Pantai Ngliyep, HTM, Lokasi Dan Rute – Pantai Ngliyep menjadi pantai di Malang yang sudah sangat dikenal sebagai tempat wisata bahkan sudah sejak lama. Pantai ini dulu lebih terkenal dibandingkan pantai favorit Malang lainnya seperti Pantai Balekambang

Disini kalian bisa puas bermain air, pasir sampai camping bisa kalian lakukan di Pantai ini, sebab lokasinya yang luas. Selain memiliki pemandangan yang indah, pantai ini juga menjadi tempat upacara adat larung.

Penasaran dengan lokasi dan apa yang ada disini, jika iya kalian bisa mengetahuinya dengan menyimak informasi berikut ini.

Sedikit Tentang Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep, HTM, Lokasi Dan Rute

Pantai Ngliyep merupakan pantai pertama di Malang yang menjadi tempat wisata terfavorit. Pemandangan indah Wisata Alam Di Malang ini  juga sudah dikenal sejak lama, lebih tepatnya pada tahun 1980 an dan menjadi tempat wisata favorit di Jawa Timur. Pantai Ngliyep pertama kali ditemukan oleh seorang perantau dari Yogyakarta pada tahun 1919. Dan pada tahun 1951 pantai ini diresmikan sebagai tempat wisata, sayangnya pengelolaannya kurang baik karena adanya sengketa.

Nama pantai ini diambil dari bahasa Jawa yang artinya mengantuk. Ini dikarenakan setiap pengunjung yang datang ke sini akan terbuai dengan suasana dan pemandangan indahnya yang bisa membuat ngantuk.

Pantai ini juga memiliki area pasir yang luas dan landai, kira kira pantai ini memiliki luas sekitar 10 hektar. Dengan pepohonan yang tumbuh di sekitarnya membuat tempat ini terasa asri.

Pantai ini juga tidak lepas dari mitos Nyi Roro Kidul yang konon bertana disekitar Pantai Ngliyep. Walau begitu, keindahan dan cerita dibaliknya membuat pantai ini memiliki daya tarik tersendiri yang menarik banyak pengunjung.

Rekomendasi :

Daya Tarik Yang Dimiliki Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep, HTM, Lokasi Dan Rute

Pantai yang pernah terkenal pada masanya ini sudah pasti memiliki daya tarik yang menarik banyak pengunjung. Mulai dari pemandangannya sampai aktivitas yang bisa kalian lakukan, nah berikut beberapa daya tarik dari Pantai Ngliyep.

Spot Sunset Yang Bagus

Mengunjungi Pantai Ngliyep di sore hari kalian bisa melihat indahnya momen matahari terbenam. Cahaya jingga matahari terbenam di pantai ini menjadi pemandangan yang tidak boleh kalian lewatkan ketika berkunjung kesini.

Banyak wisatawan yang menantikan momen ini untuk mendapatkan foto instagramable untuk di upload ke media sosial. Spot ayunan yang ada di tengah pantai menjadi spot favorit wisatawan untuk mengambil pemandangan sunset di Pantai Ngliyep.

Ditambah bukit bukit sekitar pantai juga memberikan pemandangan indah yang cocok menjadi spot sunset di Pantai ini. 

Camping

Pantai Ngliyep juga sering menjadi tempat camping para wisatawan yang ingin lebih lama menikmati pantai ini. Pepohonan rindang, kontur yang landai, dan pasir yang lembut menjadi tempat yang pas untuk mendirikan tenda.

Bintang bintang di langit dan sinar rembulan akan menemani malam kalian ketika camping disini. Ajaklah teman, sahabat, keluarga atau orang tersayang ketika camping di Pantai Ngliyep untuk mendapatkan pengalaman yang lebih berkesan.

Dan untuknya untuk kalian yang ingin camping, pihak pengelola Pantai Ngliyep sudah menyediakan banyak tempat penyewaan peralatan camping. Untuk masalah makanan, kalian tidak perlu khawatir, sebab sekitar pantai sudah banyak warung warung yang menjual makanan.

Atau kalian juga bisa memancing ikan di laut untuk dijadikan makanan ketika camping sini. Camping di Pantai Ngliyep bisa menjadi pengalam baru untuk kalian yang sangat berkesan.

Bermain Di Atas Pasir Pantai Yang Lembut

Memiliki pasir pantai yang lembut, menjadi salah satu daya tarik dari pantai satu ini. Kalian bisa bebas bermain, sebab pantai ini memiliki area yang luas dan landai. Bermain pasir disini juga sangat menyenangkan, karena teksturnya yang lembut dan nyaman jika dijadikan tempat bersantai. 

