Pantai Jonggring Saloko, Pantai Tersembunyi Yang Unik Di Malang – Pesisir Malang Selatan memang terkenal dengan deretan pantainya yang mempesona sebagai wisata alam di Malang. Mulai dari yang terkenal dan sudah menjadi ikon wisata sampai pantai yang masih tersembunyi dan belum banyak diketahui wisatawan.

Contohnya seperti Pantai Jonggring Saloko, pantai dengan nama yang sama dengan nama Kawah Gunung Semeru. Pantai ini memiliki keunikan tersendiri yang membuat Pantai Jonggring Saloko berbeda dengan pantai lain. Keunikan tersebut berupa adanya fenomena Watu Ngebros. Nah untuk kalian yang penasaran dengan keunikan yang dimiliki pantai ini, silahkan simak informasi berikut untuk mengetahui informasi lebih lengkap tentang pantai Pantai Jonggring Saloko.

Rekomendasi :

Sekilas Tentang Pantai Jonggring Saloko

Pantai Jonggring Saloko, Pantai Tersembunyi Yang Unik Di Malang

Pantai Jonggring Saloko merupakan salah satu pantai di Malang yang lokasinya ada di Desa Mentaraman, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang.

Pantai ini juga memiliki fenomena unik yang sayang untuk kalian lewatkan. Perlu kalian tahu nama Jonggring Saloko berasal dari cerita pewayangan, yaitu sebuah nama kahyangan yang ditempati oleh Batara Narada. Salah satu tokoh Kanekaputra ini adalah tangan kanan dari Batara Guru. Akses untuk ke pantai ini masih tergolong sulit untuk dilalui. Yakni berupa jalan berbatu yang terjal dan berkelok kelok, tetapi usaha kalian akan terbayar dengan pemandangan yang disajikan pantai ini begitu kalian sampai.

Hal Menarik Pantai Jonggring Saloko

Pantai Jonggring Saloko, Pantai Tersembunyi Yang Unik Di Malang

Seperti yang sudah disebutkan diatas, Pantai Jonggring Saloko memiliki daya tarik tersendiri yang membuatnya beda dengan pantai lain. Di pantai ini kalian bisa melihat pemandangan indah dan fenomena unik berupa “Watu Brosh” yang membuat pantai ini mudah diingat oleh wisatawan yang datang berkunjung. Liburan ke tempat wisata ini juga tidak akan membuat kalian bosan, karena banyaknya aktivitas dan spot menarik yang tersedia.

Berikut beberapa hal menarik dari Pantai Jonggring Saloko:

Watu Ngebros

Mungkin kalian bertanya tanya tentang fenomena Watu Ngebros, fenomena ini adalah semburan air laut yang menghantam bebatuan karang. Akibat dari ombak yang menghantam batu karang tersebut menimbulkan suara “Brooosh”. Jika ombaknya cukup besar, biasanya akan diikuti dengan munculnya semburan ombak yang naik ke atas dari celah karang. 

Ketinggian semburan ombak tersebut bisa mencapai 10 meter, hanya saja untuk melihat fenomena tersebut, kalian harus menaiki tebing karang kurang lebih 10 sampai 15 menit. Dan jika beruntung kalian juga bisa melihat pelangi yang muncul dari semburan air laut tersebut.

Seperti Berada Di Pantai Pribadi

Ketika mengunjungi Pantai Jonggring Saloko kalian akan merasa seperti berada di pantai pribadi. Ini karena belum banyaknya pengunjung datang ke pantai ini bahkan tidak tahu dengan pantai ini. Kondisinya yang masih sepi dan areanya yang luas memungkinkan kalian untuk menjelajah Pantai Jonggring Saloko tanpa terganggu atau mengganggu pengunjung lain.

Keberadaan Gondang Towo

Di Pantai Jonggring Saloko juga ada sebuah sungai yang alirannya bermuara ke laut, dan pada umumnya muara akan memiliki jenis air payau atau campuran dari air tawar dan air laut. Tetapi tidak untuk sungai yang ada di pantai ini, sungai di pantai ini berair tawar yang bahkan bisa kalian minum. Padahal lokasi sungai ini dengan bibir pantai jaraknya hanya 20 meter.

