Pantai Modangan, HTM, Daya Tarik, Dan Fasilitas – Di Malang ada banyak tempat wisata yang bisa kalian kunjungi untuk mengisi waktu liburan sampai ke perbatasan Kabupaten Blitar. Di perbatasan Blitar dan Malang terdapat sebuah pantai yang bernama Pantai Modangan yang bisa dinikmati dengan berbagai cara dan aktivitas yang berbeda.

Disini kalian bisa melihat indahnya pantai dari atas bukit, melihat aktivitas paralayang, sampai bermain air. Pantai ini juga memiliki hutan lindung yang menambah keasrian suasana pantai ini. Pemandangan langit biru dan jernihnya air akan menemani waktu liburan kalian. Penasaran dengan Pantai Modangan, simak informasi berikut untuk mengetahui informasinya.

Rekomendasi :

Sedikit Informasi Tentang Pantai Modangan

Pantai Modangan berada di perbatasan antara Kabupaten Malang dan Kabupaten Blitar yang dipisahkan oleh sungai Modangan. Sungai ini bermuara di Pantai Modangan sekaligus menjadi salah satu daya tarik yang dimiliki pantai ini.

Nama Pantai Modangan merupakan sebutan yang diberikan oleh para pasukan Diponegoro yang sedang bersembunyi setelah peperangan Diponegoro berakhir pada sekitar tahun 1850 an. Nah pasukan Diponegoro yang bersembunyi tersebut melakukan makan makan di kawasan sekitar hutan untuk merayakan berakhirnya perang. 

Pantai dekat hutan itulah yang akhirnya sebut dengan Modangan, kata Modangan berasal dari kata madangan. Dalam bahasa Jawa modangan memiliki arti makan makan bersama.

Pemandangan indah pantai ini bisa kalian nikmati dari bibir pantai dan dari bukit bukit di sekeliling pantai. Dari atas bukit kalian bisa melihat panorama pantai dari sudut pandang yang berbeda.

Daya Tarik Yang Dimiliki Pantai Modangan

Pantai ini mungkin tidak seterkenal pantai pantai di Malang lainnya, hanya saja keindahan yang dimiliki pantai ini sepertinya patut untuk dipertimbangkan. Berikut beberapa daya tarik dari Pantai Modangan yang bisa kalian temukan ketika mengunjungi pantai ini:

Kontur Pantai Yang Landai

Pantai Modangan, HTM, Daya Tarik, Dan Fasilitas

Sebagai pantai yang memiliki permukaan yang landai, membuat Pantai ini memiliki hamparan pasir yang luas sama seperti Pantai Ngantep. Jadi kalian bisa bermain pasir sepuasnya, dengan luasnya hamparan pasir di pantai ini membuat kalian tidak perlu khawatir mengganggu pengunjung lain.

Kalian bebas melakukan aktivitas apa saja yang bisa membuat liburan kalian ke pantai ini menjadi seru. Pengunjung yang datang ke pantai ini juga sering memanfaatkan luasnya Pantai Modangan untuk bermain bola atau voli.

Anak anak juga bisa dengan puas bermain di pasir lembut pantai ini. Apapun aktivitas yang kalian lakukan di pantai ini bisa menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

Melihat Aktivitas Atlet Paralayang

Pantai Modangan, HTM, Daya Tarik, Dan Fasilitas

Selain di Gunung Banyak di pantai ini, kalian juga bisa melihat para atlet paralayang sedang terbang. Bukit bukit sekitar Pantai Modangan memang sering dipakai sebagai tempat berlatih dan pelaksanaan event paralayang tingkat nasional.

Angin yang stabil di bukit bukit sekitar pantai menjadikan tempat ini sangat ideal untuk aktivitas paralayang. Pemandangan para atlet yang terbang di langit pantai ini menjadi pemandangan unik yang jarak ditemukan di pantai lain.

Jika ingin mencoba atau ingin melihat lebih dekat para atlet paralayang kalian bisa mendatangi Bukit Waung yang lokasinya tidak jauh. Sehingga kalian bisa mendapatkan pengalaman baru yang seru untuk mengisi waktu liburan kalian.

