11 Tips Backpacker ke Thailand Sendirian

11 Tips Backpacker ke Thailand Sendirian

Literaturnegeri – Liburan tak selalu harus mahal, kamu bisa berlibur dengan biaya seminimal mungkin dengan gaya Backpacker. Terlebih jika kamu mau liburan ke luar negeri seperti Thailand, tentu kamu harus memperisapkan segalanya dengan baik. Simak 11 Tips Backpacker ke Thailand Sendirian ini.

Nah,jika kamu memiliki budget yang minim dan ingin liburan ke Thailand bisa simak Tips Backpacker ke Thailand berikut ini supaya liburan semakin seru dan menyenangkan dan juga tidak menguras kantong.

11 Tips Backpacker ke Thailand Murah untuk Solo Traveler

Mengingat jaraknya yang tidak terlalu jauh dari Indonesia, travelling ke Thailand bisa dibilang cukup aman. Kamu bisa pergi sendirian tanpa khawatir akan banyak hal.

Berikut ini adalah beberapa tips backpacker ke Thailand yang akan sangat membantu kamu.

  1. Berburu Tiket Promo

Ketika menyusun anggaran travelling, kamu biasanya dipusingkan dengan biaya tiket pesawat yang mahal. Sebagian besar biaya liburan memang dihabiskan untuk tiket penerbangan pulang dan pergi.

Agar kamu lebih hemat, kamu bisa memesan tiket pesawat dari jauh-jauh hari. Lakukan minimal 3 bulan sebelum keberangkatan. Carilah tiket termurah dari maskapai terpercaya. Dan jika perlu lakukan langganan newsletter untuk tahu penawaran terbaik dari maskapai.

  1. Pilih Low Season

Setiap negara tujuan pada umumnya mempunyai low season setiap tahunnya. Low season ini ditandai dengan rendahnya jumlah wisatawan yang datang. Di saat pandemic seperti saat ini, biasanya tiket pesawat, penginapan, serta akomodasi lainnya jauh lebih murah.

Untuk Thailand, low season jatuh pada bulan Maret sampai bulan Desember. Sayangnya, pada bulan April bukan waktu yang tepat untuk liburan murah, karena ada perayaan Songkran.

  1. Mencari Penginapan Murah

Tak hanya tiket pesawat, penginapan juga akan menelan budget cukup besar. Jika kamu travelling sendirian, sebaiknya kamu pilih penginapan yang ramah di kantong.

Lokasi penginapan yang sangat direkomendasikan untuk travelling adalah Khao San Road. Selain dekat dari pusat keramaian, tarif hostel disini juga benar-benar murah.

Kamu bisa menyewa kamar nyaman mulai dari Rp100 ribu saja.

  1. Gunakan Transportasi Umum

Thailand sudah dilengkapi oleh moda transportasi yang memadai. Berbagai macam transportasi umum bisa kamu temukan dengan mudah. Kamu tidak perlu menyewa taksi, jika bepergian sendiri.

Kamu manfaatkan transportasi umum yang dibandrol dengan harga murah. Untuk lokasi yang sedikit jauh, kamu bisa menggunakan MRT ataupun BTS. Selain itu, ada juga bus yang hanya menelan biaya sekitar 8-20 baht.

  1. Kunjungi Tempat Wisata Gratis

Travelling tidak harus diisi oleh destinasi yang mahal dan eksklusif. Kamu bisa mengunjungi berbagai tempat wisata gratis yang tersebar di penjuru Thailand.

Tak hanya menghemat biaya, kamu tentunya bisa bertemu dengan banyak orang.

Pengeluaran kamu akan jauh lebih murah dibandingkan yang sebelumnya. Menariknya, beberapa tempat wisata gratis ini juga menawarkan hiburan dan kuliner yang wajib dicoba.

  1. Menumpang Selama Traveling

Beberapa situs hospitality telah menawarkan penginapan gratis untuk para wisatawan. Jejaring ini bisa kamu manfaatkan untuk mencari tumpangan yang nyaman.

Thailand sendiri telah menjadi bagian dari jejaring hospitality selama beberapa tahun terakhir. Kamu bisa temukan tuan rumah yang menyenangkan dan tak pelit untuk berbagi tempat.

  1. Atur Budget Liburan

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah merancang budget. Berapa besar kira-kira uang yang akan kamu habiskan untuk liburan bersama ke Thailand nantinya.

Pastikan kamu menghitung semua pengeluaran yang kamu butuhkan, mulai dari tiket pesawat sampai biaya dengan makan.

Jika kamu bingung, cobalah kamu tanyakan rekan kamu yang pernah berlibur ke negeri Gajah Putih tersebut.

  1. Buat Itinerary Perjalanan

Untuk membantu kamu untuk menentukan budget liburan, itinerary perjalanan sangatlah dibutuhkan. Dari sini, kamu bisa tahu perkiraan biaya yang akan dikeluarkan. Jika tempat yang dikunjungi memungut biaya masuk, tentunya akan ada pengeluaran tambahan.

Begitu juga dengan biaya transportasi yang dibutuhkan dari lokasi penginapan sampai tempat wisata. Alangkah baiknya pilih transportasi umum yang jauh lebih terjangkau.

  1. Cari Penerbangan Murah

Jika kamu pergi bersama pasangan, maka carilah tiket pesawat yang ramah di kantong. Dengan begini, kamu bisa menghemat akomodasi dari dan balik ke Indonesia.

Biasanya, maskapai dalam dan luar negeri suka memberikan diskon besar di bulan-bulan tertentu, seperti low season.

  1. Pilih Hostel atau Guest House

Janganlah ragu untuk memilih penginapan murah untuk beristirahat. Kamu dan pasangan tidak harus menyewa kamar bertarif mahal untuk menghabiskan liburan kamu. Hostel ataupun guest house sudah cukup untuk mengistirahatkan tubuh setelah berjalan-jalan.

  1. Memilih Jajanan Pinggir Jalan

Menjajal jajanan kaki lima khas Thailand tentunya akan menyenangkan terlebih lagi jika bersama seorang pasangan. Apalagi jajanan di Thailand terkenal tidak biasa dan ekstrem. Jadi kamu bisa mendapatkan pengalaman tak terlupakan seumur hidup.

Di samping itu, kamu juga bisa menghemat biaya makan yang cukup mahal di sini. Berbeda dengan jajanan kaki lima, restoran di Thailand biasanya membandrol dengan tarif yang mahal untuk sekali makan.

Akhir Kata

Itulah pembahasan tentang 11 Tips Backpacker ke Thailand sendirian semoga saja dapat bermanfaat buat kamu yang ingin backpackeran ke Thailand sendirian.