Ciri-ciri kayu stigi asli

Ciri-Ciri Kayu Stigi Asli, Jangan Sampai Keliru

Literaturnegeri   Ciri-ciri kayu Stigi asli yang harus kalian ketahui-tahukah kalian dengan kayu stigi yang dipercaya oleh banyak orang memiliki kekuatan magis tertentu.

Jenis kayu yang satu ini dipercaya banyak orang memiliki kekuatan supranatural yang bisa digunakan untuk berbagai hal seperti menyembuhkan penyakit, penangkal berbagai energi negatif, sebagai penambah kepercayaan diri, dan sebagainya.

Untuk bisa menemukan kayu ini, kalian bisa mencarinya di pantai selatan Jawa. Tetapi untuk saat ini keberadaannya sudah sangat langka, bahkan bisa dibilang sudah hampir punah.

Biasanya, orang-orang menggunakan kayu stigi ini untuk dijadikan sebagai aksesoris yang bisa dipakai dalam kehidupan sehari-hari seperti cincin, gelang, tasbih, dan sebagainya.

Ciri-Ciri Kayu Stigi Asli

Perlu kalian ketahui bahwa saking langkanya kayu ini, maka tak heran jika kini banyak sekali orang yang menjual kayu stigi palsu. Padahal untuk bisa mendapatkan kayu stigi ini harus diberi izin dulu oleh  pemerintah karena sudah termasuk ke dalam suatu komoditi yang sudah dilindungi oleh negara.

Jadi, supaya kalian tidak tertipu dengan kayu stigi palsu, dalam ulasan kali ini kita akan membahas mengenai ciri-ciri kayu stigi asli yang harus kalian ketahui.

Tinggi Pohon

Jika dilihat dari segi tinggi pohonnya, kayu stigi ini mempunyai pohon yang tidak terlalu tinggi yaitu hanya sekitar 4 meter saja. Selain itu, kayu stigi ini juga mempunyai batang yang berkelok-kelok dan juga bercabang sehingga jika dilihat memang tidak beraturan.

Pada umumnya kayu stigi ini terbagi menjadi dua yaitu kayu stigi darat dan juga kayu stigi laut. Jenis kayu stigi darat ini tumbuh di daratan yang keras dan tandus, dan kayu ini memiliki warna yang tua seperti warna hitam dan merah.

Sementara untuk jenis kayu stigi laut tumbuh di pesisir pantai dan memiliki warna yang lebih terang seperti warna kuning ataupun coklat muda.

Batang Kayu Yang Dapat Tenggelam

Ciri-ciri kayu stigi asli yang selanjutnya yaitu memiliki batang kayu yang bisa tenggelam. Jadi, untuk bisa mengetahui apakah kayu stigi tersebut asli atau palsu maka kalian bisa menaruh kayu tersebut di dalam air.

Jika kayu tersebut tenggelam, maka bisa dipastikan kayu itu memang benar-benar kayu stigi yang asli. Begitu juga sebaliknya, jika kayu tersebut tidak tenggelam di dalam air, maka bisa dipastikan kayu tersebut bukanlah jenis kayu stigi yang asli.

Mengapa kayu stigi ini bisa tenggelam di dalam air meskipun hanya secuil kayu saja? Karena, kayu ini memiliki tekstur yang padat dan juga tidak berongga. Karena itulah, kayu stigi ini bisa tenggelam di dalam air. Berbeda dengan jenis kayu yang lainnya.

Akan Terus Mengkilap Setiap Waktunya

Ciri-ciri kayu stigi asli yang lainnya yaitu kayu akan terus mengkilap disetiap waktunya. Jadi kalian tidak perlu khawatir ketika terus menggunakan kayu ini, karena bisa dipastikan semakin lama digunakan maka akan semakin mengkilap.

Mempunyai Aroma Kayu Yang Khas

Aroma yang khas dari kayu stigi ini menjadi pembeda antara jenis kayu stigi dengan kayu-kayu lainnya. Jadi jika kayu tersebut merupakan kayu stigi yang asli maka kalian bisa mencium aroma yang berbeda dan sangat khas apabila sengaja digosok.

Akhir Kata

Dan itulah pembahasan tentang ciri-ciri kayu stigi asli yang harus kalian ketahui. Hati – hati ketika ada yang mengklaim kayu stigi asli, sebaiknya periksa kembali ke aslinya dengan ciri – ciri diatas atau tanyakan kepada yang sudah ahli dan pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.