Warga sekitar menamai sungai ini dengan Gondang Towo, airnya yang bersih jernih, dan berwarna kehijauan. Biasanya area sekitar sungai sering dijadikan tempat untuk camping untuk pengunjung yang ingin camping di Pantai Jonggring Saloko. Dan untuk kalian yang tertarik dengan acara adat “Suroan” datanglah kesini pada tanggal 1 Suro kalender Jawa. Acara adat tersebut berupa pencucian keris pusaka dan pelarungan sesaji untuk Nyi Roro Kidul.

Area Pasir Hitam

Pantai Jonggring Saloko sebenarnya memiliki pasir yang berwarna coklat. Tetapi jika kalian berjalan ke barat sekitar 200 meter kalian bisa menemukan sebuah kawasan dengan pasir hitam yang halus. Di area ini kalian bisa bermain pasir sepuasnya karena ombaknya yang tidak terlalu besar.

Fasilitas Yang Ada Di Pantai Jonggring Saloko

Karena sudah dikelola dengan baik, di pantai ini kalian bisa menemukan fasilitas fasilitas penunjang yang bisa dimanfaatkan para pengunjung Pantai Jonggring Saloko mulai dari : 

Area Camping

Untuk kalian yang ingin camping di sini kalian bisa membawa peralatan camping dari rumah. Kemudian mendirikan tenda di pinggir pantai untuk mendapatkan pengalaman seru di pantai ini. 

Tempat parkir

Fasilitas ini cukup penting karena ke banyak wisatawan yang datang ke pantai ini membawa kendaraan pribadi, jadi dibutuhkan area yang luas, aman dan memadai untuk memarkirkan kendaraan.

Warung

Untuk kalian yang berkunjung ke pantai ini jangan khawatir akan kelaparan karena sudah tersedianya warung makan di sekitar pantai yang menjual berbagai makanan.

Toilet umum

Toilet umum memang menjadi fasilitas penting yang harus dimiliki setiap tempat wisata. Di pantai kalian tidak perlu bingung mencari toilet umum karena sudah tersedianya beberapa toilet yang bisa kalian pakai.

Harga Tiket Masuk Dan Jam Buka Pantai Jonggring Saloko

Untuk masuk ke area pantai Pantai Jonggring Saloko kalian tidak akan dikenakan biaya apapun alias gratis. Pantai ini juga terbuka 24 jam untuk umum setiap harinya, jadi kalian bisa datang kapan saja sesuai dengan waktu liburan kalian.

Lokasi Dan Rute Ke Pantai Jonggring Saloko

Berlokasi di Desa Mentaraman, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Jaraknya sekitar 69 km jika dari pusat kota Malang, dengan waktu yang dibutuhkan kurang lebih 2,5 jam perjalanan berkendara.

Rute untuk mencapai Pantai Jonggring Saloko jika dari kota Malang, kalian bisa langsung menuju Kecamatan Donomulyo. Sesampainya di kecamatan Donomulyo, lanjut mengarah ke Desa Mentaraman, dari desa ini ke pantai Pantai Jonggring Saloko. Kalian harus melewati jalan sempit berbatu yang cukup terjal, kurang lebih sepanjang 1 km untuk sampai di pantai.

Jika masih bingung manfaatkan aplikasi peta digital Google Maps yang bisa mengantar kalian dari titik kalian berada. Atau bisa juga dengan memanfaatkan Jasa Rental Mobil Malang lengkap dengan driver yang bisa mengantar kalian ke lokasi tempat wisata yang ingin kalian tuju. 

Kata Penutup

Itulah informasi tentang wisata alam di Malang yaitu Pantai Jonggring Saloko. Semoga informasi ini bisa kalian jadikan sebagai referensi untuk kalian yang berencana berwisata ke Malang. Itu saja sekian dan terima kasih.

MalangTempat Wisata

Share this:

Facebook Twitter Email Telegram LinkedIn Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like