Wisata Pantai Sipelot, Indah Pantai Yang Memiliki Air Terjun – Malang memang memiliki wisata alam yang beragam dan terkenal, salah satunya adalah wisata pantai. Jika ingin mengunjungi pantai di Malang yang belum terlalu ramai, maka pantai Sipelot bisa kalian jadikan sebagai pilihan. Berada di kecamatan Tirtoyudo, kawasan Pantai Sipelot juga dipenuhi tumbuhan hijau yang bisa menyejukan hawa pantai yang biasanya panas.

Pantai Sipelot juga bisa membuat siapa saja betah dan membuat siapa saja tidak ingin pergi dari pantai ini. Memiliki kombinasi yang indah berupa pemandangan bukit hijau, birunya laut dan pasir yang terbentang luas. Seperti pantai di Malang pada umumnya Pantai Sipelot juga memiliki bantuan karang berukuran besar yang menambah keeksotisan Pantai Sipelot.

Baca Juga : Pantai Pulodoro, Pantai Malang Selatan Yang Indah Dan Eksotis

Sekilas Tentang Pantai Sipelot

Wisata Pantai Sipelot, Indah Pantai Yang Memiliki Air Terjun

Pantai Sipelot termasuk juga salah satu pantai di Malang yang cukup terkenal seperti Pantai Balekambang dan Teluk Asmara. Pantai ini juga memiliki banyak keunikan yang tidak dimiliki pantai lain yang ada di Malang seperti adanya air terjun di salah satu sisi pantai.

Air terjun yang ada di Pantai Sipelot bernama Coban Sipelot, dengan ketinggian kurang lebih 10 meter dan menjadi muara di pantai ini. Bukan itu saja Pantai Sipelot juga memiliki garis pantai yang cukup panjang yaitu sekitar 2 km dengan bentuk melingkar.

Tempat Wisata Alam di Malang ini juga dikelilingi tebing dengan pepohonan hijau yang dulu menjadi kawasan hutan lindung di Malang. Pantai ini juga memiliki ombak yang cukup tenang tidak seperti pantai pesisir selatan lainnya.

Pantai yang landai dan pasir yang luas tentu bisa menjadi tempat yang pas untuk melakukan banyak aktivitas. Kalian juga bisa nyantai dengan tenang di Pantai ini karena suasananya yang asri.

Rekomendasi : 

Daya Tarik Dan Keindahan Pantai Sipelot

Nama Pantai ini berasal dari bahasa Belanda yaitu Apelot yang berarti Persinggahan, mungkin nama itu diberikan karena dulu pantai ini menjadi persinggahan bagi orang orang Belanda ketika berlibur ke Pantai. Tidak heran pantai ini dijadikan sebagai tempat berlibur, karena pantai ini memiliki pemandangan yang indah dan bisa memikat siapa saja yang melihatnya.

Seperti yang sudah disebut di atas pantai ini memiliki garis pantai yang panjang, hal ini membuat pengunjung bisa lebih bebas ketika ingin mengesplore setiap tempat di Pantai Sipelot. Berperahu juga bisa menjadi hal menarik yang bisa dilakukan ketika disini, cobalah untuk mengarungi perairan pantai dengan perahu yang yang disewa ke nelayan sekitar.

Masih Sangat Asri & Alami

Pantai Sipelot memang terkenal dengan keasriannya, di sepanjang Pantai banyak pepohonan hijau, yang bisa menambah kesejukan pantai ini. Dengan hamparan pasir coklat yang membentang luas, dan deretan perbukitan di bagian belakang pantai akan menambah kesan tersembunyi. Dengan ombak yang cukup tenang juga menjadi daya tarik yang harus kalian pertimbangkan.

Memiliki Air Terjun Sipelot

Di Pantai ini juga ada satu tempat menarik yang bisa kalian jelajahi, adalah Air terjun. Air terjun dan pantai berada di satu tempat yang sama memang menjadi hal yang jarang ditemukan. Air terjun ini juga memiliki nama yang sama yaitu Air Terjun Sipelot. Lokasinya juga cukup tersembunyi, karena berada di perbukitan sisi barat pantai.

Aktivitas Seru di Pantai Sipelot

Terdapat banyak cara untuk menikmati keindahan pantai yang membuatnya menarik. Berikut beberapa aktivitas yang bisa kalian lakukan ketika datang ke Pantai Sipelot.

Menikmati Pemandangan

Indahnya pemandangan Pantai Sipelot juga menjadi salah satu daya tarik ketika mengunjungi pantai ini. Hamparan pasir yang luas dan air laut yang tenang berwarna biru menjadi pemandangan yang akan menyambut kalian.

Dikelilingi oleh tebing karang yang ditumbuhi pepohonan hijau membuat indah pemandangan Pantai Sipelot. Tidak jauh dari pantai terdapat muara yang bisa memberikan nuansa berbeda dari pantai lain di Malang.

Tebing karang yang melengkung jika dilihat dari kejauhan terlihat seperti gerbang masuk air laut. Terlihat juga lalu lalang kapal nelayan di sekitar pantai yang menjadi penghiasan Pantai Sipelot.

