Pantai Tiga Warna, Pantai Primadona Yang Indah – Pantai Tiga Warna adalah salah satu pantai di Malang yang menjadi andalan dan layak untuk dikunjungi. Ini karena pantai ini memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri yang membuatnya beda jika dibandingkan dengan pantai lainnya.

Pantai Tiga Warna juga menjadi tempat konservasi yang dilindungi keasriannya, jadi tempat ini memiliki beberapa peraturan yang harus dipatuhi setiap wisatawan yang datang berkunjung. Peraturan ini dibuat untuk menjaga kelestarian alam di pantai ini dan ini membuat suasana pantai menjadi tenang.

Rekomendasi :

Keunikan Pantai Tiga warna

Pantai Tiga Warna, Pantai Primadona Yang Indah

Seperti yang sudah disebutkan diatas, pantai ini memiliki keunikan yang membuatnya beda jika dibandingkan dengan pantai lain. Keunikan apa yang ada di pantai ini? silahkan simak penjelasan berikut untuk mengetahui keunikan Pantai Tiga Warna.

Baca Juga : Pantai Wedi Putih Malang, Pantai Eksotis Yang Masih Perawan

Memiliki 3 Jenis Warna

Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki 3 jenis warna yang bisa kalian lihat. Warna pertama adalah warna putih yang berasal dari pasir pantai yang warnanya putih bersih. Warna kedua adalah hijau, warna ini bisa kalian lihat di lepas pantai yang tidak terlalu dalam. Warna ketiga adalah warna biru, warna ini berada di lepas pantai yang juga menjadi penanda area ini memiliki kedalaman yang cukup  dalam.

Baca Juga : Pantai Kondang Iwak, Pantai indah Di Malang Selatan

Pantai Yang Sangat Bersih

Pantai ini juga dikenal sebagai pantai yang memiliki pasir putih bersih di Malang, jika biasanya kita bisa melihat sampah di pantai, pada pantai ini hal itu tidak kalian temukan sebab kebersihannya sangat terjaga. Bahkan ada aturan tegas jika ditemukan wisatawan yang membuat sampai di area pantai, maka akan dikenakan denda yang cukup besar.

Airnya Yang Jernih & Tenang

Air di pantai ini juga sangat jenih, bahkan pantai ini juga terkenal sebagai tempat snorkeling yang nyaman, karena memiliki jarak pandang yang cukup jauh.

Ditambah pantai ini memiliki arus atau ombak yang cukup tenang, padalah letaknya ada di pesisir selatan jawa yang pada umumnya memiliki ombak yang besar. Ombak tenang yang dimiliki Pantai Tiga Warna karena pantai ini terhalang oleh pulau yang ada di depannya.

Menjadi Tempat Konservasi

Pantai ini juga menjadi tempat konservasi dan masuk ke dalam bagian dari Clungup Mangrove Conservation yang mengutamakan keseimbangn ekosistem. Karena masuk ke dalam kawasan konservasi, sudah pasti kalian harus memperhatikan ketika berwisata ke Pantai Tiga Warna. Aturan ini juga bertujuan untuk menjaga kelestarian ekosistem pantai ini, tanpa harus mengorbankan kunjungan wisatawan.

Peraturan Yang Ada Di Pantai Tiga Warna Untuk Para Pengunjung

Pantai Tiga Warna, Pantai Primadona Yang Indah

Karena masuk ke dalam bagian konservasi hutan mangrove membuat pantai memiliki beberapa aturan yang harus dipatuhi para wisatawan. Aturan ini juga bertujuan untuk melindungi kawasan konservasi . Berikut beberapa aturan yang ada di Pantai Tiga Warna:

Sistem Reservasi

Mungkin Pantai Tiga Warna menjadi satu satunya pantai di Malang atau bahkan di Jawa Timur yang menerapkan sistem reservasi supaya bisa mengunjunginya. Jadi untuk kalian yang ingin mengunjungi pantai ini, harap diperhatikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu.

Pemeriksaan Barang Bawaan & Sampah

Peraturan selanjutnya adalah pemeriksaan barang bawaan yang berpotensi menjadi sampah, contohnya adalah botol minuman, plastik, bungkus makanan dan lain lain. Jadi barang barang yang kalian bawa akan dihitung terlebih dahulu, setelah kalian selesai berwisata dan ingin pulang, maka barang bawaan kalian akan dihitung lagi, jika ada barang yang kurang dan tertinggal di area pantai yang otomatis akan menjadi sampah. Jika sampai ditemukan sampah dari barang bawaan kalian, maka kalian akan dikenakan denda sebesar Rp 100.000 per sampah.

