Wisata Coban Putri, Air Terjun Yang Cantik Di Kota Batu Malang – Tempat wisata kota Batu memang tidak akan habis jika di bicarakan, sebab ada banyak sekali tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Baik wisata untuk rekreasi dan edukasi, agrowisata, sampai wisata alam yang masih asri dan menyegarkan. 

Karena kota ini berada di dataran tinggi yang memiliki banyak pegunungan, maka kalian bisa menemukan banyak tempat wisata alam. Contohnya adalah Air Terjun Coban Putri, tempat wisata ini letaknya juga tidak jauh dari pusat kota. Selagi di kota batu kalian juga bisa mengunjungi Tempat Wisata Songgoriti Batu Malang Dan Sekitarnya.

Baca Juga : Wisata Alam Di Batu Terbaik Yang Harus Kalian Kunjungi

Sekilas Tentang Coban Putri

Wisata Coban Putri adalah salah satu air terjun di kota Batu dan sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat. Indahnya air terjun ini menjadi alasan kenapa banyak wisatawan yang ingin datang ke Wisata Coban Putri.

Di Wisata Coban Putri kalian bisa melihat 2 air terjun yang masing masing memiliki ketinggian 15 dan 20 meter. Perlu kalian ketahui COBAN adalah istilah yang dipakai untuk menyebut air terjun, mungkin pada daerah lain menyebutnya dengan CURUG dan lain lain. Wisata Coban Putri berada di lembah sekitar Gunung Panderman Batu kurang lebih 1000 mdpl.

Rekomendasi:

Yang Menarik Dari Coban Putri

Wisata Coban Putri masuk kedalam daftar Air Terjun di kota Batu Malang yang bisa dijadikan sebagai tempat berlibur bersama keluarga. Walaupun berada di dekat kota, tetapi suasana di Wisata Coban Putri masih cukup alami. Kalian bisa merasakan kesegaran udara dan dinginnya suasana khas pegunungan.

Wisata Coban Putri juga memiliki air yang tidak begitu deras dan pada bagian kolam penampung air cukup dangkal. Sehingga kalian bisa berdiri atau berendam tepat di bawah air terjun.

Keindahan dari Wisata Coban Putri semakin memukau karena adanya bebatuan tebing yang tersusun tidak beraturan, sehingga terlihat sangat eksotis. 

Baca Juga : Cara ke Bromo Dari Batu Malang, Untuk Yang Baru Pertama Kali Ke Bromo

Di Wisata Coban Putri terdapat banyak kegiatan yang bisa dilakukan contohnya seperti berikut ini:

Melepas Semua Beban Sambil Menyaksikan 2 Air Terjun Yang Cantik

Wisata Coban Putri, Air Terjun Yang Cantik Di Kota Batu Malang

Seperti yang sudah Literaturnegeri katakan diatas, Wisata Coban Putri memiliki 2 aliran air dan letak dari keduanya berdampingan. Masing masing memiliki ketinggian 15 dan 20 meter.

Wisata Coban Putri memiliki air yang sumbernya sama dengan Coban Rais, yaitu sumber Darmi yang ada di lereng Gunung Panderman. Perlu kalian ketahui Coban Rais berada lebih tinggi dan memiliki jarak berkisar 1,5 KM dari Wisata Coban Putri.

Baca Juga : Coban Kembar Watu Ondo, Air Terjun Di Kota Batu Yang Indah

Jalan menuju Wisata Coban Putri ini bisa dibilang cukup mudah jika dibandingkan dengan Coban Rais atau air terjun lainnya di malang yang belum terjamah. Kalian hanya perlu berjalan kaki dari tempat parkir kurang lebih 100 sampai 200 meter. Kondisi jalannya berupa paving dan makadam, untuk kendaraan roda 4 akan terasa agak sempit jika berpapasan.

Rekomendasi :

Berfoto di Spot Instagramable

Berwisata ke tempat yang indah, sudah menjadi hal wajib untuk diabadikan dalam sebuah foto. Apalagi sekarang media sosial sangat lekat dengan kehidupan sehari hari. Dengan mengabadikannya bisa menjadi bukti dan pengingat bahwa sudah pernah datang ke tempat cantik tersebut.

Baca Juga : Pantai Savana Malang, Pantai Dengan Keindahan Yang Memukau

Tidak terkecuali ketika datang ke Wisata Coban Putri yang memiliki pemandangan indah dan air terjun di pegunungan yang segar. Di sekitar Wisata Coban Putri, kondisinya masih sangat asri, Karena letaknya ada di kawasan perhutani dan dikelilingi pepohonan yang rindang.

Tetapi kalian jangan khawatir, karena untuk menuju tempat ini sudah banyak papan penunjuk jalan yang bisa mengantarkan kalian ke air terjung ini. Disepanjang jalan pemandangannya juga terlihat sangat menawan, kalian bisa melihat lereng gunung.

Di dalam komplek Wisata Coban Putri juga ada beberapa spot foto, contohnya seperti gardu pandang, ayunan di pinggir tebing, jembatan bambu, bendungan dan lain lain.

Berendam Dan Bermain Air

Wisata Coban Putri, Air Terjun Yang Cantik Di Kota Batu Malang

Satu hal yang menjadi daya tarik dari Wisata Coban Putri adalah kalian bisa sangat dekat dengan air terjun, bahkan kalian bisa berdiri tepat di bawah air terjun. Hal ini tentu sulit jika dilakukan di air terjun lain.

