Pantai Licin, Pantai Pasir Hitam Yang Menawan Dan Eksotis – Pantai Licin bisa kalian jadikan sebagai wisata pantai yang bisa kalian pilih ketika berwisata ke Malang. Pantai ini juga memiliki pesona yang berbeda dari kebanyakan pantai pesisir selatan Malang karena memiliki pasir yang hitam.

Kalian juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru di Pantai Licin mulai dari bermain pasir, camping, sampai berenang. Semua aktivitas yang kalian lakukan di pantai ini bisa menjadi pengalaman berlibur yang menyenangkan.

Rekomendasi : 

Ingin tahu apa saja yang ada di Pantai Licin, kalian bisa mengetahuinya dengan menyimak informasi berikut ini:

Sedikit Tentang Pantai Licin Yang Bisa Kalian Ketahui

Pantai Licin, Pantai Pasir Hitam Yang Menawan Dan Eksotis

Awalnya pantai Pantai Licin memiliki hamparan pasir putih yang luas sepanjang garis pantai. Namanya pada waktu itu juga masih dikenal sebagai Pantai Pasir Putih sampai tahun 1960. 

Nah pada tahun 1960 an, pantai ini dipenuhi lumut disebabkan hutan sekitar pantai yang masih lebat dan langganan banjir. Lumut yang ada disini tumbuh menutupi pantai dan desa yang membuat tempat ini menjadi licin. Karena itulah pantai ini berubah nama menjadi Pantai Licin.

Berubahnya pasir pantai yang tadinya putih menjadi hitam disebabkan karena letusan gunung Semeru yang membawa material pasir hitam sampai ke laut. Pasir tersebut terbawa aliran lahar yang mengarah ke pantai, karena itulah pasir putih pantai ini tertutupi pasir hitam.

Walaupun sekarang Pantai Licin memiliki pasir hitam, pasir ini memiliki tekstur yang lembut dan halus jika dipijak. Pemandangan pantai ini semakin eksotis dengan adanya gugusan batu karang yang di dekat pantai.

Pantai Licin juga menjadi tempat liburan yang pas untuk kalian yang ingin menyendiri karena pantai ini yang sepi. Kawasan pantai ini juga asri, bersih, dan jarang dikunjungi wisatawan membuat pantai ini serasa pantai pribadi.

Daya Tarik Yang Dimiliki Pantai Licin

Selain namanya yang unik, pantai ini juga memiliki kondisi alam dan panorama yang membuat siapa saja merasa takjub ketika melihatnya secara langsung.

Pasir Hitam Yang Terlihat Eksotis

Pantai ini memiliki ciri khas yang mudah diingat wisatawan yang datang yaitu pasirnya yang berwarna hitam. Jika biasanya pantai memiliki pasir yang berwarna coklat atau putih, Pantai Licin justru berbeda dan unik karena pasir hitamnya.

Pasir hitam yang ada di pantai ini berasal dari sisa sisa material letusan gunung Semeru yang terbawa aliran sungai Glidik yang bermuara di sebelah timur pantai licin. Karena banyaknya material yang terbawa aliran sungai hingga sampai ke laut, kemudian terbawa ombak sampai ke daratan yang akhirnya mengubah warna pasir Pantai ini menjadi hitam yang dulunya putih.

Gugusan Batuan Karang

Rata rata panta di Malang memang dihiasi oleh batuan karang yang indah. Di Pantai Licin kalian juga bisa menemukan batuan karang yang indah dan kokoh walaupun dihempas ombak. Kalian juga bisa memanfaatkan batuan karang ini sebagai spot foto yang bagus.

Karang Raksasa Terbelah

Jika mengunjungi Pantai Licin kalian bisa melihat karang raksasa yang terbelah menjadi 2 dan terlihat seperti ada yang memotongnya dengan sempurna. Berfoto dengan background karang raksasa, juga bisa membuat foto kalian terlihat bagus.

