Pantai Batu Bengkung, Pantai Unik Di Pesisir Malang Selatan – Kota Malang memang terkenal dengan banyaknya wisata Alamnya yang menarik dan bisa dikunjungi, dan salah satu tempat wisata menarik yang kalian kunjungi adalah Wisata Pantai di Malang. Malang memiliki deretan pantai yang eksotis, salah satunya adalah Pantai Batu Bengkung.

Untuk kalian para pecinta panorama pantai, Pantai Batu Bengkung sangat layak kalian kunjungi. Karena pantai ini memiliki banyak hal yang harus kalian eksplorasi, pantai ini juga memiliki daya tarik yang sedikit berbeda dari kebanyakan pantai lain. Seperti yang diketahui, setiap tempat wisata pasti memiliki daya tarik tersendiri seperti Pantai Batu Bengkung.

Karena pantai ini menjadi salah satu Cagar alam yang harus dijaga kelestarian. Yang membuat pantai ini dijuluki sebagai untaian mutiara oleh khazana pariwisata indonesia. Dan memang pantai pantai di pesisir selatan pulau jawa tidak perlu diragukan keindahannya.

Rekomendasi:

Sedikit Tentang Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung, Pantai Unik Di Pesisir Malang Selatan

Seperti yang sudah dikatakan jika pantai ini berbeda dengan pantai kebanyakan, yang membedakan pantai ini dengan pantai lainnya adalah garis pantainya yang ada di sebelah kiri dan kanan. Lebih tepatnya ada yang menghadap barat dan ada yang menghadap ke selatan, itu yang membuat pantai ini seperti 2 pantai berbeda.

Sebagai pantai di pesisir selatan pulau Jawa, pantai ini juga memiliki ombak yang besar dan kencang. Jadi berbahaya jika terlalu tengah karena bisa tergulung ombak menuju laut.

Untungnya karena kontur karang yang unik, memungkinkan kalian untuk bermain air tentunya dengan pengawasan dari tim SAR di sana. Karang di sisi selatan Pantai Batu Bengkung memiliki bentuk yang seperti benteng sehingga ombak tertahan sementara di pinggiran.

Banyaknya air laut yang tertahan kemudian terlihat seperti kolam yang bisa dipakai untuk berenang. Pantai ini juga memiliki bukit karang besar yang jika dilihat hampir seperti sebuah pulau yang ditumbuhi pepohonan di atasnya.

Nah nama batu bengkung itu diambil dari bentuk pantai ini yang unik. Garis pantai yang terbentuk dan Batu karang besar terlihat seperti perut yang di bengkung atau di ikat oleh stagen.

Itu juga yang membuat pantai ini terlihat ramping seperti perut seorang wanita yang diikat setelah melahirkan. Inilah yang membuat pantai ini menarik untuk kalian kunjungi ketika liburan di Malang.

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung, Pantai Unik Di Pesisir Malang Selatan

Di Pantai Batu Bengkung kalian bisa melakukan beberapa aktivitas mulai dari berenang, bermain air dan lain lain. Berikut beberapa aktivitas seru di Pantai Batu Bengkung.

Berenang

Walaupun pantai ini ombaknya besar, tetapi pantai di Malang ini cukup aman untuk aktivitas berenang. Ini karena adanya batu karang yang seperti tembok yang menghalangi datangnya ombak.

Karena itulah terbentuk kolam alami yang dalamnya 1,5 meter yang bisa dijadikan tempat berenang wisatawan. Kolam alami ini cukup panjang sepanjang garis pantai ini bagian selatan.

Hanya saja untuk menikmati kolam alami ini, kalian harus menunggu air pasang untuk mengisi kolam. Ini karena ketika air laut surut, air di dalam kolam juga ikut menghilang.

Ketika berenang kalian juga harus tetap berhati hati dan mengikuti protokol keselamatan yang diberikan petugas yang berjaga. 

Camping

Aktivitas seru lainnya di Pantai Batu Bengkung adalah camping. Di pantai ini kalian juga bisa mendirikan tenda, dan ini juga menjadi pilihan para pengunjung yang ingin merasakan suasana Pantai Batu Bengkung lebih lama.