Di sini kalian juga bisa menikmati indahnya sunset dan sunrise. Keindahan pemandangan yang ditawarkan pantai ini tidak pernah terlewat dari tangkapan kamera para pengunjung yang datang.

Bersantai di Pantai

Suasananya yang masih asri membuat Pantai Sipelot sangat pas untuk dijadikan tempat bersantai. Kalian bisa duduk duduk menikmati pemandangan di pinggir pantai untuk menghilangkan lelah setelah beraktivitas.

Dengan ditemani suara ombak dan tiupan angin, akan membuat pikiran kalian menjadi rileks dan tenang seolah semua beban lepas. Pasir lembut menjadi alas duduk yang nyaman untuk kalian menghasilkan waktu di Pantai Sipelot.

Piknik bersama keluarga juga menjadi hal menarik yang bisa kalian lakukan. Di sini kalian juga bisa menikmati kuliner lezat khas Malang yang dijual warung warung sekitar pantai.

Menjelajah Pantai

Memiliki area yang luas membuat Pantai Sipelot cocok untuk dieksplor semua sudutnya. Pantai ini memiliki banyak spot menarik yang bisa kalian temukan salah satunya adalah muara sungai di sebelah timur.

Muara ini juga memiliki sebuah pulau pasir kecil yang memiliki pemandangan indah dari tebing karang dan laut sekitarnya. Selain muara kalian juga bisa menemukan Watu Gedek yang unik di salah satu sisi pantai.

Batu karang ini juga memiliki bentuk seperti dinding anyaman bambu atau gedek yang penuh dengan tanaman hijau. Di Sebelah barat pantai, kalain bisa menemukan air terjun yang menjadi daya tarik dari Pantai Sipelot.

Berkemah

Camping menjadi salah satu aktivitas yang boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Pantai ini. Kawasan bibir pantainya yang luas memungkinkan kalian untuk mendirikan tenda tanpa harus takut mengganggu wisatawan lain.

Selain sunsetnya, suasana malam pantai ini juga indah bertabur bintang dan cahaya bulan menjadi pemandangan yang kalian dapatkan jika bermalam disini. Pada pagi harinya sunrise seolah menyambut kalian beraktivitas. 

Sayangnya jika ingin camping disini kalian harus mempersiapkan peralatan dan perlengkapan dari rumah karena belum adanya tempat penyewaan alat camping di sekitar pantai.

Memancing

Pantai ini ternyata  juga cocok untuk kalian yang memiliki hobi memancing. Terdapat banyak spot memancing yang bisa kalian pilih untuk mendapatkan banyak ikan salah satu spotnya adalah tumpukan batu karang.

Kalian bisa meminta nelayan untuk mengantarkan kalian ke spot memancing terbaik yang ada. Ikan ikan yang kalian dapatkan juga bisa dibawa pulang atau langsung menjadi santapan di tempat.

Tiket Masuk & Jam Buka

Untuk menikmati indahnya pemandangan Pantai Sipelot, kalian tidak perlu mengeluarkan mengeluarkan banyak uang, untuk lebih jelasnya kalian bisa melihat tabel berikut ini.

RetribusiTarif
Tiket Masuk WisatawanRp10.000,00
Sewa PerahuRp25.000,00 – Rp50.000,00
Parkir MotorRp5.000,00
Parkir MobilRp10.000,00

Dan juga terbuka 24 jam setiap hari, jadi kalian bisa datang kapan saja kalian mau.

Fasilitas

Walaupun belum terlalu populer dan belum banyak dikunjungi wisatawan, tetapi Pantai ini memiliki fasilitas yang cukup memadai, seperti mushola, warung makan, toilet, tempat parkir, dan beberapa spot foto. Sehingga cocok untuk dijadikan tempat wisata keluarga.

Lokasi Dan Rute

Pantai ini berada di Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang Jawa Timur. Untuk ke Pantai Sipelot kalian harus melewati rute yang cukup panjang, karena pantai ini berada di timur Malang bahkan hampir sampai di perbatasan Kabupaten Lumajang. Memiliki jarak kurang lebih 75 meter jika dari pusat kota Malang dengan waktu kurang lebih 2,5 jam perjalanan memakai kendaraan bermotor. Rute untuk ke Pantai Sipelot juga bisa dikatakan mudah karena jalannya sudah beraspal halus.

Untuk mendapatkan rute terbaik kalian bisa memanfaatkan Google Maps yang bisa memberikan rute dari titik kalian berada. Membutuhkan kendaraan kalian bisa memakai Jasa Sewa Motor Malang. Atau juga bisa memakai Jasa Rental Mobil Malang Lengkap Dengan Driver yang bisa mengantar kalian langsung ke lokasi.

Baca Juga : Coban Banyu Anjlok, Air Terjun Unik Di Malang

Kata Penutup

Itulah informasi tentang tempat wisata pantai di Malang yaitu Pantai Sipelot. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi ketika ingin berlibur ke Malang. Sekian dan terima kasih.

MalangPantai

Share this:

Facebook Twitter Email Telegram LinkedIn Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like