban Glotak, kalian diharuskan melakukan tracking menyusuri area perkebunan sampai hutan terlebih dahulu. Medannya berupa jalan setapak berbatu terjal dan harus melewati beberapa sungai, jadi pastikan kondisi tubuh kalian sedang fit sebelum memulai perjalanan.

Di tengah perjalanan, kalian juga akan melewati wilayah yang dipenuhi tumpukan batu. Tumpukan batu itu terbentuk secara alami dan terlihat sangat artistik. Warga sekitar menyebutnya dengan Situs Watu Tumpuk atau situs batu bertumpuk.

Jalan selanjutnya akan terasa lebih berat sedikit karena jalannya berupa tanah yang agak miring dan cukup licin. Untungnya pengelola sudah memasang tali dan pagar pembatas untuk menjadi pegangan pengunjung. Pastikan juga untuk melakukan langkah secara perlahan dan hati hati supaya tidak terpeleset.

Medan selanjut akan mulai menantang, pengunjung diharuskan untuk turun menyusuri sungai, tetapi jangan khawatir karena sungainya cukup dangkal. Aliran sungai ini berasal dari Coban Glotak dan menjadi tanda bahwa lokasi yang dituju sudah dekat. Ketika melewati sungai kalian diharuskan untuk benar benar memastikan pijakan yang aman dan kuat, hindarilah bertumpu pada batu yang berlumut supaya tidak terpeleset. 

Setelah tidak lama menyusuri sungai, kalian akan mendengar suara gemericik air. Posisi Coban Glotak ini berada di sisi kanan sungai, jika sudah terlihat berarti kalian sudah berhasil melewati medan menantang yang cukup ekstrim.

Melihat pemandangan indah Coban Glotak pasti akan membuat kalian lupa dengan rasa lelah setelah melakukan perjalanan panjang untuk mencapai Coban Glotak. Udara yang segar dan hawa sejuknya akan membuat kalian nyaman berlama lama disini.

Fasilitas Yang Tersedia

Wisata ini termasuk ke dalam kategori Wisata Alam Malang yang lokasinya cukup tersembunyi, jadi kalian jangan terlalu berharap fasilitas yang ada lengkap seperti di wisata modern. Tetapi untuk fasilitas umum seperti toilet, mushola, warung yang menjual makanan dan minuman ringan, tempat parkir di dekat loket.

Nah untuk kalian yang membawa kendaraan pribadi baik motor atau mobil, harus diperhatikan bahwa kendaraan hanya bisa diparkirkan di area parkir di dekat loket. Ini karena untuk mencapai air terjun kalian hanya bisa mencapainya dengan berjalan kaki kurang lebih 1,5 kilometer.

Jika kalian ingin menginap atau camping, disarankan untuk mendirikan tenda di dekat tempat parkit. Karena tempat parkir memiliki area yang cukup luas dan datar, tetapi kalian harus membawa perlengkapan camping sendiri.

Harga Tiket Masuk Dan Jam Buka Coban Glotak

Untuk tiket masuk ke Coban Glotak kalian dikenakan harga yang murah, jadi kalian tidak perlu mengeluarkan uang yang besar. Walaupun harga tiket masuknya murah, bukan berarti tempat wisata ini murahan, karena wisata seperti ini hanya diperuntukan kepada para penghobi wisata alam.

Bagi wisatawan yang ingin melihat secara langsung keindahan air terjun ini, kalian bisa datang kapan saja. Karena tempat ini buka 24 jam setiap hari, tetapi biasanya pengunjung datang di pagi hari dan pulang ketika sudah sore atau sebelum gelap.

Lokasi & Rute Wisata Coban Glotak Malang

Air terjun secara administrasi berada di Desa Bedalisodo, Kecamatan wagir, kabupaten Malang. Jaraknya sekitar 20 kilometer jika dari pusat Kota Malang dengan waktu tempuh sekitar 45 menit perjalanan. Sedangkan untuk akses jalannya bisa dibilang cukup rumit, selain cukup jauh kalian juga harus masuk ke perkampungan dengan jalan cor coran yang sempit.

Rute yang bisa dilewati jika dari Kota Malang adalah, kalian bisa menuju ke arah Pabrik Kebon Agung, kalian ikuti saja jalan besar tersebut sampai menemukan pertigaan. Di pertigaan kalian belok kiri, nantinya kalian akan melihat papan penunjuk arah ke Coban Glotak. Silahkan ikuti papan petunjuk itu sampai tiba di Desa Bedalisodo. Jarak wisata air ini dari desa Bedalisodo kurang lebih sejauh 4 kilometer. Nah jika kalian ragu dengan jalan mana yang harus dilalui, kalian bisa bertanya ke warga setempat.

Bagi kalian yang ingin ke sini dan datang dari luar kota supaya mudah kalian bisa Sewa Motor Di Malang.

Kata Penutup 

Itulah informasi yang bisa Literaturnegeri sampaikan tentang tempat wisata alam di malang yaitu Coban Glotak. Semoga informasi ini bisa kalian jadikan referensi ketika akan berwisata ke Kota Malang.

Jawa TimurMalang

Share this:

Facebook Twitter Email Telegram LinkedIn Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like