Pantai Bantol Malang, HTM, Fasilitas, Lokasi Dan Rute

Pantai Bantol Malang, HTM, Fasilitas, Lokasi Dan Rute – Berlibur ke pantai memang sering menjadi solusi terbaik untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran. Dengan menikmati pemandangan laut biru, suara deburan ombak dan hembusan angin pantai, pasti bisa melupakan kesibukan sehari hari sejenak. Itulah kepada banyak orang suka menjadikan pantai sebagai pilihan untuk berlibur.

Nah salah satu pantai di Malang yang cocok kalian kunjungi untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran adalah Pantai Bantol. Jika kalian berwisata ke Pantai ini kalian tidak hanya akan mendapatkan keindahan dan kebersihan Pantai Bantol. Tetapi kalian juga bisa menikmati 7 pantai secara sekaligus hanya dengan 1 kali bayar tiket masuk.

Daya Tarik Pantai Bantol

Pantai Bantol Malang, HTM, Fasilitas, Lokasi Dan Rute

Pantai Bantol Malang adalah salah satu Pantai di Malang yang termasuk tersembunyi, Walaupun sudah banyak dikenal, tetapi itulah yang keunggulan yang dimiliki Pantai Bantol Malang. Jika datang ke Pantai Bantol Malang kalian akan merasa sedang berlibur di pantai pribadi, karena pengunjung yang datang masih sedikit. Area pantai yang luas juga bisa membuat kalian bermain lebih bebas.

Bukan itu saja keunggulan yang dimiliki Pantai Bantol Malang, masih ada hutan mangrove yang menjadi benteng untuk meredam ombak. Ditambah adanya danau air payau yang cocok untuk kalian datangi. Sebelum kalian masuk ke kawasan pantai, kalian akan disambut hutan jati yang luas, kalian bisa coba menjelajahinya untuk menemukan gua gua kapur yang terlihat artistik.

Selain sebagai tempat untuk berlibur, kawasan Pantai Bantol Malang juga sering didatangi wisatawan untuk wisata religi. Jadi pada bulan bulan tertentu akan banyak pengunjung yang melakukan ziarah ke pesanggrahan yang tempatnya dekat dengan pantai. Di pesanggrahan tepatnya di sebuah bukit kapur yang menjorok ke laut, kalian akan menemukan pemandangan yang indah.

Recemendasi : 

Aktivitas Menarik Yang Bisa Dilakukan di Pantai Bantol

Aktivitas menarik apa saja yang bisa kalian lakukan di Pantai Bantol Malang, berikut informasinya:

1. Menjelajahi Area Pantai

Ketika kalian sampai di kawasan Pantai Bantol Malang, kalian akan langsung disambut dengan pemandangan indah dari laut selatan yang ombaknya datang bergantian ke bibir pantai. Di sepanjang pantai ada banyak pohon yang bisa kalian pakai untuk bersantai. Menjelajah pantai sambil merasakan deburan ombak di kaki akan membuat kalian rileks.

2. Hutan Bakau & Danau Air Payau

Menjelajah Pantai Bantol Malang akan semakin lengkap jika kalian mengunjungi hutan bakau yang lokasinya tidak jauh dari kawasan pantai. Adanya hutan bakau juga menjadi daya tarik Pantai Bantol Malang, ini karena tidak semua pantai di Malang selatan memiliki hutan bakau. Selain itu fungsi juga untuk melindungi kawasan Pantai dari ancaman abrasi karena deburan ombak yang besar.

3. Melihat Gua Kapur Dan Hutan Jati

Bukan hanya memiliki hutan bakau yang ada di pesisir pantai, tetapi juga ada hutan jati yang bisa kalian temukan sebelum masuk ke kawasan Pantai Bantol. Di hutan Jati yang luas ini juga ada beberapa gua gua kapur yang sangat indah. Perlu kalian ketahui sebagian besar perbukitan yang ada di Malang Selatan berupa karst, dan bahkan Malang Selatan terkenal dengan kandungan karst terbaik di Jawa.

4. Mengunjungi Pesanggrahan Gunung Kembar

Selain dikunjungi untuk menikmati keindahannya, Pantai Bantol Malang juga kadang dikunjungi untuk wisata religi. Pada bulan bulan tertentu, akan banyak peziarah yang datang untuk mengunjungi sebuah pesanggrahan yang berada kurang lebih 200 meter dari Pantai Bantol. Jika mengunjungi pesanggrahan ini, kalian bisa melihat pemandangan indah dan landscape pantai secara keseluruhan.

5. Memancing Dan Menangkap Lobster

Pantai Bantol Malang juga menjadi tempat para nelayan mencari nafkah. Ketika datang ke patani ini mungkin kalian akan melihat beberapa perahu yang sedang bersandar. Nah untuk kalian yang suka memancing kalian bisa menyewa perahu nelayan dan minta untuk diantarkan ke perairan yang banyak ikannya.

