Tempat Wisata di Salatiga yang Menarik dan Asik

Tempat Wisata di Salatiga yang Menarik dan Asik

Tempat Wisata di Salatiga yang Menarik dan Asik – Secara topografi, Salatika merupakan daerah dengan topografi berupa dataran tinggi. Kota Salatiga juga masuk dalam administrative dari Provinsi Jawa Tengah, dan hanya memiliki 4 kecamatan. Walau begitu kota ini sering didatangi wisatawan yang berasal dari luar Jawa. Banyak tempat wisata menarik di Kota Salatiga yang cocok untuk dijadikan tujuan wisata. Bahakan selama perjalanan anda ke Kota Salatiga anda sudah disuguhai pemandangan pegunungan yang indah.

Objek wisata di Salatiga yang bisa anda coba kunjungi diantaranya seperti Kopeng, Atlantic Dreamland, air terjun dan masih banyak lagi. Kebanyakan wisata alam di Salatiga tidak begitu ramai sehingga wisatanya banyak yang dijuluki surga tersebunyi, justru hal tersebut lah yang menjadi daya tarik untuk para wisatawan yang datang. Jika anda sudah penasaran apa saja tempat wisata yang terdapat di Kota Salatiga. Yuk kita simak saja informasi dibawah ini!

Tempat Wisata di Salatiga yang Menarik dan Asik

Berikut Tempat Wisata di Salatiga yang Menarik dan Asik:

1. Kopeng Treetop Adventure Park

Tempat Wisata di Salatiga yang Menarik dan Asik

Kopeng Treetop Adventure Park adalah sebuah tempat wisata di Salatiga yang berada di lereng Gunung Merbabu. Disini anda bisa melakukan kegiatan Outbound baik untuk orang dewasa ataupun anak-anak. Tidak heran tempat wisata ini sering digunakan untuk acara-acara dari rombongan kantor, sekolah, dan keluarga. Terdapat 8 rintangan dengan tingkan kesulitan yang berbeda-beda dan bisa anda selesaikan dalam waktu 2 jam 30 menit. Untuk harga tiketnya sendiri mulai dari Rp 110.000 untuk anak-anak dan Rp 160.000 untuk dewasa, masih ada kemungkinan harga berubah jadi persiapkan saja.

✅REKOMENDASI  Tempat Wisata Di Trenggalek, Dari Pantai Sampai Gunung

2. Bukit Cinta

Tempat Wisata di Salatiga yang Menarik dan Asik

Bukit Cinta merupakan tempat wisata yang menawarkan berbagai pemandangan indah dari ketinggian. Bukit ini disebut Cinta karena pemandangannya yang romantis, meskipun begitu tidak hanya pasangan saja yang datang ke spot ini. Tempat ini mempunyai spot foto yang bagus, fasilitasnya juga cukup lengkap, terdapat spot perainan anak, tempat duduk, dan gazebo. Adapun harga tiket untuk masuk ke kawasan Bukit Cinta adalah Rp 7.500,-.

3. Umbul Sidomukti

Tempat Wisata di Salatiga yang Menarik dan Asik

Umbul Sidomukti adalah salah satu tempat wisata yang berada di desa salatiga, kabupaten salatiga, provinsi jawa tengah. Tempat ini menawarkan anda berenang di atas puncak bukit, dengan 4 kolam yang memiliki kedalaman yang berbeda-beda. Karena tempat ini berada di bukit sehingga anda akan disuguhi indahnya pemandangan alam dari ketinggian ketika sedang berenang. Umbul Sidomukti anda juga bisa mencoba flying fox dan menunggangi kuda. Harga tiket masuknya sendiri berada di kisaran Rp 5.000 sampai Rp 10.000.

4. Gunung Merbabu

Tempat Wisata di Salatiga yang Menarik dan Asik

Bagi anda pecinta hiking, sangat cocok sekali apabila pergi berwisata ke Gunung Merbabu. Gunung Merbabu merupakan gunung dengan ketinggian lebih dari 3000 mdpl sehingga dalam pendakiannya cukup membutuhkan tenaga yang besar. Selama mendaki, anda juga bisa mengunjungi beberapa spot alam menarik seperti Rawa Pening, pemandangan layar yang menjadi batu, dan masih banyak lagi. Masuk ke jalur pendakian Gunung Merbabu, anda harus membayar sebesar Rp 10.000 untuk satu orangnya.

5. Agrowisata Salib Putih

Tempat Wisata di Salatiga yang Menarik dan Asik

Agrowisata Salib Putih adalah salah satu objek wisata alam yang cocok anda kungjungi ketiksa sedang berada di Salatiga. Salip Putih sendiri adalah sebuah desa, nama Salip putih sendiri bukanlah mengarah kepada kepercayaan atau agama, melainkan hanya sebuah nama desa saja. Tempat ini menawarkan banyak keseruan yang bisa anda coba mulai dari camping, berenang sampai outbond. Untuk melakukan semua kegiana itu anda dikenakan biaya yang berbeda beda, jadi perbanyak uang sakau anda.

