Pantai Savana Malang, Pantai Dengan Keindahan Yang Memukau – Pantai Savana Malang adalah salah satu pantai tersembunyi di Malang yang memiliki pemandangan  mengagumkan. Mungkin kalian belum tahu banyak tentang pantai yang satu ini, walau begitu Pantai ini sangat layak untuk kalian kunjungi ketika sedang berlibur ke Malang.

Pantai ini juga termasuk ke dalam daftar Pantai Malang Selatan, di Malang sendiri ada banyak sekali pantai pantai yang lokasinya berdekatan atau bertetangga dengan pantai lain. Salah satu contohnya adalah Pantai Savana, ingin tahu informasinya lebih lengkap? kalian bisa menyimak informasi berikut ini:

Daya Tarik Pantai Savana Malang

Pantai Savana Malang, Pantai Dengan Keindahan Yang Memukau1

Berlibur ke Pantai Savana Malang kalian akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat luar keren. Dengan pantai yang memiliki pasir berwarna cerah dan air laut yang jernih kebiruan.

Awal mula penamaan pantai Savana ini ada hubungannya dengan kondisi alam disekitar yang dipenuhi dengan hamparan rumput hijau dan semak ilalang. Dan adanya deretan perbukitan rimbun yang seakan menyembunyikan keindahan pantai Pantai Savana Malang.

Nah dari atas bukit kalian bisa melihat panorama pantai secara lebih luas. Tetapi kalian harus menyusuri padang ilalang sepanjang kurang lebih 500 meter dengan medan berupa tanah berbatu.

Rekomendasi : 

Terletak di Kawasan Konservasi & Bertetangga Dengan Banyak Pantai

Perlu kalian ketahui ternyata Pantai Savana Malang masuk dalam area konservasi Clungup Mangrove Conservation (CMC). Yaitu sebuah konservasi terumbu karang yang juga menjadi sarana ekowisata. Nah karena masuk dalam kawasan konservasi CMC membuat pantai ini bertetangga dengan beberapa pantai lain seperti Pantai Tiga Warna, Pantai Gatra, Pantai Clungup, Pantai Mini dan Pantai Watu Pecah.

Karena itu jika mengunjungi pantai ini, kalian bisa dengan mudah mampir ke pantai pantai terdekat dan bisa mengenal lebih lengkap tentang Wisata Pantai Di Malang.

Baca Juga : 

Nah ketika masuk ke area konservasi, maka kalian diharuskan untuk menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Jangan juga merusak alam dan mengotori kawasan pantai.

Harga Tiket Masuk & Jam Buka

Untuk harga tiket masuk ke Pantai Savana Malang tergolong sangat murah, jadi kalian tidak akan mengeluarkan biaya yang besar ketika berkunjung ke sini. Jam bukanya sendiri sebenarnya tidak ada, tetapi disini belum ada fasilitas penerangan jadi akan gelap ketika malam, biasanya wisatawan datang pada pagi hari dan pulang pada sore hari.

Menariknya, karena pantai ini berada dekat dengan pantai Tiga Warna jadi ada jasa pemandu wisata yang bisa kalian sewa untuk mengeksplorasi lebih jauh area konservasi CMC.

KeteranganHarga
Harga tiket masukRp. 6.000,-
ParkirRp. 3.000,-
Jasa GuideMulai dari Rp. 75.000,-

Fasilitas Di Pantai Savana

Karena pantai ini lokasinya cukup tersembunyi dan aksesnya lumayan sulit, makan fasilitas umumnya masih sangat terbatas dan kurang. Tetapi kalian bisa menemukan fasilitas dasar seperti toilet di Pantai Clungup yang menjadi pintu masuk ke Pantai Savana.

Lokasi Dan Rute

Pantai Savana Malang secara administrasi berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang. Jaraknya sekitar 72 kilometer jika dari pusat kota Malang. Dengan waktu tempuh kurang lebih 1/2 sampai 2 jam perjalanan memakai kendaraan bermotor.

Rute untuk ke Pantai Savana Malang cukup mudah, kalian bisa mengikuti rute ke Pantai Sendang Biru. Sesampainya di pertigaan Sendang Biru, kalian belok ke arah yang menuju Pantai Clungup. Jalan ketika sudah dekat dengan area pantai kondisinya akan sedikit terjal dan berbatu.

Jika masih bingung kalian bisa memakai google maps, atau bertanya kepada penduduk sekitar tentang rute untuk ke pantai Savana.

Tips Dan Saran Berwisata ke Pantai Savana

Mengunjungi Pantai Savana akan lebih lancar jika kalian mempersiapkan semua hal yang menunjang kegiatan liburan kalian. Nah apa saja yang harus kalian persiapkan ketika mengunjungi Pantai Savana Malang? Berikut informasinya:

Pakai Pakaian Nyaman

Ketika mengunjungi Pantai Savana disarankan untuk memakai pakaian yang nyaman dan cocok untuk mengeksplor medan alam. Hindari memakai pakaian jeans karena akan membuat kalian berkeringat dan gerah. Pakai saja pakaian yang bahannya tipis dan mudah kering, pastinya juga mempermudah pergerakan kalian.

Nah untuk alas kaki, lebih baik untuk memakai sandal gunung, supaya nyaman dipakai berjalan di bebatuan atau pasir dan pastinya cepat kering.

Mempersiapkan Stamina

Seperti yang sudah di katakan diatas tadi, untuk menuju ke pantai ini dibutuhkan sedikit usaha lebih. Ini karena kalian akan melewati jalanan terjal dan menembus padang ilalang. Tetapi begitu sampai di area pantai, usaha kalian akan terbayar ketika melihat keindahan pantai Pantai Savana secara langsung.

Bawa Bekal Sendiri

Karena disini belum ada fasilitas seperti warung makan, jadi kalian harus membawa bekal makanan dan minuman sendiri supaya tidak kelaparan. Bekal ini akan sangat berguna karena kalian akan membutuhkan banyak tenaga untuk mencapai Pantai Savana.

Dengan membawa bekal, juga akan menghemat uang kalian, sehingga kalian tidak perlu mengeluarkan uang tambahan. Tetapi kalian harus membawa lagi sampah atau bekas wadah makanan, dan jangan sampai meninggalkannya di area pantai.

Membawa Pakaian Ganti

Berkunjung ke pantai rasanya tidak lengkap jika bermain air, karena pantai ini memiliki air yang jernih dan bersih. Jadi kalian harus membawa pakaian ganti supaya kalian bisa puas bermain air.

Perhatikan Akses Transportasi

Untuk ke Pantai Savana, sayangnya belum ada angkutan umum yang bisa mengantarkan kalian ke sana. Jika dari kota Malang kalian bisa naik angkot dan harus berganti ganti angkot ditambah harus naik ojek untuk ke area pantai.

Hal ini pasti akan menyulitkan dan menghabiskan banyak waktu hanya untuk perjalanannya saja. Solusinya kalian bisa membawa kendaraan atau mobil pribadi, tetapi jika kalian tidak memiliki kendaraan atau wisatawan dari luar kota kalian bisa memakai jasa Sewa Motor Malang.

Kata Penutup

Itulah informasi tentang Tempat Wisata di Malang yang bisa kalian kunjungi ketika sedang berlibur ke Malang yaitu Pantai Savana Malang. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi jika ingin berlibur ke Malang. Sekian dan terima kasih.

Jawa TimurMalang

Share this:

Facebook Twitter Email Telegram LinkedIn Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like