Pantai Kondang Bandung Pantai Pasir Besi Yang Eksotis – Pantai memang seringkali dijadikan tujuan tempat wisata asik oleh beberapa kalangan, khususnya para pecinta wisata alam di Malang. Suasana alam yang khas berupa pemandangan laut biru dengan suara deburan ombak yang datang dipercaya bisa menjadi sarana relaksasi alami. Dan salah satu pantai yang bisa dijadikan sebagai sarana refreshing dan juga untuk menikmati pemandangan alamnya adalah Pantai Kondang Bandung.

Mungkin kalian baru pertama kali mendengar nama pantai ini, mungkin kebanyakan dari kalian akan berpikir bahwa pantai ini berada di Bandung Jawa Barat. Tetapi ternyata pantai ini berada di Kota Malang dan termasuk ke dalam daftar pantai yang wajib dikunjungi di Malang sama seperti Pantai Gatra Malang. Jika kalian penasaran dengan pantai Kondang Bandung, berikut informasi yang bisa kalian ketahui jika ingin mengunjungi Pantai Eksotis ini. Informasinya berikut ini:

Sekilas Tentang Pantai Kondang Bandung 

Pantai Kondang Bandung Pantai Pasir Besi Yang Eksotis

Pantai Kondang Bandung adalah pantai yang ada di pesisir selatan dan berada di Dusun Sumber Blimbing, Desa Purwodadi, Kecamatan Donomulyo, Malang. Kondang untuk kalian yang tidak tahu merupakan sebuah sungai yang terbendung di musim kemarau sehingga terlihat seperti telaga.

Untuk menuju ke pantai ini dibutuhkan nyali yang tinggi karena jalan yang dilewati berupa hutan jati jika dari Donomulyo. Kendaraan seperti motor atau mobil juga tidak bisa mendekat ke bibir pantai Kondang Bandung dan harus di parkir cukup jauh di atas bukit jati. Wisatawan yang ingin turun ke Pantai ini harus menuruni bukit dengan jalan merambat karena ketinggiannya yang sangat curam.

Ditambah jalan setapak yang dipenuhi oleh bebatuan putih seperti karang yang licin, dan sudah pasti rawan terpeleset jika tidak hati hati. Dari bukit jati ke bibir pantai Kondang Bandung memang tidak terlalu jauh hanya sekitar 200 meter. Tetapi karena jalannya curam tidak banyak pengunjung yang berani untuk lewat jalan itu.

Sebenarnya ada jalan lain yang bisa dilalui untuk menuju pantai ini yaitu dengan memutar terlebih dahulu dari Donomulyo ke arah Dusun Sumber Blimbing, desa Purwodadi. Tetapi jaraknya sangat jauh dan membutuhkan setidaknya 1 jam jika naik kendaraan. Dengan lewat jalur memutar biasanya wisatawan mendatangi Pantai Eksotis Di Malang.

Daya Tarik Pantai Kondang Bandung

Rekomendasi:

Adanya pasir besi sepanjang 500 meter

Salah satu daya tarik yang dimiliki pantai Kondang Bandung dan jarang ditemukan di pantai lain adalah adanya pasir besi yang tersebar di sepanjang pantai sekitar 500 meter. Hamparan pasir hitam itu terlihat berkilauan ketika terkena cahaya matahari dan menyebar secara menyeluruh di sela sela pasir. Tetapi perlu kalian ingat untuk tidak menginjak pasir tersebut tanpa memakai alas kaki seperti sandal atau sepatu karena pasirnya sangat panas.

Keunikan pasir yang dimiliki pantai Kondang Bandung juga menarik sejumlah ahli untuk meneliti kandungan yang ada didalamnya. Bahkan ahli ahli dari dalam dan luar sudah pernah melakukan penelitian termasuk ahli dari jepang yang mengambil sampel pasir untuk diteliti. Dan hasilnya pasir yang ada di kawasan Pantai Kondang Bandung ini memiliki kandungan mineral opak yang bercampur dengan butiran non logam seperti feldspar, kuarsa, amphibole, tourmaline, kalsit dan biotit.

