8 Cara Atasi Layar Mati Saat Melakukan Panggilan Di Hp Oppo

8 Cara Atasi Layar Mati Saat Melakukan Panggilan Di Hp Oppo

Literaturnegeri.id – Mungkin sebagian dari kamu mengira bahwa layar mati ketika sedang melakukan panggilan di hp oppo adalah sebuah masalah atau error. Jika kamu mengira begitu maka kamu salah, sebenarnya ini bukanlah masalah dan hal seperti ini memiliki fungsi. Langsung aja simak pembahasan 8 Cara Atasi Layar Mati Saat Melakukan Panggilan Di Hp Oppo ini.

Penyebab dari layar mati ketika melakukan panggilan di hp oppo disebabkan oleh sebuah fitur yang bernama sensor Proximity, jadi hal ini akan terjadi secara otomatis. Tidak hanya ketika melakukan panggilan telepon seluler saja,namun ketika melakukan panggilan Whatsapp.

Jadi sensor Proximity adalah sebuah sensor untuk mencegah sentuhan yang tidak diinginkan ketikan sedang melakukan panggilan suara baik itu seluler ataupun panggilan whatsapp.

Sensor ini akan aktif secara otomatis ketika kamu mendekatkan layar ke dekat telinga, jadi ketika melakukan panggilan maka secara otomatis layar menempel di kulit. Oleh karena itulah, sensor ini akan mencegah terjadinya sentuhan tersebut.

Tapi terkadang sebagian pengguna ada yang tidak menyukai sensor jarak atau Proximity ini karena dinilai menggangu saat sedang melakukan panggilan.

Lalu kenapa fitur ini bisa terjadi dan ada? berikut ini beberapa faktor mengapa fitur ini tersedia di hampir semua smartphone:

Menghemat Baterai

Fitur ini berguna untuk menghemat baterai pada ponsel kita ketika melakukan panggilan.

Supaya Tidak Terjadi Sentuhan

Dan tujuan utama adanya sensor ini yaitu agar tidak terjadi sentuhan ketika melakukan panggilan suara.

Cara Atasi Layar Mati Saat Melakukan Panggilan Di Hp Oppo

Jadi bagi kamu yang mungkin tidak begitu suka dengan fitur ini. Berikut adalah solusi bagaimana cara untuk mengatasinya.

1. Membuka Aplikasi Pengaturan

Langkah pertama yaitu dengan membuka aplikasi pengaturan terlebih dahulu untuk membuka menu yang ada.

2. Membuka Menu Aplikasi Sistem

Berikutnya kamu pilih opsi menu aplikasi sistem dengan mencarinya pada menu pengaturan tadi, biasanya menu ini ada di bagian tengah.

3. Membuka Opsi Menu Panggilan

Jika kamu sudah membuka opsi menu aplikasi system, maka selanjutnya kamu bisa memilih opsi menu panggilan terlebih dahulu.

4. Pilih Opsi Setelan Panggilan Masuk

Untuk cara yang keempat adalah memilih opsi panggilan masuk terlebih dahulu.

5. Matikan Opsi Sensor Jarak

Yang terakhir kamu tinggal matikan saja opsi bernama sensor jarak dengan menggeser slide, dengan demikian maka ketika kamu melakukan panggilan, layar tidak akan mati kembali.

Untuk memastikan kamu bisa melakukan panggilan ke teman ataupun kerabat kamu untuk mencoba apakah fitur ini sudah tidak aktif atau masih tetap aktif.

Jika ternyata fitur ini masih saja aktif maka langkah selanjutnya kamu bisa mengikuti panduan berikut jika langkah diatas tidak bekerja dengan baik.

6. Restart Hp Oppo

Jika metode diatas belum berhasil maka kamu bisa melakukan restart hp oppo kamu terlebih dahulu. Setelah mematikan sensor jarak, coba langsung restart hp kamu dan coba lakukan panggilan apakah fitur ini sudah nonaktif atau masih belum.

7. Pakai Metode Headset

Jika masih belum berhasil juga maka kamu bisa menggunakan headset untuk cara atasi layar mati saat melakukan panggilan di hp oppo. Jadi dengan menggunakan headset layar hp oppo kamu tidak akan mati karena fitur ini, karena kamu tidak perlu mendekatkan layar ke telinga.

8. Lakukan Langkah Reset Jika Diperlukan

Kemudian Cara Atasi Layar Mati Saat Melakukan Panggilan yang terakhir  kamu bisa melakukan langkah reset jika diperlukan. Dengan reset ini maka kemungkinan berhasilnya cukup tinggi.

Akhir Kata

Dan demikian beberapa tips atau metode cara atasi layar mati saat melakukan panggilan di hp OPPO dan juga cara mengatasi layar mati saat telepon WhatsApp.