Wajib Menggunakan Jasa Guide

Untuk menikmati indahnya pantai ini kalian juga harus memakai jasa guide yang sudah disediakan oleh pengelola pantai. Guide ini bertujuan untuk membantu dan menjelaskan semua hal tentang panai ini. 

Jasa guide ini bisa dipakai maksimal untuk 10 orang, jika kelompok kalian lebih dari 10, maka kalian akan dimasukkan ke dalam kelompok lain.

Pembatasan Kuota Pengunjung

Selain harus reservasi, pantai ini juga memiliki batasan kuota pengunjung harian, jumlah wisatawan yang bisa berkunjung sebanyak 200 per harinya. Jadi ketika melakukan reservasi kalian juga akan mendapatkan pemberitahuan, apakah kunjungan kalian masih tersisah kuotanya atau sudah full.

Pembatasan kuota pengunjung juga memiliki dampak positif kepada para wisatawan yang mengunjungi Pantai Tiga Warna. Karena suasana pantai ini menjadi tenang dan kalian juga bisa leluasa menikmati keindahan pantai. Bahkan kebanyakan pengunjung berpendapat, jika mengunjungi pantai ini serasa di pantai pribadi.

Jadi pastikan melakukan reservasi sebelum datang ke pantai ini

Lokasi

Pantai Tiga Warna ini lokasinya ada di area Clungup Mangrove Conservation (CMC) tepatnya ada di Sendang Biru, Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jaraknya kurang lebih 150 meter dari pusat kota Malang.

Harga Tiket Masuk

Biaya yang harus kalian keluarkan jika ingin berwisata ke Pantai Tiga Warna sebenarnya cukup murah, nah untuk rinciannya bisa kalian lihat di tabel dibawah ini.

RincianHarga
Tiket masukRp. 10.000,-
Sewa guideRp. 100.000,-
Sewa Lahan & Tenda (camping)Rp. 150.000,-
Sewa Peralatan SnorkelingRp. 15.000,-
Parkir MotorRp. 10.000,-
Parkir MobilRp. 15.000,-

Harga diatas bisa saja mengalami perubahan sesuai dengan kebijakan pengelola. Tetapi daftar di atas bisa kalian jadikan sebagai patokan ketika ingin ke pantai ini.

Baca Juga : Pantai Wedi Awu Malang, Spot Berselancar Yang Indah Di Malang

Jam Buka

Pantai Tiga Warna bisa kalian kunjungi mulai dari jam 07.00 sampai jam 14.00. 

Rute

Untuk ke Pantai Tiga Warna rute yang bisa kalian tempuh dari pusat kota Malang menuju daerah Bululawang, Turen, Sumbermanjing Wetan, nantinya akan sampai di area Sendang Biru. Sesampainya di Sendang Biru kalian bisa menemukan papan penunjuk jalan ke Clungup Mangrove Conservation, petunjuk itu akan mengantar kalian ke Pantai Tiga Warna.

Jika membutuhkan kendaraan kalian bisa memanfaatkan Jasa Rental Mobil Malang lengkap dengan driver.

Baca Juga : Pantai Pasir Panjang Malang, HTM, Lokasi Dan Rute

Tips Berkunjung ke Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna, Pantai Primadona Yang Indah

seperti yang sudah disebutkan diatas, karena pantai ini masuk ke dalam kawasan konservasi, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan, dan aturan ini bertujuan untuk melindungi kawasan konservasi dan tidak akan mengganggu aktivitas wisata kalian menikmati alam Pantai Tiga Warna.

Reservasi

Sebelum kalian berangkat ke pantai ini pastikan sudah melakukan reservasi pada pengelola balai konservasi CMC, kalian bisa melakukan reservasi lewat telepon atau WA di 081333777659 (Admin Bhakti Alam Sendang Biru).

Bawa Bekal Sendiri

Karena pantai ini jarang ditemui pedagang atau warung makan, maka lebih baik kalian mempersiapkan bekal sebelum berangkat, tetapi jangan sampai lupa untuk membawa pulang kembali barang atau bungkus makanan yang kalian bawa jika tidak ingin membayar denda.

Jangan Sekali Kali Membuang Sampah

Ini merupakan pantangan keras, karena kawasan konservasi ini sangat terjaga kebersihannya, maka siapa saja yang terbukti membuang sampah atau meninggalkan sampah akan dikenakan denda sebesar Rp 100.000 per item.

Baca Juga : Pantai Licin, Pantai Pasir Hitam Yang Menawan Dan Eksotis

Kata Penutup

Mungkin itu saja informasi yang bisa kami sampaikan tentang pantai di Malang yaitu Pantai Tiga Warna. Mungkin itu saja sekian dan terima kasih.

MalangTempat Wisata

Share this:

Facebook Twitter Email Telegram LinkedIn Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like