Pantai Jembatan Panjang, Pantai Eksotis Yang Masih Alami – Mengunjungi pantai di Malang memang bisa menjadi pilihan untuk kalian yang ingin refreshing atau ingin menjauhkan diri dari kesibukan sehari hari. Di pantai kalian bisa merasakan suasana sunyi dan damai, terlebih beberapa pantai yang ada di Malang masih cukup sepi jadi sangat cocok untuk kalian yang ingin menenangkan diri dan merasakan liburan seperti di pantai pribadi.

Nah salah satu pantai di Malang Selatan yang cocok kalian kunjungi adalah Pantai Jembatan Panjang. Nama pantai ini mungkin jarang didengar oleh wisatawan apalagi yang dari luar kota Malang. Tetapi jika kalian datang kesini dan melihat pemandangan pantai ini secara langsung, mungkin akan langsung jatuh cinta dan berah di pantai ini.

Rekomendasi : 

Sedikit Tentang Pantai Jembatan Panjang

Pantai Jembatan Panjang, Pantai Eksotis Yang Masih Alami

Pantai Jembatan Panjang adalah pantai di Malang yang lokasinya ada di Desa Sumber Bening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Pantai ini juga bertetangga dengan Pantai Balekambang, disini kalian bisa melihat sebuah pulau yang dihubungkan oleh jembatan, pulau tersebut bernama Pulau Wisanggeni. Jika air sedang surut kalian juga bisa menuju pulau tersebut lewat bawah jembatan yang menghubungkan Pulau Wisanggeni dan Pulau Ismaya.

Ada beberapa pemandangan indah yang dimiliki Pantai Jembatan Panjang mulai dari hutan yang masih alami, dan hamparan pasir putih yang halus dan luas. Disini kalian bisa melakukan beberapa aktivitas seperti bermain air atau duduk santai sambil melihat pemandangan yang tersaji dari pinggir pantai. Indahnya pemandangan pantai ini juga sering dimanfaatkan sebagai tempat syuting film dan buruan para penyuka spot foto instagramable dengan perpaduan jembatan dan pepohonan yang rindang.

Hal ini menjadi perhatian para pengguna media sosial khususnya instagram. Spot jembatan panjang ini memang bisa menjadi spot foto yang keren dan menjadi ikon dari pantai satu ini. Dan pastinya spot ini menjadi incaran wisatawan yang berkunjung ke Pantai Jembatan Panjang. Selain menjadi spot foto yang keren, spot ini juga menjadi spot terbaik untuk menikmati keindahan laut selatan ditemani ombak besar dan suasana yang menyejukkan khas pantai.

Hal menarik Dari Pantai Jembatan Panjang

Pantai Jembatan Panjang, Pantai Eksotis Yang Masih Alami

Sesuai dengan namanya pantai ini memiliki sebuah jembatan yang panjang menghubungan antara daratan dengan sebuah pulau kecil yang ada di dekat pantai ini.

Jika dilihat memang sangat mirip dengan Pantai Balekambang yang sama sama memiliki jembatan yang menghubungan pulau dan daratan. Seperti yang sudah disebutkan diatas Pantai Jembatan Panjang bertetangga dengan pantai Balekambang atau lebih tepatnya bersebelahan. Jadi bisa kalian jangkau hanya dengan berjalan kaki.

Yang membedakan dari kedua pantai ini ada pada kondisi perairannya yang lebih tenang dan tidak banyak dikunjungi wisatawan. Jadi wisatawan yang datang kesini juga bisa merasakan liburan di 2 pantai secara sekaligus. Selain itu masih ada hal menarik yang dimiliki pantai ini apa saja berikut informasinya.

Misteri Dan Mitos Pantai Jembatan Panjang

Pantai Jembatan Panjang, Pantai Eksotis Yang Masih Alami

Pemandangan yang paling mencolok dari pantai ini adalah jembatan diatas laut yang menghubungkan pantai dengan pulau yang tidak ada penghuninya. Menurut cerita, jembatan tersebut sudah sering diperbaiki, tetapi setelah diperbaiki akan rusak lagi dalam beberapa hari.

