Museum Satwa Jatim Park 2 HTM, Jam Buka, Lokasi Dan Rute – Museum Satwa adalah salah satu tempat wisata di Malang yang menarik untuk dikunjungi. Bukan hanya sebagai tempat berlibur, tetapi juga menjadi tempat untuk mendapatkan ilmu pengetahuan khususnya tentang fauna atau dunia hewan.

Salah satu hal menarik yang dimiliki Museum Satwa adalah bentuk bangunannya yang terlihat seperti istana zaman Yunani kuno. Kesan klasik terlihat dari ornamen dan pilar pilar raksasa yang menjulang tinggi. Di kedua sisi bangunan juga ada patung gajah yang ukurannya besar dan sering dijadikan spot foto.

Rekomendasi :

Sejarah Museum Satwa

Museum Satwa Jatim Park 2 HTM, Jam Buka, Lokasi Dan Rute

Museum Satwa dibuka secara umum pada tanggal 27 Desember 2009. Tujuannya supaya fosil fosil hewan dari zaman dulu bisa terlindungi dengan baik. Awalnya kawasan ini hanya dipakai oleh Batu Secret Batu, tetapi seiring waktu pengelola berpikir untuk untuk membangun museum di area sekitar.

Baca Juga : Coban Kembar Watu Ondo, Air Terjun Di Kota Batu Yang Indah

Banguan yang dibuat begitu megah dengan pilar pilar besar ala Romawi Kuno dengan 2 patung gajah yang diletakan di kanan dan kiri pintu masuk. Museum Satwa juga memiliki fasilitas teater yang menyajikan film tentang hewan dan habitatnya masing masing. Terdapat juga penjelasan lengkap tentang nama, jenis, umur, dan asal hewan. Nuansa di ruang ini juga berasa seperti di hutan.

Museum ini juga hanya memiliki 1 ruang yang luas dan menampilkan koleksi berbeda beda. Fosil fosil yang ada disini diyakini berasal dari hewan yang hidup di zaman manusia purba yang sekarang sudah punah. Koleksi yang ada juga bukan berasal dari Indonesia saja ada juga yang berasal dari luar negeri. Ini karena ada hewan hewan prasejarah yang habitatnya berbeda beda.

Baca Juga : Air Terjun Coban Talun, Air Terjun Yang Cantik Di Batu

Daya Tarik Museum Satwa

Museum Satwa Jatim Park 2 HTM, Jam Buka, Lokasi Dan Rute

Sesuai dengan namanya, Museum Satwa menawarkan koleksi hewan yang berasal dari berbagai benua. Mulai dari hewan yang sering kita lihat seperti serangga, binatang buas, hewan kutub, sampai berbagai jenis ikan, burung dan unggas.

Semua koleksi Museum Satwa sudah dalam keadaan mati, beberapa hewan juga sudah mengalami pengawetan dan lainnya adalah diorama atau patung yang terlihat sangat nyata.

Hewan hewan tersebut juga ditampilkan dalam beberapa tempat, dimana pada masing masing tempat dibuat seperti habitat aslinya. Tersedia juga informasi dan penjelasan yang bisa dibaca oleh pengunjung.

Museum Satwa  ini juga masuk dalam daftar Tempat Wisata Keluarga di Batu. Karena memiliki konsep tersebut, membuat tempat ini cocok dikunjungi bersama keluarga dan anak anak. Berwisata ke sini kalian juga tidak akan bosan, karena tempat ini memiliki desain yang sangat artistik dan modern.

Baca Juga : Eco Green Park, Tempat Seru Untuk Belajar Dan Berwisata

Wahana & Zona Yang Bisa Dikunjungi

Seperti yang disebutkan diatas Museum Satwa memiliki beberapa zona, dan masing masing zona juga ditempati hewan hewan tertentu. Jadi kalian bisa menyusuri lorong lorong di dalam Museum untuk melihat berbagai koleksi hewan hewan yang ada. Berikut beberapa zona dan wahana yang ada di Museum Satwa:

Sangkar Raksasa

Museum Satwa Jatim Park 2 HTM, Jam Buka, Lokasi Dan Rute

Dari depan, tepatnya setelah melewati pintu masuk, kalian akan melihat sebuah sangkar burung yang ukurannya besar. Di dalam sangkar terdapat beberapa jenis burung cantik, seperti merak putih, elang dan lain lain. Wisatawan juga bisa masuk ke dalam sangkar dan berfoto dengan hewan yang ada di dalam sangkar raksasa.

Zona Insectarium

Museum Satwa Jatim Park 2 HTM, Jam Buka, Lokasi Dan Rute

Zona selanjutnya adalah Zona Insectarium.  Di zona ini kalian bisa melihat banyak jenis insectivora atau serangga, mulai dari kupu kupu, kumbang, laba laba, belalang, capung, lalat dan lain lain. Semua serangga ada di dalam kota kaca dan tertata rapi, dilengkapi juga dengan informasi tentang jenis, nama latin dan habitat.

