Tempat Wisata di Pontianak yang Paling Favorit

Tempat Wisata di Pontianak yang Paling Favorit

Tempat Wisata di Pontianak yang Paling Favorit – Pontianak merupakan salah satu Kota di Indonesia yang terletak di pulau terbesar, yaitu Kalimantan. Pontianak juga terkenal dengan sebutan khatulistiwa karena secara geografis tepat dilewati oleh Garis Khatulistiwa atau pembagi bumi. Hal itu membuat banyak sekali para peneliti yang datang ke Pontianak untuk melakukan penelitian-penelitian tertentu. Tidak hanya itu saja, Pontianak juga dilewati oleh salah satu sungai terbesar di Indonesia, yaitu sungai Kapuas.

Sektor pariwisata di Pontianak sampai saat ini cukup berkembang pesat, ditambah lagi banyak nya turis yang mengunjungi Kalimantan setiap tahun nya semakin bertambah sesuai data. Pontianak juga kerap dijadikan sebagai destinasi liburan terfavorit oleh warga lokal Indonesia, lalu apa saja ya tempat wisata di Pontianak yang paling favorit itu? berikut akan kami informasikan beberapa rangkumannya.

Tempat Wisata di Pontianak yang Paling Favorit

Berikut Tempat Wisata di Pontianak yang Paling Favorit:

1. Tugu Khatulistiwa

Tempat Wisata di Pontianak yang Paling Favorit

Tugu Khatulistiwa merupakan tugu yang menjadi simbol Kota Pontianak. Tugu ini terletak di pusat kota dan destinasi yang wajib dikunjungi mengingat Pontianak merupakan kota di Indonesia yang dilewati oleh garis khatulistiwa. Tidak hanya sekedar melihat tugu saja, namun anda juga bisa melihat-lihat koleksi yang ada di museum berkaitan dengan khatulistiwa. Tempat ini juga dilengkapi dengan beberapa toko souvenir miniatur khatulistiwa, dan lain-lain.

✅REKOMENDASI  Tempat Wisata di Dekat Malioboro Paling Asik

2. Taman Alun-alun Kapuas

Tempat Wisata di Pontianak yang Paling Favorit

Nama taman alun-alun ini tidak terlepas dengan Sungai Kapuas yang melintas di Kota Pontianak. Di tempat ini anda bisa melakukan rekreasi, banyak kursi-kursi panjang yang sengaja disediakan untuk orang-orang yang singgah. Terdapat air mancur yang di malam hari berwarna warni akibat pengaruh lampu di taman tersebut. Banyak juga sajian kuliner yang bisa anda cicipi disini, dari mulai sajian kuliner khas hingga cemilan jalanan pun bisa anda temui.

3. Aloe Vera Center

Tempat Wisata di Pontianak yang Paling Favorit

Aloe Vera merupakan pusat budidaya tanaman lidah buaya, anda bisa melihat berbagai tanaman lidah budaya yang dikembangbiakan disini, bahkan ada lidah buaya yang beratnya mencapai 1 kg lho di tempat ini. Tidak hanya melihat tanamannya saja, anda juga akan diajak untuk melihat proses pengolahannya hingga menjadi krim untuk kulit, krim untuk rambut, dan lain-lain.

4. Pantai Pasir Panjang

Tempat Wisata di Pontianak yang Paling Favorit

Selain dilewati Sungai, kawasan Kota Pontianak juga dekat dengan kawasan pantai. Salah satu pantai yang kerap dikunjungi oleh para wisatawan adalah Pantai Pasir Panjang. Pantai ini memiliki karakter pasir berwarna cream dengan bebatuan yang ada di perairannya. Banyak restoran dan pertokoan yang ada di pantai ini, ada juga beberapa spot pantai khusus yang menyediakan spot olahraga seperti voli pantai, dan lain-lain.

5. Museum Kalimantan Barat

Tempat Wisata di Pontianak yang Paling Favorit

Wisata museum Kalimantan Barat yang berada di Kota Pontianak ini menawarkan berbagai koleksi benda kerajaan peninggalan di Kalimantan Barat, kerajinan seni, budaya suku Dayak, berbagai koleksi keramik, dan lain-lain. Anda juga bisa membeli souvenir kerajinan oleh-oleh khas Kalimantan Barat di tempat ini. Kawasan museum ini juga kerap dijadikan sebagai tempat spot foto oleh para pengunjungnya, terdapat taman kecil dengan jembatan kayu menghiasi tempat ini.

