Air Terjun Coban Rondo, HTM, Jam Buka, Lokasi Dan Rute – Air Terjun Coban Rondo adalah salah satu air terjun di Malang, Air terjun ini juga sudah cukup terkenal jika dibandingkan dengan air terjun di Malang lainnya. Kawasan Air Terjun Coban Rondo memiliki hawa yang sejuk dan asri karena banyak ditumbuhi pepohonan hijau yang memberikan kesan natural pada tempat wisata ini. Jadi sangat cocok jika dijadikan Tempat Wisata Romantis di Malang.

Air Terjun Coban Rondo pertama kali diresmikan pada tahun 1980 dan memiliki ketinggian sekitar 84 meter. Sumber airnya berasal dari mata air Cemoro Mudo yang mengalir dari Gunung Kawi, debit mencapai 90 sampai 150 liter per detiknya.

Baca Juga : Wisata Alam Di Malang Yang Indah Dan Cocok Kalian Kunjungi

Sekilas Tentang Air Terjun Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo, HTM, Jam Buka, Lokasi Dan Rute

Air Terjun Coban Rondo jika diartikan ke dalam bahasa indonesia “Coban” adalah air terjun dan “Rondo” adalah janda. Karena lokasinya bisa dijangkau kendaraan besar dan akses jalannya yang sudah sangat bagus membuat air terjun ini cukup populer dan banyak dikunjungi wisatawan. Fasilitas penunjang disini juga ada banyak jadi wisatawan akan mudah jika ingin buang air.

Penamaan Coban Rondo berasal dari cerita rakyat tentang Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusumo. Menurut cerita, setelah beberapa hari menikah Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusumo berencana untuk pergi ke Gunung Anjasmoro.

Tetapi rencana itu dilarang karena menurut adat jawa, jika umur pernikahan belum genap selapan, pengantin dilarang untuk bepergian. Tetapi Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusumo nekat tetap berangkat.

Di tengah perjalanan rombongan mereka ternyata dicegat oleh Joko Lelono yang ingin merebut Dewi Anjarwati. Akhirnya terjadi pertarungan antara Joko Lelono dan Raden Baron Kusumo.

Supaya aman Dewi Anjarwati bersembunyi di balik air terjun sampai dijemput oleh Raden Baron Kusumo. Tetapi ternyata Raden Baron Kusumo dan Joko Lelono tewas karena pertarungan, dan membuat Dewi Anjarwati menjadi janda.

Air terjun tempat Dewi Anjarwati bersembunyi inilah yang nantinya menjadi Air Terjun Coban Rondo.

Rekomendasi:

Mitos Air Terjun Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo memiliki banyak mitos dan misteri yang beredar di masyarakat. Salah satunya penampakan sosok perempuan di atas batu besar di dekat Air Terjun.

Masyarakat sekitar mempercayai sosok tersebut adalah Dewi Anjarwati yang belum merelakan dirinya sebagai janda. Banyak juga pengunjung yang penasaran dan ingin membuktikan keberadaan sosok tersebut.

Mitos lain yang ada di Air Terjun Coban Rondo adalah jika ada sepasang kekasih yang masih pacaran datang ke Coban Rondo, hubungan mereka tidak akan langgeng. Alasannya karena Dewi Anjarwati cemburu dan menginginkan pasangan kekasih itu memiliki nasib yang sama.

Hal Menarik Air Terjun Coban Rondo

Mengunjungi tempat wisata alam tentu menjadi aktivitas yang bisa membuat pikiran kalian menjadi fresh. Dengan airnya yang dingin, hawa sejuk nya, dan pemandangan sekitar yang masih asri menjadikan Air Terjun Coban Rondo sebagai tempat yang sempurna untuk relaksasi pikiran setelah melakukan aktivitas sehari hari.

Karena berada di dataran tinggi, hawa di Air Terjun ini sangat sejuk dan segar, ditambah kawasan sekitar air terjun masih sangat terjaga dan terawat. Dari pintu masuk ke lokasi air terjun, kalian akan melihat hijaunya hutan pinus di kanan kirinya.

Di sekitar air terjun juga banyak pepohonan rindang yang menambah kesan alam yang asri. Di bawah air terjun terdapat kolam yang menampung air dan mengalirkan air tersebut ke sungai, kalian bisa merasakan segarnya air dari Air Terjun Coban Rondo dengan membasuh wajah atau merendam kaki.

Sebagai tempat wisata, pihak pengelola Air Terjun Coban Rondo juga menyediakan banyak bangku taman yang bisa dipakai untuk beristirahat. Selain itu di Air Terjun juga terdapat beberapa spot menarik yang bisa kalian jadikan background foto.

