Mengenal Layanan Mandiri Cash Management dan Cara Penggunaannya

Mengenal Layanan Mandiri Cash Management dan Cara Penggunaannya

Mengenal Layanan Mandiri Cash Management dan Cara Penggunaannya – Dalam sebuah bisnis, tata kelola keuangan itu merupakan hal yang sangat penting. Namun sayangnya, pengawasan hal ini jadi cukup sulit bagi kebanyakan perusahaan, apalagi untuk perusahaan yang memiliki transaksi yang cukup tinggi.

Mengelola Keuangan Perusahaan

Kebanyakan perusahaan, pengawasan tata kelola keuangan merupakan salah satu pekerjaan yang membutuhkan tenaga ekstra. Terutama bagi perusahaan-perusahaan yang ternama dan sudah cukup besar.

Jadi wajar saja, itu karena sebagai perusahaan yang besar, tentunya transaksi keuangan yang ada pada perusahaan tersebut akan memiliki traffic yang cukup tinggi.

Layanan Mandiri Cash Management

Ada banyak layanan yang bisa perusahaan kalian dapatkan pada saat menggunakan Mandiri Cash Management. Yatiu :

 Informasi Rekening

Layanan ini akan membantu kalian untuk mendapatkan kemudahan dalam melakukan monitoring secara komprehensif.

Pengaturan Transfer

Layanan ini akan memberikan kalian akses untuk bisa melakukan aktivitas transfer ke luar. Termasuk juga di dalamnya pemindah bukuan antar rekening Bank Mandiri, transfer ke bank domestik lain dengan menggunakan Rupiah, hingga transfer ke berbagai bank dengan valuta asing.

 Pengaturan Tagihan

Layanan ini akan membuat kalian bisa mengoptimalkan pengelolaan piutang perusahaan dengan mudah, yaitu dengan memberikan kalian akses pengaturan pembayaran tagihan dan juga dengan layanan auto debit untuk penagihan piutang secara massal.

 Monitoring Transaksi

Layanan ini merupakan layanan monitoring transaksi. Layanan ini adalah layanan yang sangat penting. Karena dengan adanya layanan ini maka kalian bisa lebih mudah untuk melakukan pengontrolan dan juga pengawasan transaksi secara penuh.

 Sistem Multi User Dual Control yang Menguntungkan

Mandiri Cash Management telah menerapkan sebuah prinsip multi user dual control yang berfungsi untuk menjalankan pengelolaan ID perusahaan dan juga aktivitas pelaksanaan operasional transaksi.

Adapun juga dari sisi para pengguna pengelola ID yang sifatnya non financial itu terdiri dari Sysadmin1 dan juga Sysadmin2.

 Sysadmin1

Penggunanya ini adalah admin utama yang mempunyai akses penuh dalam berbagai hal. Seperti struktur pengguna, struktur akun, akses menu, pengaturan limit, hingga skema prosedur persetujuan transaksi.

Sysadmin2

Sedangkan untuk pengguna ini bisa dikatakan sebagai admin dual control bagi sysadmin1. Sysadmin2 memiliki peran untuk melakukan persetujuan atas perubahan pengaturan internal ID Mandiri Cash Management yang dilakukan oleh sysadmin1.

Selain itu para pengguna pengelola ID, juga ada yang disebut sebagai pengguna transaksi, yaitu :

Maker

Maker merupakan pengguna yang bertindak sebagai penggagas suatu transaksi pada sistem. Seorang maker akan memasukkan semua data beserta informasi yang diperlukan untuk suatu transaksi.

Approver

Selanjutnya, approver bertindak sebagai pemeriksa dan juga pemberi persetujuan awal atas transaksi yang telah digagas oleh sang maker.

Releaser

Jika transaksi yang telah disetujui, maka akan dilanjutkan kepada releaser, resealer ini bertindak melakukan pengiriman transaksi yang telah di-approve oleh approval ke dalam sistem.

 Syarat Pengguna Layanan Mandiri Cash Management

Untuk bisa menggunakan layanan tersebut ada beberapa syarat yang harus kalian penuhi terlebih dahulu.

Terdaftar dalam FormMandiri Cash Management

Agar bisa menggunakan layanan ini, maka kalian harus mengisi form Mandiri Cash Management atas nama perusahaan terlebih dahulu itu, dan pastikan juga bahwa perusahaan kalian sudah terdaftar sebagai nasabah giro Bank Mandiri.

Mengakses WebsiteMandiri Cash Management

Jika sudah mengsisi form dan menjadi nasabah giro Bank Mandiri, selanjutnya, kalian harus mengakses website Mandiri Cash ManagementWebsite ini bisa kalian kunjungi di www.mcm.bankmandiri.co.id/corp

Login ke WebsiteMandiri Cash Management

Tahap selanjutnya, masuk ke layar transaksi dan silahkan kalian masukkan data yang diminta, yakni ID perusahaan, user, dan kata sandi. Kata sandi ini bisa kalian dapatkan dari admin perusahaan. Jika sudah kalian klik log in.

Akhir Kata

Dan itulah beberapa manfaat serta cara penggunaan Layanan Mandiri Cash Management yang perlu kalian ketahui. Semoga artikel dari literaturnegeri ini dapat bermanfaat dan membantu anda semuanya.