Pantai Kondang Iwak, Pantai indah Di Malang Selatan – Pantai Kondang Iwak memang belum terlalu dikenal wisatawan jika dibandingkan dengan pantai lain di Malang. Padalah Pantai Kondang Iwak memiliki pemandangan yang tidak kalah dengan pantai pantai populer di Malang seperti Pantai Gatra atau Pantai Tiga Warna.

Memiliki ciri khas berupa muara dan batu karang yang menjulang di tengah pantai. Walaupun masih sepi keindahan pantai ini sangat menakjubkan bak surga tersembunyi di Kota Malang.

Rekomendasi :

Sedikit Tentang Pantai Kondang Iwak

Pantai Kondang Iwak, Pantai indah Di Malang Selatan

Pantai Kondang Iwak menjadi pantai di Malang yang lokasinya di ujung Selatan Kabupaten Malang dan searah dengan Pantai Ngliyep. Menurut cerita dari warga sekitar pantai ini pertama kali ditemukan oleh Mbah Imam Suwodo pada sekitar tahun 1920 an.

Waktu itu beliau menemukan sebuah muara air tawar atau orang Jawa Timur dengan kondang yang banyak ikannya. Sejak kejadian itu pantai ini dinamakan Pantai Kondang Iwak atau pantai bermuara yang banyak ikan.

Dan sampai sekarang kondang atau muara ini menjadi daya tarik pantai ini. Luas kondang ini mencapai 800 meter dan lebar sekitar 40 meter, pengunjung yang datang ke Pantai Kondang Iwak sering memanfaatkan kondang ini untuk memancing dan berenang.

Memiliki pasir yang hitam membuat pantai ini terlihat eksotis dan berbeda dengan kebanyakan pantai di Malang selatan. 

Baca Juga : Pantai Batu Bengkung, Pantai Unik Di Pesisir Malang Selatan

Aktivitas Menarik Di Pantai Kondang Iwak

Pantai Kondang Iwak, Pantai indah Di Malang Selatan

Sebagai pantai yang bisa dikatakan masih perawan, pantai ini memiliki keindahan yang cocok untuk dieksplorasi. Banyak aktivitas seru yang bisa kalian lakukan, berikut beberapa diantaranya:

Bermain di Pasir

Pantai Kondang Iwak memiliki pasir pantai yang hitam dan terasa lembut ketika bersentuhan dengan kulit. Garis pantainya juga panjang dan luas, jadi nyaman jika dipakai untuk berbagai aktivitas. Kalian bebas bermain berkat pantainya yang cukup landai. Kalian juga bisa memanfaatkan anginnya untuk bermain layangan

Bersantai Sambil Menikmati Pemandangan Pantai

Suasananya yang sepi tentu sangat pas jika dijadikan tempat untuk menenangkan diri dan relaksasi. Suara hembusan angin dan deburan ombak menjadi suara relaksasi yang bisa menghilangkan stres sejenak .

Perpaduan luat, pasir, sungai, dan hutan, menjadi pemandangan indah yang dimiliki Pantai Kondang Iwak yang pastinya bisa memanjakan mata yang melihatnya. 

Beberapa gazebo atau gubuk tersedia di sekitar pantai yang bisa kalian pakai sebagai tempat berteduh. Wisatawan juga memanfaatkan pohon yang rindang sebagai tiang pengikat hammock.

Melihat Sunset

Indahnya Pantai Kondang Iwak semakin terlihat ketika hari mulai gelap. Langit sore yang berwarna jingga memperlihatkan pesona lain dari pantai ini. Cahaya jingga yang menghiasi laut lepas, membuat air laut dan muara sungai juga ikut berubah warna menjadi keemasan yang berkilauan.

Suasana romantis dari sunset Pantai Kondang Iwak tidak pernah dilewatkan oleh pengunjung yang sengaja datang di sore hari. Momen ini juga bisa kalian abadikan lewat jepretan kamera sebagai kenangan.

Camping Di Pinggir Pantai

Tidak puas dengan senjanya, camping di Pantai Kondang Iwak bisa menjadi solusi. Area pantai yang luas di bawah pohon rindang bisa menjadi tempat yang pas untuk kalian bermalam dan mendirikan tenda.

Ketika malam, langit yang berhiaskan bintang dan cahaya bulan sangat mempesona. 

