5 Cara Promosi Usaha Tanpa Modal

5 Cara Promosi Usaha Tanpa Modal yang Bisa Kamu Praktekkan Sekarang Juga

Literaturnegeri.idApakah kalian sudah tau apa itu promosi? Promosi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia promosi memiliki empat arti. Salah satunya yaitu, “Perkenalan (dalam rangka memajukan usaha, dagang, dan sebagainya).” Cara Promosi Usaha Tanpa Modal

Sedangkan menurut Gugup Kismono dalam bukunya Pengantar Bisnis, bahwa promosi memiliki lima tujuan dalam usaha, yaitu memberikan informasi soal produk yang ditawarkan, meningkatkan penjualan, menstabilkan penjualan meski pasar lesu, mempromosikan produk, dan juga membentuk citra produk.

5 Cara Promosi Usaha Tanpa Modal

Para usahawan, secara teoritis, promosi ada lima bentuk, antara lain:

  1. Periklanan

Promosi dapat dilakukan dengan periklanan. Periklanan merupakan segala sesuatu yang berkaitan dengan berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai supaya tertarik pada barang dan juga jasa yang ditawarkan.

  1. Promosi Penjualan (Sales Promotion)

Sales promotion bisa kalian lakukan dengan memberikan potongan harga, kupon, ataupun bonus. Bentuk promosi yang satu ini didesain untuk mempercepat serta memaksimalkan penjualan.

✅REKOMENDASI  10 Perangkat Promosi Sederhana Yang Masih Efektif Hingga Sekarang

Kalian bisa mengadakan program diskon dengan beberapa macam model, seperti contohnya diskon cashback, diskon potongan persentase dari harga jual, diskon menurut periode waktu ternetu, ataupun diskon dengan minimal pembelian tertentu.

Jika kalian sudah menggunakan Qasir, kalian tinggal akifkan saja fitur Kelola Diskon. Dengan fitur ini kalian bisa set beberapa model diskon dan menyimpannya di aplikasi kalian. Beberapa model diskon ini kalian bisa implementasikan secara bersamaan ataupun bisa bergantian. Mudah sekali bukan?

Dengan diskon yang bisa kalian atur secara otomatis seperti ini, kalian tidak perlu repot lagi ketika transaksi. Semuanya akan terhitung dan terpampang dalam lembar struk. Kalian juga jadi mudah jika ingin mengecek laporannya.

  1. Penjualan Pribadi (Personal Selling)

Personal selling merupakan komunikasi langsung (tatap muka) antara si penjual dan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk kepada calon pelanggan. Bentuk ini akan membangun pemahaman si pelanggan terhadap produk kalian sehingga mereka tertarik untuk mencoba dan membelinya.

  1. Publisitas atau Public Relation

Public relation adalah upaya dari perusahaan untuk membina citra perusahaan yang baik, dan menangani atau menangkal isu, cerita dan juga peristiwa yang bisa merugikan perusahaan yang dilakukan melalui pembinaan hubungan dengan masyarakat.

  1. Media Sosial

Lebih dari separuh orang yang ada di dunia ini sekarang menggunakan media sosial. Data terbaru dari Datareportal menunjukkan bahwa, 4,14 miliar orang di seluruh dunia telah menggunakan media sosial pada Oktober 2020, setara dengan 53 % dari total populasi global.

✅REKOMENDASI  10 Perangkat Promosi Sederhana Yang Masih Efektif Hingga Sekarang

Promosi dengan menggunakan media sosial bahkan menawarkan nilai jangka panjang. Promosi di sosial media dengan konten visual menarik bisa mendorong para konsumen untuk menekan tombol klik dan share. Pada akhirnya, pemasaran akan menyebar dengan sendirinya.

Hal penting lainnya yaitu media sosial mempunyai konsep visual, mendorong produk kalian dilihat oleh lebih banyak orang. Berbisnis dengan memanfaatkan keindahan konten visual ataupun audio visual akan membuat seseorang memutuskan untuk segera membeli produk bisnis kalian.

✅REKOMENDASI  10 Perangkat Promosi Sederhana Yang Masih Efektif Hingga Sekarang

Kalian juga bisa memanfaatkan blog. Buatlah blog yang berisikan penjelasan dan promosi tentang produk atau jasa yang kalian tawarkan.

Situs berbagi video pun bisa kalian manfaatkan juga. Kalian bisa membuat live streaming seperti cuplikan di balik layar produk baru. Bisa juga dengan membuat video tentang proses pembuatan produk kalian atau cara kerja layananmu.

Akhir Kata

Itulah 5 Cara Promosi Usaha Tanpa Modal yang Bisa Kamu Praktekkan Sekarang Juga. Untuk mempromosikan usaha tidak selalu mengeluarkan biaya, masih banyak cara lain yang cukup efektif  dan tanpa modal seperti diatas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.