Karena sering mengalami kerusakan walaupun berkali kali diperbaiki, muncul banyak cerita mistis yang menyelimuti jembatan tersebut. Salah satunya adalah tidak direstuinya pembangunan jembatan tersebut oleh makhluk gaib penghuni pulau tersebut.

Terlepas dari cerita atau mitos yang menyelimuti, sama sekali tidak menyurutkan wisatawan yang datang ke sini. Bahkan jembatan tersebut seringkali menjadi spot foto menarik karena background yang didapat. Bahkan jembatan ini menjadi ikon, daya tarik dan asal usul penamaan pantai satu ini.

Pemandangan Yang Seperti Pantai Balekambang

Berkunjung ke Pantai Jembatan Panjang rasanya tidak jauh berbeda dengan Pantai Balekambang. Kedua pantai ini memang sama sama memiliki pasir putih, air yang jernih dan sama sama memiliki jembatan penghubung antara pantai dengan pulau kecil yang bisa capai dengan berjalan kaki melewati jembatan ini. Hanya saja ombak yang ada di Pantai Jembatan Panjang lebih tenang dan suasananya cukup sepi.

Fasilitas Pantai Jembatan Panjang

Sebagai tempat wisata alam yang masih sepi dikunjungi wisatawan, jadi fasilitas yang ada di Pantai Jembatan Panjang masih sedikit. Nah karena pantai ini dekat dengan Pantai Balekambang yang sudah terkenal dan sudah dikelola dengan baik, kalian bisa memanfaatkan fasilitas umum di Pantai Balekambang yang sudah lengkap. Pantai Balekambang memang fasilitas yang lengkap mulai dari tempat parkir, toilet, mushola, sampai warung makan yang menjual berbagai makanan laut dan minuman.

Harga Tiket Masuk Dan Jam Buka Pantai Jembatan Panjang

Untuk masuk ke Pantai Jembatan Panjang kalian hanya perlu membayar tiket yang cukup murah, yaitu Rp 5.000 per orang, itu juga jika ada petugas yang berjaga. Jika kalian datang di sore hari kadang tidak ada petugas di pantai ini.

Kalian juga bisa datang ke Pantai Jembatan Panjang lewat pantai Balekambang, kalian hanya perlu membayar tiket masuk di pintu masuk ke pantai Balekambang, kemudian mampir ke Pantai Jembatan Panjang.

Lokasi Dan Rute Ke Pantai Jembatan Panjang

Pantai Jembatan Panjang lokasinya ada di Desa Sumber Bening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Jaraknya kurang lebih 60 km dari kota Malang dengan waktu perjalan sekitar 2 jam memakai kendaraan bermotor.

Rute untuk ke Pantai Jembatan Panjang jika dari kota Malang langsung saja menuju Gondanglegi atau bisa juga ke arah Kepanjen. Dari Gondanglegi lanjut ke wilayah Bantur, jika kalian memiliki jalur Kepanjen lanjut ke daerah Pagak kemudian lanjut ke Bantur. Sesampainya di Bantur langsung saja lanjut ke pantai Balekambang.

Jika masih bingung manfaatkan aplikasi peta digital Google Maps untuk mendapatkan rute terbaik dan bisa mengantar kalian dari titik kalian berada. Atau bisa juga dengan memakai Jasa Rental Mobil Malang lengkap dengan driver yang bisa mengantar kalian ke tujuan. Jadi kalian tidak perlu pusing mencari jalan mana yang harus dilewati untuk sampai ke tujuan.

Kata Penutup

Itulah informasi tentang salah satu pantai di Malang Selatan yaitu Pantai Jembatan Panjang yang memiliki pemandangan indah dan dekat dengan pantai Balekambang. Itu saja sekian dan terima kasih.

MalangTempat Wisata

Share this:

Facebook Twitter Email Telegram LinkedIn Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like