Coban Pelangi, HTM, Hal Menarik, Lokasi Dan Rute – Ketika mengunjungi Gunung Bromo lewat Pasar Tumpang Malang, kalian pasti akan melewati plang yang bertuliskan Coban Pelangi. Dari pinggir jalan kalian juga sudah bisa parkiran dari tempat wisata ini yang selalu penuh kendaraan.

Keindahan pemandangan air terjun di atas ketinggian gunung menjadi salah satu daya tarik dari Coban Pelangi yang sayang untuk dilewatkan. Segarnya air yang terciprat dari air terjun dan sejuknya udara pegunungan menjadikan Coban Pelangi tempat yang tepat untuk menghilangkan lelah. Air terjun ini juga dekat dengan Coban Trisula yang lokasinya tidak jauh dari tempat ini.

Nah untuk kalian yang penasaran dengan tempat wisata ini, silahkan simak informasi berikut untuk mengetahui lebih banyak tentang hal menarik yang kalian temukan di tempat wisata alam ini.

Rekomendasi:

Sedikit Tentang Coban Pelangi

Coban Pelangi, HTM, Hal Menarik, Lokasi Dan Rute

Coban Pelangi adalah salah satu air terjun di Malang yang lokasinya dekat dengan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) di ketinggian sekitar 1400 mdpl. Udara disini sangat sejuk berada disekitar 18 23 derajat celcius tentu ini sangat dingin.

Memiliki debit air yang cukup deras dan ketinggian yang cukup tinggi kurang lebih 110 meter. Dari kejauhan kalian juga bisa melihat air terjun ini yang terlihat sangat tinggi.

Diberi nama Coban Pelangi karena ketika air terjun ini terkena cahaya matahari akan terlihat pelangi yang bisa kalian lihat secara langsung. Embun embun dari air terjun yang berterbangan akan membiaskan cahaya matahari yang akan memunculkan fenomena indah ini.

Sayangnya wisatawan tidak diperbolehkan untuk berenang langsung di bawah air terjun karena debit airnya yang terlalu deras. Wisatawan hanya bisa bermain air di jarak 50 meter dari air terjun.

Karena itu pihak pengelola menyediakan alternatif lain berupa wahana permainan yang menghibur. Mengunjungi tempat ini setelah berkeliling Bromo bisa menjadi pilihan yang bagus untuk menghabiskan waktu liburan.

Aktivitas Menarik Yang Bisa Kalian Di Coban Pelangi

Coban Pelangi, HTM, Hal Menarik, Lokasi Dan Rute

Mengunjungi salah satu air terjun di Malang kalian tidak hanya bisa menikmati pemandangannya saja, kalian juga bisa melakukan aktivitas menarik di sini. Dan berikut beberapa aktivitas yang bisa kalian lakukan ketika mengunjungi tempat wisata satu ini.

Trekking Santai Sambil Menikmati Pemandangan Sekitar

Untuk ke lokasi air terjun kalian harus berjalan kaki sekitar 1 km dari pintu masuk melewati jalan setapak. Walaupun cukup jauh, sepanjang jalan kalian akan disuguhi pemandangan alam sekitar yang masih asri dan akan membuat perjalanan kalian ke lokasi air terjun tidak melelahkan.

Perjalanan menuju lokasi air terjun kalian juga akan melewati beberapa spot menarik dengan pemandangan yang tidak kalah menarik, salah satunya adalah jembatan bambu. Jembatan ini sudah menjadi ikon dari Coban Pelangi dan menjadi spot favorit wisatawan untuk berfoto.

Di sepanjang jalan kalian juga bisa menemukan beberapa fasilitas seperti gazebo yang bisa menjadi tempat untuk beristirahat. Bahkan fasilitas seperti warung, toilet, dan mushola bisa kalian temukan ketika trekking.

Ketika beristirahat kalian bisa melihat pemandangan hutan sekitar Coban Pelangi yang masih asri. Trekking dan berjalan kaki menuju lokasi air terjun Coban Pelangi bisa menjadi salah satu pengalaman berkesan yang akan kalian dapatkan.

Mengunjungi Coban Pelangi kalian juga bisa merasakan sensasi berkeliling sambil menunggangi kuda. Kuda kuda ini memang sengaja dipersiapkan untuk para wisatawan yang lelah berjalan kaki dan ingin bersantai menikmati pemandangan.