Jadi kalian bisa melihat sunset, suasana malam pantai yang sepi sangat pas untuk menyalakan api unggun untuk membakar jagung ubi, atau ikan. Ditemani cahaya bulan dan taburan bintang akan menambah suasana malam di pantai ini.

Tetapi jika kalian ingin camping harus mempersiapkan peralatan sendiri dari rumah. Karena disekitar pantai belum ada tempat penyewaan alat alat camping.

Melihat Sunset

Nah salah satu sisi Pantai Batu Bengkung bisa kalian pakai untuk melihat momen indah matahari terbenam. Sebagai pantai yang menghadap ke barat memungkinkan kita untuk melihat sunset dari sini dengan jelas tanpa adanya penghalang.

Kalian bisa menikmati sunset sambil duduk santai menikmati makanan bersama sahabat atau pasangan. Suasana langit senja pantai ini juga menjadi momen yang sering ditunggu tunggu wisatawan yang datang ke sini.

Jangan lupa juga untuk mengabadikan momen indah ini supaya tetap di indah dan menjadi kenang kenangan di Pantai Batu Bengkung. Pemandangan sunset di Pantai Batu Bengkung juga bisa menjadi pemandangan terindah dan foto terbaik yang kalian punya ketika berlibur ke Malang.

Mendaki Bukit Karang

Mendaki bukit karang yang ada di Pantai Batu Bengkung juga menjadi aktivitas seru di pantai ini. Dari bukit karang ini kalian bisa melihat dengan jelas indahnya pantai dan luat dengan mata kepala sendiri.

Bukit karang ini juga menjadi spot foto favorit wisatawan karena memiliki background yang indah. Untuk sampai di puncak bukit, kalian harus melewati jalanan sempit di pinggiran bukit dengan bantuan tali pengaman yang sudah terpasang.

Walaupun sulit untuk mencapainya, tetapi pemandangan yang kalian dapatkan di atas bukit akan membayar usaha kalian. Tetapi harus diingat untuk selalu berhati hati supaya tidak terpeleset atau jatuh dari bukit karang ini.

Harga Tiket Masuk Ke Pantai Batu Bengkung

Untuk masuk ke kawasan Pantai Batu Bengkung, kalian hanya perlu membayar tiket masuk yang cukup murah. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat tabel di bawah ini.

RetribusiTarif
Tiket MasukRp10.000,00
Parkir MotorRp5.000,00
Parkir MobilRp10.000,00

Jam Buka Pantai Batu Bengkung

Pantai Malang Selatan ini bisa kalian nikmati kapan saja, ini karena Pantai Batu Bengkung buka 24 jam setiap harinya. Tetapi waktu yang tepat untuk mengunjungi pantai ini adalah sore hari, karena tidak terlalu panas.

Lokasi Dan Rute Ke Pantai Batu Bengkung

Pantai ini berada di Jalur Lintas Selatan, RT 42/ RW 05, Hutan, Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Malang. Lokasinya juga tidak terlalu jauh dengan beberapa pantai terkenal di Malang seperti Pantai Bajulmati, dan Pantai Goa Cina dekat juga dengan Pantai Watu Lepek.

Berjarak sekitar 64 km jika dari kota Malang dengan waktu tempuh sekitar 2 jam memakai kendaraan bermotor. Rute terbaik untuk ke pantai ini kalian bisa memanfaatkan aplikasi peta digital Google Maps yang bisa mengantar kalian dari titik kalian berada.

Atau bisa juga dengan memanfaatkan Jasa Rental Mobil Malang lengkap dengan driver yang siap mengantar kalian ke tujuan. Sehingga kalian tidak perlu pusing menjadi jalan mana yang harus dilewati untuk sampai ke pantai ini.

Kata Penutup

Itulah informasi tentang Pantai Batu Bengkung, semoga bisa menjadi referensi untuk kalian yang berencana untuk berwisata ke Malang dan sekitarnya. Itu saja sekian dan terima kasih.

MalangTempat Wisata

Share this:

Facebook Twitter Email Telegram LinkedIn Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like