Satu lagi yang menjadikan Air Terjun Coban Rondo lebih terkenal, akses jalannya yang mudah. Jika biasanya wisata air terjun memiliki akses yang sulit dan dibutuhkan perjuangan ekstra. Di Air Terjun Coban Rondo akses menuju lokasi air terjunnya sangat baik, jalannya sudah di paving sehingga mudah untuk dilalui.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket untuk masuk ke Air Terjun Coban Rondo bisa dibilang cukup murah dan sepadan dengan pemandangan yang kalian dapatkan.

KeteranganHarga Tiket
Tiket masuk domestikRp. 15.000,- (Weekday), Rp. 18.000,- (Weekday)
Tiket Masuk MancanegaraRp. 30.000,- (Weekday), Rp. 35.000,- (Weekday)
Parkir MotorRp. 3.000,-
Parkir MobilRp. 5.000,-

Note : Beberapa wahana lain dikenakan biaya tambahan diluar harga yang disebutkan diatas.

Jam Buka

Air Terjun Coban Rondo dibuka mulai dari pagi sampai sore, jadi kalian bisa puas bersenang senang sambil menikmati keindahan air terjun dan berbagai wahana di dalamnya.

Beragam Fasilitas Yang Tersedia

Sebuah tempat wisata memang harus memiliki fasilitas yang memadai untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung ketika berwisata. Hal ini juga sangat diperhatikan oleh pengelola wisata Coban Rondo.

Pihak mengelola Coban Rondo sudah menyediakan berbagai fasilitas untuk para pengunjung, dan mungkin masih ada yang kurang, tetapi jika diukur sebagai sebuah tempat wisata, dasiliasnya sudah sangat memadai.

Berikut beberapa fasilitas yang ada di Air Terjun Coban Rondo:

Wahana

Mengunjungi Air Terjun ini, kalian tidak hanya akan disuguhi pemandangan alam saja, tetapi juga berbagai permainan yang bisa kalian coba seperti: Flying Fox, Taman Labirin, Sepeda Gunung, Fun Tubing, Wisata Mini Safari, Tree Walk, Segway, Memberi makan rusa, Kereta Mini, Api Unggun, Camping, dan Outbound.

Lokasi

Air Terjun Coban Rondo berada di daerah Pujon, tepatnya di Jalan Coban Rondo, Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Malang. Berjarak kurang lebih 12 km dari kota batu dengan waktu tempuh 30 menit, sedangkan jika dari kota Malang jaraknya sekitar 20 km dengan waktu tempuh 1 jam.

Rute Ke Air Terjun Coban Rondo

Untuk ke Air Terjun Coban Rondo sangatlah mudah dijangkau, karena ada angkutan umum yang beroperasi menuju lokasi. Terdapat 2 jalan untuk ke Air Terjun Coban Rondo yaitu:

Jika kalian memulai perjalanan dari stasiun Malang atau Kota Malang, kalian bisa naik angkot dengan kode ADL, angkot ini bisa mengantar kalian ke Terminal Landungsari. Sesampainya di Terminal Landungsari, kalian bisa lanjut naik bus jurusan Malang – Kediri (lewat Pujon).

Setelah sampai di Pujon, silahkan turun di pertigaan Patung Sapi ( Kalian bisa bilang ke kenet untuk turun di patung sapi pujon). Dari patung sapi, perjalanan masih berlanjut, kalian bisa naik ojek untuk ke lokasi Air Terjun Coban Rondo.

Jika kalian memakai kendaraan pribadi, maka dari Kota Batu kalian bisa langsung menuju Pujon dengan mengikuti petunjuk jalan yang ada di setiap ruas jalan di Batu. Ketika sampai di puncak perbukitan kalian akan melihat papan petunjuk arah menuju ke wisata Air Terjun Coban Rondo.

Bagi kalian yang membutuhkan kendaraan, kalian bisa memanfaatkan Jasa Rental Mobil Malang lengkap dengan driver. Untuk kalian yang tidak ingin repot untuk ke Air Terjun Coban Rondo.

Baca Juga : Coban Banyu Anjlok, Air Terjun Unik Di Malang

Kata Penutup

Itulah beberapa informasi tentang tempat wisata Air Terjun Coban Rondo, semoga bisa bermanfaat dan bisa menjadi referensi ketika ingin berwisata ke Malang. Sekian dan terima kasih.

BatuMalangTempat Wisata

Share this:

Facebook Twitter Email Telegram LinkedIn Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like