Dan hasil laut yang terkenal di Pantai Bantol Malang adalah lobster, bukan hanya satu jenis lobster saja tetapi ada 3 jenis lobster yang ada di perairan Pantai Bantol Malang. Contohnya seperti lobster kembang, lobster warna, dan lobster macan. Jika membelinya dari nelayan kalian bisa membelinya dengan lebih murah antara 80 sampai 100 ribu per kilonya.

6. Berkemah Atau Camping

Sama seperti Pantai Ngantep Malang wisatawan juga bisa melakukan aktivitas menarik yang bisa dicoba adalah camping atau bermalam di pantai. Menikmati udara pantai sambil mendengar suara ombak, ditambah dengan menyalakan api unggun dan memanggang hasil laut tentu akan membuat malam menjadi sangat berkesan.

7. Mengeksplor 8 Pantai Secara Bersamaan

Berwisata ke Pantai Bantol kalian akan sangat diuntungkan, karena disini kalian bisa mengunjungi 8 pantai. Jadi ada 8 pantai yang bisa kalian kunjungi secara sekaligus hanya dengan membayar satu tiket masuk saja.

Perlu kalian ketahui Pantai Bantol adalah pantai pertama di deretan pantai Sumber Celeng. 7 pantai lainnya adalah pantai pulodoro, pantai wedi ciut, pantai seling ombo, panti sanggrahan, pantai kedung celeng, pantai seling kates dan pantai weden ombo.

Harga Tiket Masuk & Jam Buka

Untuk harga tiket masuk Pantai Bantol Malang bisa dibilang sangat terjangkau, dan sama saja baik untuk pengunjung dewasa atau anak anak. Dengan harga yang murah itu kalian juga mendapatkan bonus berkunjung ke 7 pantai lainnya secara gratis.

Jam buka Pantai Bantol ini tidak ada batasnya alias buka setiap hari 24 jam. Tetapi usahakan untuk datang di pagi hari atau siang dan pulang sebelum malam. Ini karena jalan untuk ke pantai ini belum ada penerangannya.

KeteranganHarga
Harga tiket masukRp. 10.000,- / orang
Parkir motor / mobilRp. 5.000,- / Rp. 10.000,-

Fasilitas

Fasilitas yang ada di Pantai Bantol Malang bisa dibilang cukup lengkap, walaupun lokasinya terpencil tetapi ketika berwisata ke sini. Kalian bisa menemukan toilet, mushola, warung makan, area parkir dan penjual es kelapa. Hanya saja belum ada penginapan, sebagai gantinya kalian bisa mendirikan tenda di sekitar pantai, atau bisa meminta izin warga sekitar yang rumah atau kamarnya bisa disewa.

Lokasi & Rute

Pantai Bantol Malang berada di Dusun Sumber Celeng, Desa Banjarejo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Lokasinya cukup jauh dari pusat kota Malang, jaraknya sekitar 60 kilometer dan bisa ditempuh selama 1 jam 40 menit memakai kendaraan. Ditambah belum ada angkutan umum yang bisa mengantar langsung Pantai Bantol. Jadi kalian harus membawa kendaraan pribadi atau Sewa Motor di Malang.

Rute untuk ke Pantai Bantol, jika dari Kota Malang kalian bisa mengikuti rute ke Pantai Ngliyep. Yaitu ke selatan melewati Kepanjen, kemudian menuju Pagak – Desa Sumbermanjing Kulon. Sesampainya di perempatan Sumbermanjing Kulon, kalian ambil arah ke selatan menuju desa Banjarejo. Kemudian lanjut ke Dusun Sumber Celeng.

Dari desa Banjarejo kalian lanjut ke kawasan pantai, kondisi jalannya akan berupa makadam dan beberapa masih tanah. Jika kalian datang ketika musim hujan jalanan akan becek berlumpur dan juga licin. Jadi kalian harus berhati hati dan memastikan kendaraan dalam keadaan yang prima. Nantinya kalian juga akan melewati hutan jati sebelum kalian sampai di Pantai Bantol.

Kondisi jalan ke Pantai di Malang ini bisa dikatakan cukup mudah jika dibandingkan dengan beberapa pantai di Malang yang lokasinya benar benar sembunyi dan bahkan tidak bisa diakses memakai kendaraan. Untuk jalan ke Pantai Bantol masih bisa dilewati oleh kendaraan roda 4, walaupun muat 1 jalur saja.

Kata Penutup

Itulah informasi tentang pantai indah di Malang yang bisa kalian jadikan referensi ketika liburan ke kota Malang. Sekian semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like