✅REKOMENDASI  Tempat Wisata Di Minahasa Utara Bertema Alam & Sejarah Terbaik

6. Masjid Jami Pontianak

Tempat Wisata di Pontianak yang Paling Favorit

Bagi anda yang beragama islam, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Masjid Jami Pontianak untuk melakukan sholat lima waktu. Masjid ini terletak di kawasan keraton yang sudah ada sejak pertama Kota Pontianak dibangun. Masjid jami ini memiliki kapasitas yang sangat besar bahkan mampu menampung jamaah hingga 1.500 orang banyaknya. Masjid Jami Pontianak ini terletak di pusat kota Pontianak.

7. Keraton Kadriah

Tempat wisata yang satu ini adalah tempat wisata sejarah dan religi. Keraton KAdriah merupakan keraton yang dulunya tempat tinggal Sultan Syarfi Abdurrahman Alqdrie. Keraton ini terbuat dari kayu khas Kalimantan dan didominasi dengan warna kuning. Banyak koleksi benda-benda berserjarah di tempat ini, anda akan menemukan Meriam kuno peninggalan zaman penjajahan Jepang, anda juga akan menemukan singgasana sultan dan permaisuri, koleksi pakaian sultan, alqur-an yang ditulis tangan, dan lain-lain.

8. Makam Kesultanan Batulayang

Makam Kesultanan Batulayang ini merupakan kompleks pemakaman sultan sebagai leluhur di Pontianak dan juga tempat pemakaman keluarga besarnya. Anda bisa melakukan ziarah ke tempat ini sebagai bentuk penghormatan pada Kesultanan Batulayang. Uniknya, pintu masuk tempat ini dibuat sengaja rendah sehingga para pengunjung harus membungkuk terlebih dahulu sebagai penanda menghormati para leluhur. Makam Kesultanan ini bisa menjadi wisata religi dan sejarah ketika mengunjungi Kota Pontianak.

9. Kapuas River Cruise

Kapuas River Cruise adalah objek wisata yang ada di Pontianak, Anda ditawarkan untuk menyusuri sungai Kapuas. Bahkan tempat wisata ini disebut sebut wajib Anda kunjungi ketika berlibur ke kota Pontianak. Anda akan menyusuri Sungai Kapuas dengan menggunakan kapal bernama Kapuas River Cruise, untuk dapat menggunakan kapal tersebut juga para wisatawan tidak akan dipatok dengan biaya yang terlalu besar.

✅REKOMENDASI  Rekomendasi Wisata di Lombok Pasca Gempa

10. Rumah Betang Radakng

Rumah Betang Radakng merupakan tempat wisata yang menghadirkan rumah kha suku Dayak di Kalimantan Barat. Rumah dengan dimensi 138 x 5 x 7 meter ini berbentuk rumah panggung yang terdiri dari teras, ruang selasar, dan ruang tidur. Rumah khas suku Dayak juga mempunyai interior yang khas, banyak spot foto yang bisa anda gunakan disini.

11. Sinka Island

Taman rekreasi yang satu ini berada di Teluk Ma’Jantuh. Wisata Sinka Island terdiri dari kebun binatang, kolam renang, dan pantai. Kebun Binatang di Sinka Island ini tidak terlalu besar namun mempunyai koleksi binatang hingga 200 ekor lho! Disini anda bisa menikmati indahnya suasana pantai dari jembatan kayu. Untuk masuk ke tempat wisata ini juga para wisatawan hanya cukup membayar Rp 20.000,- saja lho, murah bukan?

12. Taman Bougenville

Taman Bougenville ini merupakan taman bunga yang didominasi oleh Bougenville. Taman ini mempunyai pemandangan taman yang sangat indah, ditambah dengan hamparan rumput hijau nya yang terawat. Taman bunga ini terletak di bukit sehingga udara nya sangat sejuk, dekat dengan kawasan hutan, anda juga bisa melakukan penjelajahan di hutan tersebut jika mau.

13. Masjid Raya Mujahidin

Berbeda dengan Masjid Jami Pontianak yang hanya bisa menampung 1.500 jamaah, Masjid Raya Mujahidin ini merupakan masjid yang sangat megah dan mampu menampung hingga 9.000 jamaah lho! Bahkan, masjid ini digunakan sebagai tempat pusat kajian islam yang ada di Pontianak. Tidak hanya masjid nya saja yang megah dan luas, bahkan bagian luar kawasan masjid ini juga mampu menampung hingga 1.600 mobil.