Karang Raksasa Yang Berlubang

Pantai Licin, Pantai Pasir Hitam Yang Menawan Dan Eksotis

Selan karang yang terbelah, masih ada daya tarik yang bisa kalian lihat yaitu karang raksasa yang berlubang. Karang raksasa yang berlubang ini jika kalian dilihat seolah seperti gerbang menuju laut selatan.

Garis Pantai Yang Melengkung

Yang juga membuat pantai ini berbeda adalah garis pantainya yang melengkung. Jika biasanya pantai memiliki garis yang lurus, pantai ini justru memiliki garis pantai yang melengkung. Ditambah adanya hiasan batu karang di kedua sisinya membuat pantai ini terlihat seperti teluk.

Rumah Hewan Kecil Yang Cantik

Dulunya Pantai Licin adalah hutan dan rawa lebat yang kemudian dibuka untuk permukiman. Tetapi ternyata jauh sebelum dibuka untuk permukiman, pantai ini sudah ada ada penghuninya yaitu hewan hewan laut kecil yang sampai sekarang masih bisa ditemukan.

Jika menemukan hewan kecil tersebut jangan diganggu apalagi dibawa pulang. Biarkan mereka hidup untuk menjaga ekosistem dan kehidupan biota di Pantai Licin.

Ombaknya Relatif Tenang

Karena adanya batu karang yang ada di perairan pantai, membuat pantai ini memiliki ombak yang relatif tenang. Karang karang tersebut memecah ombak yang datang, sehingga ombak yang sampai ke Pantai Licin kecil.

Seperti Pantai Pribadi

Mengunjungi pantai memang lebih nyaman jika pantai tersebut sepi, yang membuat lebih leluasa menikmati dalam menyusuri area pantai.

Jika menginginkan pantai yang sepi, maka kalian harus datang ke Pantai Licin, karena pantai ini belum banyak dikunjungi wisatawan. Jadi kalian bisa sedikit merasakan suasana pantai pribadi.

Fasilitas Yang Ada Di Pantai Licin

Fasilitas yang tersedia di pantai ini hanya ada toilet dan mushola, wajar saja karena akses ke pantai ini yang agak sulit dan belum banyak wisatawan yang datang berkunjung.

Tetapi jika kalian benar benar ingin mengunjungi pantai ini, ada tidaknya fasilitas tidak akan menyurutkan antusias kalian untuk berkunjung ke Pantai Licin. Karena sesampainya di pantai ini, semua usaha kalian akan terbayar oleh keindahan pantai ini yang mengagumkan.

Harga Tiket Masuk Pantai Licin

Mengunjungi pantai ini kalian tidak akan dibebani oleh biaya tiket masuk sama sekali. Kalian hanya perlu membayar parkir di sekitar pantai ketika ada penjaga. Berikut rinciannya:

RetribusiTarif
Tiket MasukGratis
Parkir MotorRp5.000,00
Parkir MobilRp10.000,00

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Licin

Pantai ini lokasinya cukup terpencil dan harus melewati jalan yang sulit, tetapi usaha kalian akan terbayar sesampainya di pantai ini karena keindahan yang dimiliki Pantai Licin. Alamat lengkapnya ada di Area Sawah/Kebun Dusun Licin, Lebakharjo, Ampelgading, Malang.

Jaraknya sekitar 87 km jika dari pusat Kota Malang dan membutuhkan 3 jam lebih mengendarai kendaraan. Supaya tidak lelah lebih baik memanfaatkan Jasa Rental Mobil Malang lengkap dengan driver. 

Jika ingin mengendarai kendaraan sendiri kalian bisa memanfaatkan aplikasi peta digital Google Maps untuk mendapatkan rute terbaik. Selain itu jangan datang di malam hari karena kurangnya penerangan di sekitar pantai.

Kata Penutup

Itulah pantai di Malang yang bisa kalian kunjungi dengan suasana yang masih sepi. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kalian yang ingin berwisata ke Kota Malang dan sekitarnya. Sekian dan terima kasih.

You might also like