Cara Mengatasi Aplikasi Telegram Yang Tidak Berfungsi di Perangkat Android

Cara Mengatasi Aplikasi Telegram Yang Tidak Berfungsi di Perangkat Android

Ketika Anda menemukan masalah bahwa aplikasi Telegram tidak bisa dibuka atau tidak berfungsi pada perangkat android, maka bisa mengkuti panduan berikut ini agar bisa diatasi dengan cepat.

Aplikasi Telegram adalah sistem pesan instan (IM) berbasis cloud dengan klien open-source dan lintas platform gratis. Telegram menawarkan panggilan video enkripsi ujung ke ujung, VoIP (Voice over Internet Protocol), berbagi file, dan banyak fitur lainnya. Layanan ini tersedia untuk Android, iOS, iPadOS, Microsoft Windows OS, macOS, dan Linux. Layanan ini melampaui 500 juta pengguna aktif bulanan pada Januari 2021.

Namun, Berita Teknologi merangkum dari media online bahwa ada banyak pengguna melaporkan tentang  masalah “Aplikasi Telegram tidak berfungsi atau terbuka” di perangkat Android/iOS mereka saat mencoba membuka aplikasi Telegram. Salah satu alasan mendasar di balik masalah ini adalah masalah koneksi internet Anda.

Koneksi internet yang buruk atau masalah dengan koneksi internet bisa menjadi alasan mengapa aplikasi Telegram tidak berfungsi. Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki koneksi internet yang stabil dan tidak ada masalah dengan koneksi dan kecepatan internet Anda.

Cara Mengatasi Masalah Telegram Tidak Bisa dibuka

Ketika masalah seperti ini terjadi pada aplikasi Telegram yang ad diperangkat Anda, maka Anda harus memeriksa apakah internet berfungsi dengan aplikasi lainnya atau tidak. Selain itu Anda juga dapat mencoba mengakses halaman web di browser Anda, mengirim pesan teks di WhatsApp dan/atau menonton video YouTube untuk memeriksa status internet Anda.

Masalah ini juga dapat terjadi karena cache aplikasi Telegram yang rusak, aplikasi Telegram yang kedaluwarsa, aplikasi yang dibatasi oleh ISP atau administrator jaringan, izin yang diperlukan yang tidak diberikan ke aplikasi Telegram di perangkat Anda.

Cara 1 : Check Telegram Service/server status

Coba periksa apakah server/layanan Telegram berfungsi dengan baik. Layanan Telegram mungkin tidak tersedia saat ini atau mungkin ada masalah dengan layanan Telegram, itulah sebabnya Anda mengalami masalah saat mencoba mengakses.

Untuk memeriksa status servernya, Anda dapat memeriksa status layanan Telegram dengan mengunjungi halaman “DownDetector” atau mengunjungi halaman “https://downdetector.com/”. Pada halaman yang terbuka, masukkan “Telegram” untuk mencari dan memeriksa status Telegram. Jika Anda telah menyelidiki bahwa Telegram tidak berfungsi saat ini atau Anda memiliki beberapa masalah, Anda harus menunggu masalah server diselesaikan.

Cara 2 : Cek Koneksi Internet

Masalah ini juga dapat disebabkan oleh masalah dengan koneksi internet Anda. Anda dapat mencoba menyelesaikan masalah dengan memulai ulang data seluler atau WiFi perangkat Anda, atau mengaktifkan dan menonaktifkan mode Pesawat di ponsel Anda, lalu mencoba lagi aplikasi Telegram, dan memeriksa apakah itu berfungsi untuk Anda. Jika tidak, coba mulai ulang ponsel Anda dan setelah reboot periksa apakah aplikasi Telegram berfungsi. Jika masih tidak berfungsi, Anda dapat melakukan reset/reboot router (jika ada) untuk memperbaiki masalah. Mem-boot ulang router akan menyelesaikan gangguan sementara di router.

Seperti itulah panduan cara mengatasi masalah aplikasi telegram yang tidak bisa berfungsi atau tidak bsia dibuka pada perangkat Android dan iOS.