Ini karena Wisata Coban Putri memiliki ketinggian yang tidak terlalu tinggi dan debit air yang tidak begitu deras, dan itu sudah cukup untuk dipakai bersenang senang. Begitu juga dengan kolamnya yang cukup dangkal, sehingga aman jika dipakai untuk bermain dengan anak anak.

Pada bagian kolam juga dibuat seperti bendungan bertingkat, ditambah adanya jembatan batu pada pinggir kolam. Jembatan ini juga biasanya dipakai wisatawan untuk berfoto dengan background air terjun.

Baca Juga : 15 Rekomendasi Hotel Dekat Jatim Park 2 Yang Nyaman Dan Murah

Bersantai Dan Melepas Lelah

Wisata Coban Putri, Air Terjun Yang Cantik Di Kota Batu Malang

Jika sudah selesai bermain air dan berfoto, kalian bisa bersantai, tidak jauh dari air terjun ada warung makanan yang menjual makanan, gorengan dan minuman hangat seperti kopi, teh, susu.

Kalian juga bisa menikmatinya sambil mendengarkan suara gemericik air terjun dan suara hewan hewan yang ada di hutan. Suasana seperti ini tentu sulit didapatkan di perkotaan, walaupun Wisata Coban Putri sendiri tidak jauh dari pusat kota.

Jeep Adventure

Wisata Coban Putri, Air Terjun Yang Cantik Di Kota Batu Malang

Jika ingin menantang adrenalin, kalian bisa mencoba Offroad memakai Jeep. Nantinya mobil jeep akan membawa wisatawan menyusuri kawasan hutan pinus sejauh 2 kilometer. Dan pastinya melewati medan alam yang didominasi tanah dan bebatuan.

Outbound Dan Camping

Wisata Coban Putri, Air Terjun Yang Cantik Di Kota Batu Malang

Menikmati Wisata Coban Putri tidak hanya bisa dilakukan di siang hari, kalian juga bisa mencoba merasakan suasana malam yang sunyi dan tenang. Di sini juga ada sebuah camping ground yang sering dipakai untuk berkemah dan outbound.

Di sore menjelang malam, kalian bisa melihat kawasan hutan lereng gunung Panderman yang mulai tertutupi kabut. Setelah malam kalian bisa menyalakan api unggun, jika membawa ubi atau jagung kalian bisa membakarnya untuk dinikmati disana.

Camping Ground Coban Putri tidak selengkap Coban Talun camping ground yang sudah menyediakan akomodasi dan tenda yang berbentuk unik. Kalian juga harus membawa tenda dan perlengkapan lainnya sendiri. Kalian juga bisa menginap di Rekomendasi Villa Di Batu Dengan View Bagus Dan Nyaman atau Hotel Dekat Alun Alun Batu Yang Murah Dan Nyaman 

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Wisata Coban Putri ini bisa dibilang sangat murah dan terjangkau, hanya untuk menikmati keindahan air terjun yang indah.

Rinciannya berikut ini:

KeteranganHarga
Tiket MasukRp. 10.000
Spot Foto Gardu PandangRp. 10.000
Sewa Jeep OffroadRp. 35.000
Flying FoxRp. 25.000
Parkir MotorRp. 3.000
Parkir MobilRp. 5.000

Jam Buka

Wisata Coban Putri buka mulai pukul 09.00 sampai 17.00 setiap harinya. Jadi silahkan datang kapan saja, tetapi waktu terbaik untuk datang adalah ketika pergantian musim.

Karena ketika musim hujan kondisi jalan berlumpur dan airnya akan menjadi keruh. Sedangkan di musim kemarau, jalanan akan berdebu, banyak rerumputan, dan tanaman akan menjadi kereng. 

Fasilitas

Walaupun tergolong wisata alam dan ada ditengah hutan, Wisata Coban Putri memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari tempat parkir, warung makan, toilet, mushola dan fasilitas lainnya.

Lokasi Dan Rute Coban Putri

Wisata Coban Putri Batu Malang berada di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, tidak jauh dari Batu Flower Garden, Coban Rais, dan Predator Fun Park.

Rute menuju Wisata Coban Putri sangat mudah untuk ditempuh mulai dari Pasar Besar kota Batu atau terminal. langsung saja menuju jalan Oro Oro Ombo. Kemudian menuju jalan Lingkar Barat, lalu kalian akan bertemu dengan papan petunjuk arah menuju Coban Rais dan Coban Putri. Kalian ikuti saja papan petunjuk itu sampai ke gerbang pintu masuk.

Jika masih bingung dengan rute Coban Putri, kalian bisa memakai aplikasi google Maps untuk memandu kalian. Untuk kalian yang ingin praktis dan tidak ingin ribet kalian bisa menyewa mobil di malang lengkap dengan sopir yang memiliki wawasan wisata.

Baca Juga : Predator Fun Park, Tempat Wisata Bertemakan Buaya Yang Unik

Kata Penutup

Itulah informasi tentang Wisata Coban Putri yang bisa kalian ketahui. Bagi kalian yang berkunjung tanpa membawa kendaraan pribadi atau menggunakan kendaraan umum, maka kalian bisa menggunakan jasa sewa motor Malang atau jasa sewa mobil Malang agar lebih praktis.

Jawa TimurMalangTempat Wisata

Share this:

Facebook Twitter Email Telegram LinkedIn Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like