Dengan ombak yang tidak terlalu tinggi, membuat Pantai Ngliyep sering dijadikan tempat untuk berenang dan bermain air oleh wisatawan. Para orang tua juga tidak perlu khawatir anak anaknya tergulung ombak atau tenggelam karena pinggiran Pantai Ngliyep yang cukup dangkal.

Mengunjungi Teluk Putri

Datang ke pantai ini kalian juga bisa mengunjungi teluk Putri yang cukup menawan. Walaupun tidak terlalu besar, pasir putih teluk Putri terlihat sangat bersih seperti kulit para putri.

Kalian juga bisa mendirikan tenda di sekitar tempat ini, hanya saja perlu berhati hati apalagi ketika air pasang. Area pasirnya yang sempit, hanya menyisakan sedikit ruang untuk wisatawan jika air sedang naik. Ditambah ombak di teluk ini cukup besar karena ukurannya yang kecil. Walau begitu keindahan Teluk Putri sayang jika kalian lewatkan.

Gunung Kombang

Walaupun namanya gunung, tempat ini sebenarnya sebuah pulau kecil yang lokasinya tidak jauh dari pantai Pantai Ngliyep. Gunung Kombang juga bisa kalian kunjung hanya dengan berjalan kaki atau dengan menyeberangi jembatan kayu kecil.

Yang menarik dari Gunung Kombang adalah adanya petilasan yang mitosnya menjadi tempat Nyi Roro Kidul bertapa. Di tempat yang dikeramatkan masyarakat ini juga sering dikunjungi orang yang berziarah untuk mendapatkan berkah. 

Disamping hal itu pemandangan gunung Kombang juga tidak kalah indah ketika sunset tiba, Gunung Kombang bisa menjadi spot bagus untuk berfoto. Jika kalian ke Pantai Ngliyep sempatkan waktu untuk mengunjungi Gunung Kombang.

Melihat Upacara Adat Larungan

Keberadaan Gunung Kombang yang dikeramatkan masyarakat sekitar Pantai Ngliyep, membuat pantai ini sering dijadikan tempat pelaksanaan upacara adat seperti upacara Larungan.

Biasanya masyarakat sekitar akan menyembelih kambing dan sapi yang sebagian dagingnya dibagikan ke warga. Sebagian lagi diarak ke Gunung Kombang bersama sesaji dan diiringi alunan musik tradisional. Setelah ke Gunung Kombang arak arakan sesaji akan dilarung ke laut sebagai bentuk syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Upacara adat ini juga diharapkan bisa memberikan berkah dan rezeki yang melimpah selama setahun kedepan.

Jam Buka Pantai Ngliyep

Loket tiket pantai ini mulai buka pada jam 08.00 WIB sampai 18.00 WIB setiap harinya. Walau begitu kalian bisa menikmati indahnya pantai ini kapan saja karena pantai ini terbuka 24 jam.

Harga Tiket Masuk Ke Pantai Ngliyep

Mengunjungi Pantai Ngliyep kalian tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Hanya dengan beberapa ribu saja kalian sudah bisa menikmati pemandangan indah pantai ini.

Lebih rincinya tentang biaya yang harus kalian keluarkan silahkan lihat dibawah ini:

RetribusiTarif
Tiket MasukRp15.000,00
Sewa Peralatan TendaRp150.000,00
Parkir MotorRp5.000,00
Parkir MobilRp10.000,00

Lokasi Dan Rute Ke Pantai Ngliyep

Pantai ini lokasinya ada di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, jaraknya sekitar 65 km dari kota Malang dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan. Akses menuju pantai ini sudah sangat mudah karena sudah beraspal.

Pantai ini bisa juga kalian datangi memakai angkutan umum yang kodenya GN1 atau GN2 dari Karangkates dan Kepanjen. Tetapi supaya mudah pakailah kendaraan pribadi dan manfaatkan Google Maps untuk mendapatkan rute terbaik.

Kalian juga bisa memanfaatkan Jasa Rental Mobil Malang lengkap dengan driver yang siap mengantar kalian ke pantai ini. Jadi kalian tidak perlu mencari rute perjalanan untuk sampai ke pantai ini.

Kata Penutup

Itulah informasi tentang Pantai Ngliyep, semoga bisa menjadi referensi sekian dan terima kasih.

You might also like