Melihat Pemandangan Indah Dari Gardu Pandang 

Ternyata Bukit Waung juga memiliki pemandangan berupa Pantai ini dari atas ketinggian. Dari atas bukit kalian bisa melihat pemandangan indah ombak yang bergiliran sampai ke bibir pantai.

Bukit bukit hijau sekitar pantai juga terlihat seakan menyembunyikan keindahan Pantai Modangan. Kalian bisa memotret indahnya pantai ini dari gardu pandang dan spot foto yang sudah disediakan pihak pengelola.

Pantai Modangan, HTM, Daya Tarik, Dan Fasilitas

Nah salah satu spot terbaik di bukit ini adalah spot I Love U yang berbackground pantai Pantai Modangan. Dengan adanya gardu pandang membuat kalian bisa melihat indahnya Pantai Modangan dari sisi yang berbeda.

Spot Sunset

Ternyata Bukit Waung juga menjadi tempat para pengunjung melihat matahari terbenam atau Sunset. Cahaya jingga dari matahari senja yang memantul di air laut membuat semakin cantik pemandangan.

Cahaya senja yang menghiasi langit juga menjadi pemandangan yang menakjubkan, kalian bisa menikmatinya sambil duduk di bukit.

Pemandangan indah sunset juga bisa kalian nikmati dari pinggir pantai sambil ditemani suara ombak yang menenangkan. Mengunjungi Pantai Modangan dan bukit Waung menjadi tempat wisata yang sempurna untuk menghabiskan waktu liburan di Malang.

Fasilitas Yang Ada Di Pantai Modangan

Walaupun bisa dikatakan sebagai pantai terpencil, fasilitas yang ada di tempat wisata ini cukup lengkap. Disini sudah ada warung yang menjual berbagai macam makanan khas Malang dan makanan ringan.

Tersedia juga gazebo yang bisa kalian pakai untuk bersantai menikmati pemandangan indah Pantai Modangan. Pasir putih yang luas dan gulungan ombak yang mempesona jika dilihat dari bibir pantai.

Kalian juga bisa menggelar tikar untuk bersantai sambil menikmati bekal atau makanan yang dipesan.

Harga Tiket Masuk Ke Pantai Modangan

Untuk menikmati indahnya pantai ini kalian harus membayar tiket masuk yang murah, begitu juga dengan Bukit Waung. Untuk lebih jelasnya kalian bisa melihat rincian berikut ini:

RetribusiTarif
Tiket Masuk PantaiRp10.000,00
Tiket Masuk Bukit WaungRp5.000,00
Parkir MotorRp5.000,00
Parkir MobilRp10.000,00

Jam Buka Pantai Modangan

Jam buka pantai ini belum ada jadi kalian bisa datang kapan saja kalian ingin. Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah pagi dan sore.

Jika berkunjung di bagi hari kalian bisa merasakan segarnya udara pagi dan bermain di pantai tanpa takut kepanasan. Sedangkan sore hari adalah waktu yang tepat untuk melihat sunset dari pantai atau Bukit Waung.

Pastikan juga untuk berkunjung di musim kemarau supaya tidak terganggu oleh hujan atau cuaca mendung. Jadi kalian bisa menikmati liburan dan mendapatkan pemandangan indah pantai Pantai Modangan dengan sempurna.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Modangan

Pantai Modangan berlokasi di Sumberrejo, Sumberoto, Donomulyo, Malang lokasinya dekat dengan perbatasan kabupaten Blitar. Berjarak sekitar 72 km membutuhkan waktu tempuh sekitar 2,5 jam jari Kota Malang.

Rute terbaik untuk ke Pantai ini bisa kalian dapatkan dengan memanfaatkan aplikasi peta digital Google Maps yang bisa mengantar kalian ke Pantai Modangan dari titik kalian berada. Kalian juga bisa dengan memakai Jasa Rental Mobil Malang lengkap dengan driver yang bisa mengantar kalian.

Kata Penutup

Itulah informasi tentang pantai yang ada di perbatasan Kabupaten Malang dan Kabupaten Blitar yaitu Pantai Modangan. Sekian semoga bermanfaat dan terima kasih.

MalangTempat Wisata

Share this:

Facebook Twitter Email Telegram LinkedIn Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like