Galeri Fosil

Dulu sebelum ditinggali manusia, bumi dulunya dikuasai Dinosaurus. Walaupun sekarang sudah tidak ada lagi yang tersisah, kalian masih bisa melihat peninggalan tulang belulangnya. Di zona Galeri Fosil kalian bisa melihat fosil dari beberapa hewan purba tersebut seperti Mammoth, ikan purba dan lain lain.

Baca Juga : Tempat Wisata Indoor di Malang Dan Batu Yang Recomended Untuk Liburan

Zona Ikan & Hewan Laut

Zona ini memiliki banyak jenis iklan yang bisa kalian lihat, seperti ikan hiu, ikan paus, ada juga hewan laut lain seperti kerang, bintang laut dan lain lain. Hewan hewan tersebut juga ditata sedemikian rupa supaya mirip seperti di habitat aslinya.

Zona Hewan Afrika

Benua Afrika memang dikenal sebagai salah satu habitat hewan yang mengagumkan, banyak sekali turis yang ingin kesana untuk melihat hewan khasnya. Tetapi kalian tidak perlu jauh jauh ke Afrika hanya untuk melihat hewan hewan khas Afrika, karena di Museum Satwa juga ada.

Di zona Hewan Afrika terdapat singa, cheetah, leopard, buaya, kuda nil, gajah, badak, dan hewan hewan afrika lainnya. Uniknya pose hewan hewan yang ada disini terlihat sangat nyata.

Zona Hewan Musim Dingin

Ada juga Zona Hewan Musim Dingin yang tidak kalah menarik, disini kalian akan melihat beruang kutub yang posenya sedang memakan mangsanya. Ada juga snow leopard dan ribah merah.

Mayapada Show

Di Museum Satwa juga memiliki pertunjukan atau hiburan yang ada di Mayapada Show. Pertunjukan yang bisa kalian lihat berupa hewan hewan menari dan bernyanyi bersama yang mengingatkan kita untuk menjaga lingkaran dan tidak merusak habitat hewan liar.

Zona Pengetahuan Fauna

Terakhir zona yang dimiliki Museum Satwa adalah Zona Pengetahuan Fauna. Di zona ini kalian bisa mendapatkan ilmu dan pengetahuan ketika mengunjungi tempat ini. Zona pengetahuan Fauna dan Museum Satwa akan mengajak kalian untuk mengenal lebih dekat tentang hewan dan anatomi tubuhnya.

Harga Tiket Masuk Museum Satwa

Tempat wisata di Jawa Timur ini berada di kawasan Jatim Park 2. Pihak pengelola menetapkan retribusi dengan Batu Secret Zoo untuk masuk ke Museum Satwa.

Pada hari biasa, kalian akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp 110.000, sedangkan pada libur nasional atau akhir pekan menjadi Rp 120.000.

Tiket tersebut berlaku untuk semua wahana yang ada di Museum Satwa, tetapi harga di atas ada kemungkinan berubah sesuai dengan kebijakan pengelola.

Jam Buka

Jam buka tempat wisata ini dimulai dari jam 09.00 sampai jam 17.00 WIB, dan buka setiap hari. Jadi kalian bisa datang kapan saja sesuai dengan waktu liburan kalian.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di Museum Satwa bisa dibilang cukup lengkap mulai dari shuttle train, mushola, rest area, foodcourt, toilet, charging station, dan ATM. Jadi kalian tidak perlu khawatir jika datang ke sini, karena semua kebutuhan kalian untuk menunjang kegiatan wisata kalian sudah tersedia.

Lokasi & Rute

Museum Satwa berlokasi di Jl. Oro Oro Ombo No.9 Temas, Kota Batu. Museum ini juga berada di satu jalur yang sama ke BNS dan Predator Fun Park. Rute termudah untuk ke tempat ini adalah dari Terminal dan Pasar Besar Kota Batu.

Dari terminal kalian bisa lurus sampai menemukan perempatan (jika lurus akan ke Jatim Park 1, jika ke kanan akan ke Stadion dan Museum Angkut). Di perempatan kalian ambil kiri dan ikuti jalan tersebut sejauh kurang lebih 1 km. Tempat ini berada di sisi kanan jalan dan terlihat sangat jelas dari jalan raya.

Angkot juga bisa mengantar kalian ke sini, kalian bisa naik dari Terminal Kota Batu. Naiklah angkot yang berwarna kuning, angkot tersebut bisa mengantar sampai ke pintu masuk Museum Satwa.

Untuk kalian yang membutuhkan kendaraan kalian bisa memakai Jasa Rental Mobil Malang lengkap dengan driver.

Baca Juga : Predator Fun Park, Tempat Wisata Bertemakan Buaya Yang Unik

Kata Penutup

Itulah informasi singkat tentang tempat wisata di Kota Batu yaitu Museum Satwa. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi ketika ingin berlibur ke Malang dan sekitarnya. Sekian dan terima kasih.

You might also like