Kalian bisa menikmati malam bersama teman atau menikmati hangatnya api unggun untuk menghilangkan dinginnya malam di pantai. Pengalaman camping di pinggir pantai yang masih sepi bisa menjadi pengalaman yang berkesan untuk kalian.

Melihat Sunrise

Sehabis menikmati malam di pinggir pantai, pagi harinya kalian akan disambut hangatnya mentari pagi. Pemandangan indah matahari terbit di ufuk timur Pantai Kondang Iwak juga menjadi pengalaman berkesan di pantai ini.

Matahari akan muncul dari balik bukit, langit gelap perlahan akan menjadi terang, hijaunya pepohonan sekitar pantai menjadi pemandangan yang menyegarkan.

Melihat matahari terbit di Pantai Kondang Iwak bisa menjadi penyempurna liburan dan camping kalian di pantai ini. 

Memancing

Untuk kalian yang punya hobi memancing, kalian juga bisa melakukan hobi kalian di muara Pantai Kondang Iwak. Seperti sejarah bagaimana pantai ini ditemukan, muara yang ada di pantai ini memiliki banyak ikan air tawar yang bisa kalian pancing dengan mudah.

Terdapat banyak spot memancing yang bisa kalian pilih untuk mancing ikan di sekitar area Pantai Kondang Iwak. Sensasi tarikan ikan ketika kail tersangkut ikan bisa menjadi pengalaman seru yang kalian dapatkan di pantai ini.

Ikan yang kalian dapat bisa dibawa pulang untuk dimasak. Tetapi kalian harus menjaga kelestarian alam dengan menangkap ikan tanpa memakai alat berbahaya seperti setrum, pukat, apalagi racun.

Berenang 

Ombak besar yang dimiliki Pantai Kondang Iwak tidak memungkungkan untuk berenang, tetapi kalian bisa berenang di muara. Air yang ada di muara cukup tenang dan pas jika untuk berenang atau bermain air.

Merasakan segarnya air payau dan air tawar bisa kalian lakukan ketika berenang di muara. Warna air muara juga cocok menjadi background untuk foto kalian.

Supaya aman bawalah pelampung sehingga kalian bisa santai mengambang di atas air. Berenang di muara yang ada di Pantai ini juga bisa menjadi pengalaman seru dan unik yang jarang kalian dapatkan di pantai lainnya di Malang.

Baca Juga : Pantai Banyu Anjlok, Pantai Di Malang Selatan Yang Memiliki Air Terjun

Fasilitas Pantai Kondang Iwak

Fasilitas yang tersedia di sekitar Pantai ini bisa dikatakan belum cukup memadai. Akses jalan untuk ke pantai juga cukup sulit karena belum beraspal.

Untuk kalian yang ingin ke toilet atau ingin mencicipi makanan khas Malang, kalian harus berjalan lumayan jauh dari pantai. Jadi diharuskan untuk menyiapkan perbekalan yang cukup jika ingin berwisata ke pantai ini.

Jam Buka Pantai Kondang Iwak

Belum ada jam buka yang berlaku di Pantai ini, jadi kalian bisa menikmati keindahan pantai ini selama 24 jam penuh setiap hari.

Harga Tiket Masuk Pantai Kondang Iwak

Pantai Kondang Iwak juga tidak ada retribusi yang harus kalian bayar ketika mengunjunginya. Kalian hanya cukup membayar untuk parkir saja, keindahan pantai ini bisa kalian nikmati.

Lokasi Dan Rute Ke Pantai Kondang Iwak

Pantai Kondang Iwak berlokasi di hutan Tulungrejo, Donomulyo, Malang, berjarak sekitar 62 km dari pusat kota Malang. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai di pantai ini kurang lebih sekitar 2 jam berkendara jika lancar.

Rute terbaik untuk ke pantai ini bisa kalian dapatkan dengan memakai aplikasi peta digital Google Maps yang bisa menunjukan jalan terbaik dari titik kalian berada. Bisa juga dengan memanfaatkan Jasa Rental Mobil Malang lengkap dengan driver, jadi kalian tidak perlu pusing mencari jalan mana yang harus dilewati untuk sampai ke tujuan.

Baca Juga : Pantai Sendang Biru, Pantai Indah Dengan Pasir Putih Dan Air Yang Jernih

Kata Penutup

Itulah Pantai Kondang Iwak di Malang yang memiliki muara atau kondang. Sekian semoga bermanfaat dan terima kasih.

MalangTempat Wisata

Share this:

Facebook Twitter Email Telegram LinkedIn Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like