✅REKOMENDASI  Tempat wisata di kabupaten Donggala

6. Kolam Renang Kalitaman

Tempat Wisata di Salatiga yang Menarik dan Asik

Jika anda ingin berenang ketika sedang berada di kota Salatiga, Anda bisa mengunjungi Kolam Renang Kalitaman. Sekedar informasi tempat ini sudah lama berdiri atau bisa dibilang kolam renang yang paling tua yang ada di Salatiga. Walapun yang paling tua, fasilitas yang ada sudah lengkap mulai dari ruang tunggu, ruang ganti, ruang bilas, dan kantin. Uang yang harus Anda keluarkan untuk masuk ke tempat ini sebesar Rp 5.000 per orang.

7. Mata Air Senjoyo

Mata Air Senjoyo adalah tempat wisata yang ada di Salatiga atau lebih tepatnya berada di Jl. Senjoyo, Gendongan, Tingkir, Kota Salatiga, Jawa Tengah. Tempat ini memiliki kolam yang jernih sehingga anda bisa berenang atau bermain air dan menikmati alam di tempat ini. Mata Air Senjoyo masih dalam kawasan Gunung Merbabu sehingga sering di jadikan sebagai tempat istirahat para pendaki Gunung Merbabu. Fasilitas yang ada bisa dibilang sudah lengkap, tiket masuknya hanya sebesar Rp 8.000 saja untuk satu orang.

8. Prasasti Plumpungan

Salah satu wisata edukasi dan sejarah yang ada di Salatiga ini merupakan batu tulis dengan bahasa sanksekerta. Prasasti in menceritakan mengenai keberadaan Kota Salatiga sejak zaman dahulu kala. Wisata sejarah ini mempunyai luas sekitar 2800 meter persegi, terdapat beberapa fasilitas seperti tempat duduk, tempat parkir, WC umum, dan lainnya. Prasasti nya yang unik dan berbentuk khas dapat dijadikan sebagai spot foto para pengunjung. Harga tiket masuk kawasan ini berkisar Rp 5.000,- hingga Rp 10.000,-

9. Taman Kota Tingkir

Taman Kota di Salatiga yang satu ini selalu ramai dengan aktivits masyarakatnya, anda akan melihat banyak orang bermain sepeda, sepatu roda, bersantai sambil mengobrol, olahraga pagi, dan lain-lain. Bahkan di Taman Kota Tingkir ini tersedia fasilitas layar tancap lho! sehingga sangat cocok anda kunjung bersama dengan keluarga. Anda tidak akan dikenakan biaya apapun untuk memasukan tempat ini yang bisa menghemat uang saku anda.

✅REKOMENDASI  Tempat Wisata Di Subang Surga Yang Ada Di Jalur Pantura

10. Desa Wisata Tingkir Lor

Wisata Tingkir Lor disebut Tingkir karena sejarahnya dahulu tempat wisata ini merupakan tempat tinggaal Jaka Tingkir, seorang Sultan Kesultanan Pajang pada zaman dahulu. Banyak aktivitas wisata yang anda lakukan di Tingkir Lor, misalnya melihat berbagai atraksi kesenian, menikmati indahnya pemandangan, dan berbelanja oleh-oleh khas Salatiga. Di tempat ini anda tidak akan dikenakan biaya sepeserpun.

11. Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa merupakan wisata sejarah dan wisata edukasi berupa benda-benda lokomotif sejarah dari mulai peninggalan zaman penjajahan Belanda. Terdapat lokomotif uap yang sampai sekarang mesin nya masih kokoh. Kawasan wisata edukasi ini dibanderol dengan harga Rp 10.000,- per orangnya. Terdapat fasilitas berupa toilet, tempat parkir, mushola, warung makan, toko souvenir, dan pusat informasi yang memadai.

12. Air Terjun Umbul Songo

Ketika Anda sedang berlibuat di Kota Salatiga cobalah datang ke Air Terjun Umbul Songo, air terjun ini memiliki tinggi sekitar 15 meter dan dengan arus yang cukup deras. Lokasi dari air terjun ini cukup tersembunyi, anda diharuskan untuk berjalan ratusan meter dari tempat parkir. Atau anda juga bisa menyewa kuda yang akan mengantarkan anda ke Air Terjun Umbul Songo. Tiket masuknya hanya Rp 5.000 saja untuk satu orangnya.

13. Atlantic Dreamland

Jika anda membawa anak-anak mungkin tempat ini cocok untuk dikunjungi, Atlantic Dreamland adalah tempat wisata yang berisikan wahana untuk anak samapai dewasa. Wahanay yang ada di Atlantic Dreamland mulai dari game center, balon loncat, bioskop 4D, bombom car, flying fox, sampai waterboom. Tempat ini selalu ramai dikungjungi wisatawan dan fasilitasnya juga sudah lengkap. Tiket masuknya sendiri hanya Rp 20.000 per orangnya saja.