Keindahan Alam Yang Mengagumkan

Bukan hanya menyimpan mineral berharga, Pantai Kondang Bandung juga memiliki keindahan alam yang sangat mengagumkan. Sebelum masuk ke kawasan Pantai Kondang Bandung kalian akan disambut oleh hutan jati yang seolah olah menyembunyikan Pantai Cantik ini.

Semakin dekat dengan area pantai Kondang Bandung, kalian akan melihat deburan ombak yang terus berdatangan. Pantai Kondang Bandung ini juga seperti pantai kebanyakan di Malang yang memiliki ombak besar khas pantai selatan.

Indahnya Tebing Karang

Mungkin pantai tidak terlalu cocok jika dipakai untuk berenang, tetapi itu tidak menghilangkan niat untuk mengeksplor pantai Kondang Bandung. Karena masih banyak hal menarik lainnya yang bisa kalian temukan. Salah satu contohnya adalah menikmati indahnya tebing karang yang menjulang tinggi dan terlihat kokoh walaupun terus menerus di hempas ombak terus menerus. Kalian juga bisa memanfaatkan setiap tempat yang ada untuk background foto.

Harga Tiket Masuk & Jam Buka

Untuk masuk ke Pantai Kondang Bandung semetara kalian tidak akan dikenakan tarif masuk alias gratis karena tempat ini belum dikelola secara resmi. Jadi belum ada jam buka juga alias masih terbuka 24 jam setiap hari, jadi kalian bisa bebas datang kapan saja kalian ingin dan punya waktu luang.

Baca juga:Pantai Jelangkung, Pantai Indah Dan Menawan Di Malang

Fasilitas

Fasilitas yang ada di tempat ini bisa dikatakan cukup lengkap karena sudah ada toilet dan warung makan. Jadi kalian tidak perlu khawatir ketika datang ke sini. Tetapi untuk penginapan dan hotel masih belum ada. Jadi jika ingin menginap kalian bisa mendirikan tenda atau meminta izin warga sekitar untuk bermalam di rumah warga. 

Lokasi Dan Rute

Pantai Kondang Bandung berlokasi di Dusun Sumber Blimbing, desa Purwodadi, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Memiliki jarak kurang lebih 66 kilometer dari pusat Kota Malang dan waktu yang dibutuhkan untuk menempuh perjalanan memakai kendaraan bermotor adalah 2 jam.

Rute yang bisa kalian lewati jika dari kota Malang, Kalian bisa memulai perjalanan ke Kepanjen. Kemudian ke Pagak, terus ke arah Sumbermanjing Kulon, perjalanan masih lanjut menuju kecamatan Donomulyo sampai ke desa Purwodadi. Atau kalian juga bisa mengikuti rute menuju pantai Kondang Wetan, Pantai Modangan sampai ke pantai Kondang Batu Malang

Perlu kalian ketahui jalan menuju ke pantai Kondang Bandung bisa dikatakan cukup sulit dan di beberapa jalan mengalami kerusakan. Dan tidak ada angkutan umum yang bisa mengantar kalian ke sana. Jadi kalian harus membawa kendaraan sendiri dan pastikan juga kendaraan kalian dalam keadaan baik supaya bisa menempuh jarak jauh. Karena itulah Pantai Kondang Bandung ini termasuk dalam pantai tersembunyi di kota malang.

Walaupun jaraknya jauh, jalannya rumit, dan membutuhkan usaha yang ekstra untuk mencapainya. Tetapi setelah kalian tiba di Pantai Kondang Bandung, semuanya akan terbayarkan dengan pemandangan indah yang menyambut kalian. Kalian juga bisa menikmati Pantai Kondang Bandung bersama teman atau keluarga supaya suasana lebih seru dan menyenangkan.

Kata Penutup

Itulah informasi tentang Pantai eksotis yang tersembunyi di Kota Malang, sangat indah bukan. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa dijadikan referensi.

Jawa TimurMalangTraveling

Share this:

Facebook Twitter Email Telegram LinkedIn Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like