Ada dua tempat yang bisa kalian pilih jika ingin menaiki kuda, tempat pertama di dekat pintu masuk dan satunya lagi di dekat camping ground. Ketika menyewa kuda kalian bisa berkeliling sambil menunggangi kuda selama 30 menit di lintasan yang sudah ada.

Kuda yang kalian naiki juga sudah jinak jadi kalian tidak perlu takut kuda yang kalian naiki akan lepas kendali. Selain itu kalian akan ditemani pawang selama berkeliling jadi sudah pasti aman. Selain berkuda kalian bisa mencoba wahana permainan lain seperti flying fox.

Rafting Dan Tubing

Larangan wisatawan bermain air di dekat air terjun, bukan berarti kalian tidak bisa seru seruan bermain air. Pihak pengelola Coban Pelangi sudah menyediakan permainan air seru yang bisa kalian coba seperti rafting dan tubing.

Dalam permainan ini kalian akan diajak untuk menyusuri sungai Kali Amprong yang cukup deras dan memiliki banyak jeram. Adrenalin akan akan terpacu ketika melewati jeram jeram baik kecil atau besar.

Durasi Rafting dan Tubing itu berbeda, ini karena aliran sungai yang dilalui berbeda. Untuk rafting waktu yang dibutuhkan sekitar 30 menit sedangkan untuk tubing bisa lebih cepat.

Keamanan wahana ini juga sudah terjamin dengan baik. Setiap wisatawan yang ingin bermain akan diberikan peralatan keamanan lengkap mulai dari helm dan pelampung selama aktivitas berlangsung.

Camping Bersama Teman

Pengelola Coban Pelangi juga menyediakan camping ground yang cukup luas yang bisa menampung 10 tenda lebih. Lokasi camping ground tidak jauh dengan kawasan jembatan bambu dan dekat dengan sumber air.

Di Coban Pelangi kalian bisa merasakan sensasi berkemah di tengah hutan di kaki gunung Semeru yang udaranya dingin. Camping disini sangat cocok kalian lakukan bersama teman atau rombongan untuk aktivitas outbound.

Dan untungnya lagi untuk kalian yang ingin camping tidak perlu repot membawa peralatan camping sendiri, karena sudah ada tempat penyewaan peralatan camping. Peralatan campingnya juga lengkap mulai dari jaket, sleeping bag, tenda dan matras.

Dengan banyaknya aktivitas yang bisa kalian lakukan di Coban Pelangi, liburan kalian akan terasa lebih menyenangkan.

Harga Tiket Masuk Coban Pelangi

Coban Pelangi, HTM, Hal Menarik, Lokasi Dan Rute

Untuk menikmati kawasan Coban Pelangi, kalian tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Hanya dengan beberapa ribu kalian sudah bisa menikmati keindahan alam sekitar Coban Pelangi, lebih jelasnya kalian bisa melihat tabel berikut ini :

KategoriTarif
Tiket Masuk WisatawanRp10.000,00
River TubingRp5.000,00
RaftingRp35.000,00 per tim
BerkudaRp25.000,00 per 30 menit
Parkir MotorRp5.000,00
Parkir MobilRp10.000,00

Jam Buka Coban Pelangi

Tempat wisata ini buka setiap hari mulai dari jam 08.00 WIB sampai 17.00 WIB. Nah untuk waktu terbaik mengunjungi Coban Pelangi adalah sekitar jam 09.00 WIB sampai 14.00 WIB. Ini karena pada waktu tersebut peluang melihat pelangi secara langsung lebih besar. Usahakan juga untuk datang di musim kemarau supaya kalian terhindar dari hujan ketika mengunjungi Coban Pelangi.

Lokasi Dan Rute Ke Coban Pelangi

Lokasi Coban Pelangi ada di Dusun Ngadas, Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Jaraknya sekitar 13 km dari pasar tumpang dan hanya membutuhkan waktu kurang lebih 25 menit untuk sampai ke lokasi.

Rutenya bisa kalian dapatkan dengan memakai aplikasi peta digital Google Maps. Atau bisa juga dengan memanfaatkan Jasa Rental Mobil Malang lengkap dengan driver yang bisa mengantar kalian ke lokasi yang dituju.

Baca Juga : Coban Cinde, HTM, Rute Dan Lokasi

Kata Penutup

Itulah informasi tentang wisata alam di Malang yaitu Coban Pelangi. Semoga bisa menjadi referensi untuk kalian yang berencana untuk berwisata ke Malang. Sekian dan terima kasih.

MalangTempat Wisata

Share this:

Facebook Twitter Email Telegram LinkedIn Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like